Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun RHS Sebut Banyak ASN Pemkab Simalungun SDM-nya Belum Cakap

ILUSTRASI: Bupati Simalungun RHS ikut Ibadah di HKBP Parapat-Minggu 30 Januari 2022. (Dok BS)

Pamatangraya, BS
-Kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Simalungun masih dibawah rata-rata. Selain SDM yang minim, militansi ASN kepada pembangunan Simalungunpun jauh dari harapan.

Untuk itu Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) sudah menggelontorkan anggaran dari kantong pribadinya sendiri guna membekali putra putri terbaik Simalungun mengikuti pelatihan selama hampir 5 bulan di Universitas Simalungun yang rencananya akan diberangkatkan ke Jerman bulan April 2022.

Juga para putra putri Simalungun ini rencana akan berangkat ke Jakarta untuk ujian sertifikat B1 sebagai persyaratan lolos berangkat ke Jerman. Bupati Simalungun RHS memilih dari jalur pendidikan ini karena hanya dengan pendidikan karakter bangsa ini bisa berubah dan langsung aksi nyata.

Demikian penjelasan Bupati Simalungun RHS di Group WhatsApp “MARSIMALUNGUN”, Rabu (3/2022) petang. “Mohon maaf kalau melalui lapak ini saya menjawab ketidakpuasan para “hasoman”. Tapi yang pasti kepada tokoh tokoh Simalungun agar pulang kampung membantu membangun Simalungun dengan slogan “Mulak Be Marsipadear Hutani Bei”. 

Menurut Radiapoh Hasiholan Sinaga, data terakhir jumlah penduduk Simalungun 1.032 148.280 jiwa. Secara komunitas atau Suku Simalungun adalah urutan ketiga setelah suku Jawa dan Tapanuli.

“Secara bertahap saya telah melantik eselon 2.3 dan 4. Dari semua pejabat yang saya lantik tentu saya sudah membuat kajian secara detail dan memperhatikan kearifan lokal. Saya berulangkali sampaikan sekali-kali jangan kita membenturkan sesama anak bangsa dengan mengedepankan ke-egoan dengan jargon pribumi dan non pribumi,” ujarnya. 

“Tentu juga saya selaku kepala daerah Kabupaten Simalungun harus bisa mengakomodir semua elemen masyarakat dan tak perlu di laman ini secara vulgar menyampaikan posisi a,b,c dan d. Persentasenya  seperti ini, tapi coba kita pelajari sosok para pejabat kita saat ini apakah ada aroma like and disklike didalam penentuan pejabat saat ini,” tanya Bupati Simalungun RHS.

Lebih jauh Bupati Simalungun RHS menjelaskan, jujur saja hampir 80 persen dirinya tidak mengenal pejabat yang baru saja silantik. 

“Terus kajiannya dari mana? Saya beberapa bulan mempelajari para ASN kita hanya dari latar belakang pendidikan, pengalaman, integritas dan yang lain. Justru dalam perjalanannya saya justru miris dengan  minimnya kemampuan dan jumlah ASN Putra Simalungun. Ini pekerjaan rumah kita bersama kedepan untuk menciptakan kader yang benar-benar punya kualitas dan militansi,” ujarya.

“Orangtua kita seperti Pak JR Saragih, Tulang Junimart Girsang ,Tulang Marsiaman Saragih Tulang Benben, Tulang Saud Bangkit Purba dan lain lain sudah berbuat membangun Simalungun. Mari sama sama kita berinvestasi di Simalungun. Banyak peluang yang bisa kita kerjakan untuk memajukan rakyat Simalungun. Mari kita terjemahkan “Sipungkah Huta” atau Sijolom Suhul” dengan berbuat untuk Simalungun,” kata RHS. (BS-Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments