. Uniknya Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar Parbecak, Parsorong, Partiga-tiga Pematangraya Sekitarnya | BeritaSimalungun
Home » , , » Uniknya Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar Parbecak, Parsorong, Partiga-tiga Pematangraya Sekitarnya

Uniknya Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar Parbecak, Parsorong, Partiga-tiga Pematangraya Sekitarnya

Written By Beritasimalungun on Friday, 31 December 2021 | 08:27

Perayaan Natal Bersama Keluarga Besar Parbecak, Parsorong, Partiga-tiga  Pematangraya Sekitarnya, Kamis (30/12/2021). (Foto: Istimewa) 

Pamatangraya, BS
-Untuk memeriahkan kelahiran Yesus Kristus, ratusan abang becak, parsorong dan partiga-tiga di Raya sekitarnya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara menggelar pawai/ arak-arakan dan perayaan Natal pada Kamis (30/12/2021).

Ketua Panitia Natal Bersama Pdt. Jhon Winsyah Raja Saragih,M.Th didampingi Sekretaris Panitia Pdt. Ferdiseptyadi Saragih, S.Th mengatakan, arak-arakan tersebut dimulai dari Kampung Jawa sampai Raya Bayu dan kembali ke Gedung Serbaguna GKPS Getsemane sebagai tempat perayaan Natal. 

Arak-arakan tersebut dipimpin oleh langsung oleh Panitia bersama dengan Direksi Becak Helman Saragih, S.P dan Jaserman Saragih, S.E. 

Panitia menambahkan bahwa perayaan tersebut sifatnya  Oikumenis, karena dihadiri dari keluarga besar KABAPABESPAR yang beragam gereja. Lebih lanjut panitia menyebut bahwa selain dihadiri keluarga besar KBAPABESPAR yang beragama Kristen, Natal tersebut juga turut dihadiri undangan yang beragama muslim.

Adapun ibadah Natal dimulai setelah berlangsungnya arak-arakan sekitar pukul 19.30 WIB, dimana yang menjadi Pengkhotbah adalah Pdt. Maijon Saragih, S.Th. yang menyampaikan renungan natal “Agar tidak kwatir dan takut, tapi berjalan dengan Yesus dalam menjalani kehidupan” (Josua 1:9). 

Dalam khotbah tersebut, Pengkhotbah juga mengingatkan supaya abang Becak, Parsorong dan Partiga-tiga tetap memberikan waktu untuk datang ke gereja dan bersekutu kepada Tuhan. 

Perayaan Natal tersebut juga turut dihadiri dan dilayani oleh oleh Pdt. Defri Judika Purba, S.Th, Pdt. Rodearni Saragih, S.Th, Pdt. Beth Aven Saragih, S.Th, Pdt. Arifin R. Saragih, S.Th, Pdt. Letnan Girsang, S.Th, Pdt. Maya Sari Damanik, S.Th Pw. Rosmi Sinaga, S.Th dan Vikar Pdt. Endang Naibaho, S.Si-Theol.

Pdt. Jhon Winsah Raja Sinaga menambahkan bahwa perayaan tersebut bertujuan memberi semangat dan pelayanan kasih kepada keluarga besar KABAPABESPAR sebagaimana orang Majus menjadi istimewa karena mendapatkan kesempatan pertama mendengarkan kabar baik tentang kelahiran Yesus.

Maka demikianlah harapan dengan perayaan Natal ini para Keluarga besar KABAPABESPAR menyadari bahwa mereka juga sangat istimewa di hadapan Tuhan. Jika selama ini perayaan Natal seolah hanya milik mereka yang berduit dan punya modal, tapi melalui perayaan ini ditegaskan bahwa semua lapisan juga harus bersuka cita dengan Natal. 

Adapun beberapa rangkaian acara adalah:  Arak-arakan, Makan Bersama, Ibadah Natal bersama, Hiburan, Lucky Draw dan diakhiri dengan pembagian Parsel Natal. 

Menurut panitia sumber pendanaan perayaan Natal tersebut berasal dari  keluarga-keluarga yang telah terberkati yang ada disekitar Pematangraya, yang kemudian iningin membagikan berkatnya sebagai ungkapan sukacita Natal. 

Diakhir Acara para Direksi perwakilan Parsorong, Partiga-tiga mengucapkan rasa terimakasih mereka atas dilaksanakannya kegiatan yang menurut mereka konsep natal seperti itu masih pertama sekali dilaksanakan di Pematang Raya. Mereka berharap agar tahun-tahun kedepan kegiatan serupa  bisa juga dilaksanakan. (BS-Rel/Asenk Lee)


Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis