. Kunjungi Parapat, Presiden Jokowi Kenakan Gotong Simalungun | BeritaSimalungun
Home » , , , , , » Kunjungi Parapat, Presiden Jokowi Kenakan Gotong Simalungun

Kunjungi Parapat, Presiden Jokowi Kenakan Gotong Simalungun

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 2 February 2022 | 15:22

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo bersama Tokoh Simalungun di Parapat, Rabu (2/2/2022). (Foto: Istimewa)

Parapat, BS-
Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Parapat, Kabupaten  Simalungun,  Provinsi Sumatera Utara, Rabu, (2/2/2022). Presiden meresmikan  Ruang Terbuka Publik (RTP) yang berlokasi di Pantai Bebas Parapat. Pada kesempatan itu Presiden Jokowi mengenakan pakaian Adat Simalungun, seperti Gotong, penutup kepala pria dan "Hiou" Simalungun.

Presiden RI Ir Joko Widodo hingga  Kamis 3 Februari 2022 kunker terbatas dijadwalkan berkunjung ke Kabupaten Toba, Samosir, Simalungun pada 2 Februari 2022. Kemudian ke Binjai, Karo dan Dairi pada 3 Februari.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga disela-sela penyambutan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kota Wisata Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kebupaten Simalungun, Sumut, Selasa (1/2/2022)  membenarkan rencana kunker Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Silangit di Siborongborong, Tapanuli Utara, menggunakan pesawat kepresidenan, Rabu (02/02/2022) pukul 09.00 WIB. Hari pertama kunjungannya dimulai dengan meninjau Jalan Balige by Pass di Toba.

Didampingi Gubernur Edy Rahmayadi, Bupati Simalungun RHS, Jokowi akan lanjut meninjau Marina Pantai Bebas di Parapat, Kabupaten Simalungun, yang kemudian lanjut meninjau Pantai Bebas di Parapat. Selepas itu Jokowi akan meninjau IPAL Parapat.

Kemudian Jokowi juga dijadwalkan meninjau Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, dilanjutkan dengan ishoma. Sehabis itu, peninjauan display panel dan fasilitas Dermaga Pelabuhan Ajibata dan penandatanganan prasasti 3 dermaga.

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo mengenakan "Gotong Simalungun" dan Hiou Simalungun di Parapat, Rabu (2/2/2022). (Foto: Istimewa)

Selanjutnya Jokowi menuju ke Huta Siallagan, Jalan Lingkar Tuktuk, Desa Siallagan, Samosir. Di Huta Siallagan, Jokowi meninjau panel dan penataan kawasan Huta Siallagan.

Presiden juga akan ke Kampung Ulos Hutaraja, Desa Lumban Suhi Toruan, Pangururan untuk meninjau penataan kawasan Hutaraja. Selanjutnya Jokowi menuju Hotel Niagara Parapat untuk beristrahat.

Pada hari kedua, Kamis (03/02/2022), Presiden Jokowi menuju helipad di Simalungun untuk menaiki helikopter menuju Kota Binjai. Di sana, Presiden Jokowi akan meresmikan jalan tol Binjai-Langsa.

Dari sana, Jokowi terbang naik helikopter menuju Liang Melas Datas, Kabupaten Karo untuk meninjau jalan yang melintasi 3 kampung jeruk. Di sana, presiden juga menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada pedagang kaki lima dan warung.

Dari sana, Jokowi menuju Dairi untuk penyerahan sertifikat tanah untuk warga Dairi bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil. Di sana, Jokowi juga menyerahkan BLT kepada pedagang kaki lima dan warung.

Terakhir, Presiden Jokowi terbang naik helikopter menuju Kabupaten Humbang Hasundutan dan menuju lokasi penanaman pohon (UPSA) di Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja.

Kemudian Jokowi menuju lokasi penyerahan SK hutan sosial dan SK Tora di Desa Simangulampe, bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. Lalu pada Kamis Pukul 17.30 WIB Presiden Jokowi tiba di Bandara Kualanamu Medan bertolak menuju Jakarta. (Asenk Lee Saragih)

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo mengendarai sepeda motor menjajal jalan Balige menuju Parapat, Rabu (2/2/2022). (Foto: Istimewa)









Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis