Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Mengenal Pdt. Berlian Saragih M.Litt.

Pdt. Berlian Saragih M.Litt.(Foto Dok Pdt Parulian Sipayung)
Oleh: Pdt Parulihan Sipayung 

Beritasimalungun-Beliau adalah adik dari salah satu tokoh dan cendikiawan nasional Indonesia, Prof. Bungaran Saragih, pernah jadi Menteri Pertanian Indonesia.

Sampai saat ini Pdt. Berlian adalah satu-satunya Pendeta GKPS yang selesai studi dari salah satu kampus elit di UK/Skotlandia, yakni Aberdeen University. 

Beliau pernah menjadi rektor STT Abdi Sabda Medan 1994-1996. Beliau juga menjadi dosen di sana dalam kurun waktu yang cukup lama. Kebanyakan Pendeta GKPS sekarang adalah murid-muridnya.

Singkatnya yang usia 40 tahunan sekarang masih culun-culunya dahulu, sementara beliau sudah menjalani kerasnya hidup dan perjuangan di Inggris. Bayangkan betapa jauhnya level hidup dan worldview antara keduanya. 

Beliau jelas berwawasan luas, dari background keluarga yang diperhitungkan di negara ini. Meski sudah pensiun, tapi masih enerjik dalam memberi pandangan dan tak segan menyampaikan kritik keras yang berdasar pada kehidupan sosial, ekonomi, politik dan gereja. 

GKPS dan Simalungun patut bersyukur atas hidup dan karya-karyanya. Salah satu sumbangsih signifikan yang terus menerus ia lakukan mulai mengajar di kampus sampai sekarang adalah membaharui paradigma berpikir tentang gereja dan masyarakat. Ini juga saya kira tujuan beliau menjadi admin grup Kuria GKPS ini, bersama dengan Pdt. Freddy Purba Sidagambir. Salam hormat. (Sumber FB Parulian Sipayung)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments