Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Lagu Pop Simalungun “Ham Dassa Bai Uhurhin” Ciptaan Triadil Saragih Raih Juara 2 Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021

Lagu Pop Simalungun “Ham Dassa Bai Uhurhin” Ciptaan Triadil Saragih Raih Juara 2 Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021.

Jakarta, BS-
Panitia penyelenggara Lomba Citpa Lagu Batak Nasional 2021 resmi mengumumkan pemenang pada siaran langsung di Channel YouTube TheBataksBand, Sabtu (15/1/2022) pukul 22.00 WIB. Sebanyak 103 lagu masuk ke panitia dan dinyanyikan oleh 40 Artis Batak “Silangit” dan Artis Batak Ibukota Jakarta lainnya seperti Amigos, Ambisi Trio, Rita Butarbutar, Nirwana Trio, Maria Simorangkir, dengan iringan musik TheBataksBand mulai dipertandingkan sejak 12 Desember 2021 lalu.

Pembina TheBataksBand dan menjadi Inisiator Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021, Sukur Nababan mengapresiasi seluruh pencipta lagu yang telah mengirimkan karyanya dan dinyanyikan oleh seluruh Artis Batak Ibukota Jakarta Desember 2021 lalu. 

“Semua pencipta lagu juara. Ada 103 lebih karya yang masuk. Lagu-lagu diarasemen oleh musisi-musisi muda Batak yakni Personil TheBataksBand, Jose Simorangkir (Vocalist), Putra Situmorang (Guitarist), Bonggud Sidabutar (Seruling), Azwin Harefa (Drummer/Tagading),  Amostro Silaban (Bassist/Hasapi) dan Nixon Girsang (Keyboardist),” kata Sukur Nababan. 
 
Menurut Sukur Nababan kriteria penilaian berdasarkan jumlah ditonton, durasi paling lama ditonton, jumlah disukai, jumlah subscribe, jumlah komentar positif dengan bobot penilaian masing-masing 10 poin. Sedangkan bobot penilaian paling tinggi 50 poin adalah monititasi (rupiah) pada lagu ciptaan yang telah ditayangkan di Channel YouTube TheBataksBand.

Lagu Pop Simalungun “Ham Dassa Bai Uhurhin” Ciptaan Triadil Saragih meraih Juara 2 pada lomba ini dengan hadiah Rp 25 Juta. Lagu “HAM DASSA BAI UHURHIN” yang dibawakan TRIO AMBISI (Andi M Situmorang Joe Harlen Simanjuntak, CS) mendapat jumlah total poin sebanyak 80.

Poin tersebut dari penilaian 55.789 kali  ditonton sejak tayang perdana pada 12 Desember 2021 hingga penutupan lomba Sabtu 15 Januari 2022 Pukul 21.00 WIB. Kemudian jumlah 20 ribu disukai dan 720 kali dibagikan. Kini jumlah subscriber The Bataks Band yang menyenggarakan Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021 ini mencapai 23 Ribu hingga Minggu (16/1/2022) Pukul 07.30.

Setelah mengetahui karyanya meraih juara dua, Triadil Saragih secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menonton, mendukung, mempromosikan Lagu Pop Simalungun “Ham Dassa Bai Uhurhin” hingga bisa meraih Juara 2 Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021.

“Terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh yang mendukung lagu “Ham Dassa Bai uhurhin” ciptaan Saya Triadil Saragih yang dinyanyikan oleh Ambisi Trio pada Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021. Lagu ini kita persembahkan kepada masyarakat Simalungun sebagai kado di tahun 2022 dalam mewarnai belantika musik Indonesia. Kita bangga Lagu Simalungun bisa ikut menjadi Pemenang,” ujar Triadil Saragih.

“Terimakasih kepada Bapa, Inang, Kakak, Abang dan seluruh sahabat yang mengasihi kami yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang sudah mendukung lagu ini sehingga boleh menang mendapatkan Juara 2 pada Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021. Kita semua luar biasa. Kiranya kita senantiasa diberikan kesehatan dan sukacita untuk terus berbuat dan berkarya. Salam Hormat Saya, Triadil Saragih, Milenial Berbudaya. #Horas-Horas-Horas. #SimalungunUntukIndonesia. #MarharoanBolon,” lanjut Triadil Saragih.

Secara khusus dari Kota Pematangsiantar, Triadil Saragih mengirimkan ucapan terimakasih kepada Jerry Purba Sigumonrong dan 98 nama lainnya diantaranya Anita Martha Hutagalung, Novita Metty Purba, Teguh Sinaga, Intan Saragih Cbm, S Samrin Girsang, Darma Purba, Rachelle Sipayung, Andar Abdi Saragih, Arwin Hamonangan Silangit, Oshin Osda Sinaga, Komponis Sipukkah Huta.

Kemudian kepada Ramawati Saragih, Saddam Dasuha, Fredel Purba, Intan Purba, Joan Berlin Damanik Part II, Defri Damanik, Rajamon Purba, Agoes Girsang ParNagori Dolog, Cipta Destiawan, Erika Revida Saragih, Sanggar Budaya Rayantara, Jabetson Purba Sigumonrong.

Selenjutnya ada nama Rasdiaman Damanik, Ito B Harry Purba, Kaban Tuah Fernando Purba, Rensie Miz Payung, Chrismes Haloho, Rospelita Sinaga, Soemardi Sinaga Part II, Wagner Damanik, J Bachtiar Sihaloho, Eliamen Saragih Sumbayak, Erik Barus, Johan Girsang, Suwardi.

Kemudian ada Rohni Wati Saragih, Jhonson Saragih, Nida Saragih, Royan Tampil Purba, Radiapo Sinaga, Robby Saragih, Masni Purba, Ranie Poerba, Alfredo Andy P Sigumonrong, Bhatara Guru Sanggar, Junianda Sumbayak, Hiskia Anry Purba, Sudirman Sumbayak, Julius Victor Saragih, Richardo Sinaga, Jayamin Sipayung, Afriyani M. Sembiring, Pdt Syahril, Jeck's Simarmata Keyboardist, Pargajul Parholong.

Selanjutnya ada nama Jan Risman Toni Sumbayak, Sarah Yoka Sipayung, Meina Ruth Damanik, Abdi Muskarya Saragih, Darmayanti Purba, Saragih Aman Sahdi, Maruli Damanik, Dameria Saragih, Juniandi Damanik, Anggi Pratiwi Sinaga Bonor'Pande, Albert Sinaga, Rudi Afdiner Saragih.

Juga kepada Jhon Marthin Elizon Damanik, Riati Purba, Ripan Purba, Sahmadin Sinaga, Delpin Barus, Harry David Levi Lingga, Mangapul Purba, Asenk Lee Saragih, Sondang Ni Seniman, Herlina Saragih, Rivento Pranata Sinaga, Pratiwi Girsang, Mika Sipayung, Purba Diamanson Purba, Hotri Saragih, Afryl Garingging, Ahmad Taufan Damanik, Marlina Elfina Tobing, Jhon Mejer Purba, Jonef Sim, Eva Agustina Saragih, Bernhard Damanik, H Badri Kalimantan, Angelo Pk Purba, Marthinus Hutasoit, Rahmat Dasuha, John Sari Haloho, Japitah Sinaga, Dani Purba Sigumonrong, Rudolf V. Saragih.

Ham Dassa Bai Uhurhin

Setelah sukses menerbitkan  buku tentang instrumen musik Simalungun berjudul Milenial Berbudaya, Selamat Triadil Saragih MSN mencoba peruntungan mengikuti lomba cipta lagu Batak nasional 2021.

Triadil Saragih lewat lagu Ciptaannya “Ham Dassa Bai Uhurhin” dinyanyikan dengan apik oleh penyanyi yang cukup melegenda  Trio Ambisi. Mendengar lagu itu dinyanyikan oleh Trio Ambisi, seakan digubah  oleh Tri Adil untuk pujaan hatinya yang kini menjadi istrinya Silvia Br Sipayung. 

Cerita romansa lagu itu sangat tumbuh, tentang kesetiaan seorang pria kepada seorang pujaan hati. Hanya wanita itu tambatan hatinya tidak ada yang lain. Kabar Tri Adil mengikuti lomba cipta lagu Batak, saya di-Japri oleh Triadil Saragih. 

Triadil Saragih, Milenial Simalungun ini adalah Alumni Magister dari IKJ yang juga Dosen Universitas Nomensen itu selama ini memang sangat concern tentang Seni Budaya Simalungun.

Lomba Cipta Lagu Batak Nasional 2021yang diprakarsai oleh salah satu Politisi PDIP Syukur Nababan cukup mendapat respon dari seniman, artis dan pencipta lagu Batak di tanah air.

Sosial media semisal YouTube dan sejenisnya jadi salah satu variabel menentukan siapa juara lomba cipta lagu Batak tahun 2021. Dan pada pengumuman Sabtu 15 Januari 2022 Pukul 22.00 WIB lagu “Ham Dassa Bai Uhurhin” Ciptaan Triadil Saragih yang dinyanyikan dengan apic dan epic oleh TRIO AMBISI mampu meraih Juara II dari 103 judul lagu yang masuk finalis pada lomba itu.. Selamat Bro Triadil…..Teruslah Berkarya Untuk Indonesia Lewat Seni Budaya Simalungun. (Asenk Lee Saragih)


HAM DASSA BAI UHURHIN
Artist : Trio Ambisi
Ciptaan : Triadil Saragih
Music Arr : The Bataks Band

LYRIC : 
SILVIA MALAS DO UHURHU ANGGO HAM NA I LAMBUNGKIN
SILVIA HOLONG DO ATEI HU
HUBAMU BOTOU HU…
SANGGAH NA MISIR PE AU IPARLAJANGAN 
GOARMU DASSA NA HUDINGAT
SANGGAH MARDALAN PE AU IPARDALANAN
HAM DASSA TONG BAI UHUR HIN


SILVIA HAM DO BOTOU HAROSUH NI UHURHU
SILVIA HAM DO NABOI PASONANG UHUR HON
AGE DAOH PE JARAK TA NADUA, SENG DONG UHURHU BAI NALEGAN
AI PITAH HAM DASSA BOTOU NAIBAGAS UHURHON

REFF :
AGE HUJA PE HAM BOTOU, TONGTONG DO TONGGOKIN
AGE BUEI PE NA ROH MANGGODA AU, HAM DASSA TONG BAI UHURHIN
JALOMA JALOMA AU GABE TUNANGANMU
JALOMA JALOMA AU GABE SOMAN GOLUHMU

ANGGO HOLOKKU PITAH BAMU,SONGON HOLONG NI TINTINKIN
ANGGO SAYANGKU PITAH BAMU LANG MARURAT LANG MARBONA
JALOMA JALOMA AU GABE TUNANGANMU
JALOMA JALOMA AU GABE SOMAN GOLUHMU

DIATE TUPA MA BAMU,
NADOP MANJALO AU GABE PARGOTONGMU
DIATEITUPA MA BAMU, 
NADOP MANJALO AU GABE SOMAN GOLUHMU

Pembina: Sukur Nababan
Personil:
- Jose Simorangkir (Vocalist)
- Putra Situmorang (Guitarist)
- Bonggud Sidabutar (Seruling)
- Azwin Harefa (Drummer/Tagading)
- Amostro Silaban (Bassist/Hasapi)
- Nixon Girsang (Keyboardist)


FOLLOW akun The Bataks Band
INSTAGRAM : https://www.instagram.com/thebataksband/
FACEBOOK PAGE : https://www.facebook.com/profile.php?...
EMAIL: thebataksband@gmail.com


#TheBataksBand
#MusikBatak
#LCLB2021
#Batak
#BatakTerbaru


Daftar Juara Lomba Cipta Lagu Batak Nasional Tahun 2021

Juara I: Judul Lagu "MARA" -Ciptaan Juan Pasaribu dan Jepta Purba. Artis Nirwana Trio. Nilai 84. (Hadiah Rp 30 Juta)
Juara II: Judul Lagu "Ham Dassa Bai Uhurhin” Ciptaan Triadil Saragih. Artis Trio Ambisi. Nilai 80.(Hadiah Rp 25 Juta)  
Juara III: Judul Lagu " Ingot Podai" Ciptaan Ade Pasaribu. Artis The Bataks Band. Nilai 51.(Hadiah Rp 20 Juta)

Juara Harapan I: Judul Lagu "Urupi Nagale" Ciptaan Jonter Simbolon. Artis Anju Trio. Nilai 44. (Hadiah Rp 15.000.000).
Juara Harapan II: Judul Lagu "Lupahon Ma Au" Ciptaan Lambok Butarbutar. Artis Feby Sitorus.(Hadiah Rp 12.500.000).
Juara Harapan III: Judul Lagu "Anak Panggoaran" Ciptaan Nathanael Purba. Artis Family Trio.(Hadiah Rp 10 Juta).


Juara Vaforit I: Judul Lagu "Ikkon Anak Nahasea Ho"Ciptaan Andri Silaen. Artis Sisca Manurung. (Hadiah Rp 7.500.000)
Juara Vaforit II: Judul Lagu "Ari Nadenggan (Parsaripeon). Ciptaan Josua Manalu. Artis Maria Simorangkir. (Hadiah Rp 7.500.000).
Juara Vaforit III: Judul Lagu "Hola Ho Do" Ciptaan Budiman Tampubolon. Artis AndreYandra Siahaan. (Hadiah Rp 7.500.000).
Juara Vaforit IV: Judul Lagu "Hotel NGB Nagabe Saksi" Ciptaan Supriadi Hutasoit. Artis Andre Yandra Siahaan. (Hadiah Rp 7.500.000)

10 Lagu Dengan Nilai Sama Dihargai Panitia  
1.Judul Lagu "Hasahaton Ni Holong" Ciptaan Ericson Marbun. Artis Anju Trio.(Hadiah Rp 2.000.000).
2.Judul Lagu "Hodo Nadilohon Tuhan " Ciptaan Ryo Gultom . Artis Angel Silaen.(Hadiah Rp 2.000.000).
3.Judul Lagu "Jujung Baringinmu " Ciptaan Charles Manurung . Artis Yosua Siahaan.(Hadiah Rp 2.000.000).
4.Judul Lagu "Ulos Sitorop Rambu" Ciptaan Lambers Marbun . Artis Amigos.(Hadiah Rp 2.000.000).
5.Judul Lagu "Holong Naso Marnasuda " Ciptaan Williem Nababan. Artis Rita Butarbutar.(Hadiah Rp 2.000.000).
6.Judul Lagu "Lojani Damang Dainang " Ciptaan Ebenezer Tambunan. Artis Siska Manurung .(Hadiah Rp 2.000.000).
7.Judul Lagu "Holong Ki Dang Muba " Ciptaan Marcel Nainggolan. Artis Family Trio.(Hadiah Rp 2.000.000).
8.Judul Lagu "HUta Magodang" Ciptaan Franky Hutauruk. Artis The Bataks Band.(Hadiah Rp 2.000.000).
9.Judul Lagu "Uju Di Haetehon" Ciptaan Baharaja Panjaitan. Artis RNB Singers. (Hadiah Rp 4.000.000).
10.Judul Lagu "Balos Ni Tangiang Mi" Ciptaan Heber Sagala. Artis Anju Trio. (Hadiah Rp 4.000.000).
























Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments