. 8 Cara Paling Praktis Merapikan Rumah Setiap Hari | BeritaSimalungun
Home » » 8 Cara Paling Praktis Merapikan Rumah Setiap Hari

8 Cara Paling Praktis Merapikan Rumah Setiap Hari

Written By Beritasimalungun on Wednesday, 6 April 2022 | 17:14


Beritasimalungun
-Ingin lebih produktif? Coba terapkan tips merapikan rumah yang mudah dan simple. Rumah bersih terawat dan rapi dapat menghadirkan semangat untuk bekerja. Bukan itu saja, karena bersih, kuman penyakit juga ogah datang.

Membersihkan rumah bisa menjadi pekerjaan membosankan karena tidak pernah ada habisnya. Setelah satu ruang beres dan pindah ke lainnya, ternyata yang pertama berantakan kembali. Apalagi jika ada balita. Dapat mempertahankan rumah rapi beberapa menit saja, rasanya seperti prestasi yang luar biasa

8 Cara Merapikan Rumah Berantakan dengan Cepat dan Mudah

Tinggal di hunian bersih, rapi dan tertata ternyata mampu mempengaruhi produktivitas. Karena nyaman pikiran jadi terfokus. Aroma wangi dan segarnya meningkatkan konsetrasi. Jika kotor dan berantakan, selain kurang sehat juga dapat meningkatkan potensi stres.

Jika jarang membersihkan rumah, sampah dan debu bakal menumpuk. Jadi butuh waktu lama untuk merapikannya kembali. Lantas bagaimana tips merapikan rumah? Ikuti beberapa poin berikut:

1. Pilah dan pilih barang

Barang yang berantakan dan berserakan menjadi sumber rumah terlihat kotor. Cara merapikan rumah banyak barang adalah dengan pilah pilih. Tempatkan hanya benar-benar yang terpakai. Sedangkan yang jarang atau bahkan tidak akan digunakan, lebih baik singkirkan.

Kamu bisa menyimpannya di ruang lain, menjual atau memberikan pada yang membutuhkan. Menjual barang bekas atau preloved bisa menjadi cara membuat ruangan rapi dan menambah uangmu. Daripada tidak terpakai, pembeli yang menemukannya dapat memanfaatkan dengan hanya mengeluarkan sedikit tuang.

Coba bersihkan dan rapikan barang tersebut. Selanjutnya, tawarkan ke situs jual beli barang bekas. Tidak perlu menunggu lama, bisa jadi barang yang sebelumnya menumpuk dan membuat kotor, dalam waktu dekat sudah menemukan tuannya. Tentu lebih bermanfaat.

Selain itu kamu bisa menyumbangkan barang yang sudah tidak terpakai. Di luar sama banyak yang membutuhkan dan pasti akan senang menerima pemberianmu. Kamu dapat menyalurkan ke lembaga amal atau langsung membawanya ke panti asuha.

2.  Semua barang harus mempunyai rumah

Barang berserakan di lantai atau atas meja bisa mengganggu pemandangan. Selain itu juga menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran lain. Agar terlihat rapi, masukkan ke dalam tempatnya. Semua barang harus mempunyai “rumah”, tempat menyimpannya ketika tidak sedang digunakan.

Keluarkan hanya beberapa barang yang memang diperlukan. Sebagai contoh mug. Meski kamu punya koleksi beragam, gunakan mug yang sama untuk beberapa waktu dan simpan koleksi lainnya.

Jika ingin menggunakan yang lain, masukkan mug lama ke tempat penyimpanan. Prinsipnya, barang yang keluar harus sama dengan yang masuk.

3. Jadikan rutinitas pertama

Membersihkan rumah seringkali menjadi pekerjaan yang membosankan. Mengelap, menyapu dan mengepel, sepertinya sangat menyita waktu. Hal ini benar, apalagi jika rumah yang di tempati cukup luas dan jarang dibersihkan sehingga kotoran menumpuk.

Agar pekerjaan bersih-bersih terasa ringan, jadikan rutinitas pertama. Setelah bangun tidur, mencuci muka, segera ambil lap, sapu dan pel. Saat itu energi dan semangatmu masih tinggi, jadi membersihkan rumah terasa ringan.

Menunda membersihkan rumah hanya akan mengundang rasa malas. Dengan semakin banyaknya kotoran, maka waktu yang dibutuhkab juga bertambah lama. Setelah semua ruang bersih dan wangi, bisa menghadirkan semangst untuk bekerja menyelesaikan hal lainnya.

4.  Penyimpanan tertutup

Barang berserakan dan tidak teratur terlihat kotor. Karena keterbatasan waktu, mungkin kamu tidak bisa merapikan semua sekaligus. Menyimpan barang yang belum rapi di tempat penyimpanan tertutup merupakan cara untuk membuatnya terlihat rapi. Tutup juga menjadikan semua yang ada di dalamnya tetap bersih.

Kamu bisa menggunakan kotak penyimpanan untuk memasukkan pakaian yang belum sempat dirapikan, buku, aksesoris dan lainnya. Masukkan masing-masing ke dalam kotak yang sama sehingga memudahkan ketika akan mulai merapikan. Penyimpanan tertutup dalam menjadi cara membersihkan rumah dengan cepat dan rapi

5. Rak vertikal

Menyimpan barang dalam rak lebih rapi dari pada berserakan di atas meja. Gunakan model vertikal sehingga hemat ruang. Selain menjadikan barang-barang tertata rapi, bisa sekaligus menjadi pajangan. Rak vertical merupakan cara membersihkan rumah yang berantakan.

6. Hilangkan kebiasaan menaruh barang sembarangan

Sudah rapi, namun hanya bertahan beberapa jam saja? Itu karena kebiasan buruk menaruh barang sembarangan. Ubah caramu. Kembalikan semua barang setelah pennggunaan ke tempat semula. Setelah duduk di ruang tamu, tata kembali bantal kursi agar rapi.

Jika sebelumnya sering menaruh handuk di sandaran kursi atau di kasur, sekarang jangan lagi. Simpan handuk di kamar mandi. Selain memudahkan ketika akan memakainya, juga membuat kamar menjadi rapi.

7.  Tata berdasar urutan penggunaan

Barang yang cepat berantakan adalah pakaian. Ketika mengambil, asal tarik sehingga yang sudah tertata menjadi berantakan kembali. Untuk mencegah hal ini, atur susunannya berdasar urutan pemakaian. Sesuaikan dengan waktu, barang yang akan digunakan lebih dulu, tata di bagian atas, begitu seterusnya.

8.  Ganti  sprei setiap kamar secara rutin

Sprei biasanya akan kotor setelah dua tiga hari. Ganti dengan yang bersih. Agar terlihat semakin rapi, pilihlah sprei, sarung bantal, guling dan selimut yang senada. Ini akan memberi kesan bersih lebih lama.

Untuk mendapatkan produk berkualitas, kamu bisa memilih merek Truu yang tersedia di Blibli. Truu sudah terkenal sejak lama. Dengan berbelanja di blibli kamu akan mendapatka produk asli. Kamu tidak perlu khawatir karena seller Blibli hanya menjual produk yang terjamin.

Blibli menyediakan semua kebutuhan rumah dengan harga sesuai. Pilih dan berbelanjalah dengan nyaman. Produk pilihanmu akan sampai di rumah, aman dan cepat.

Dengan menerapkan tips merapikan rumah yang mudah, hunian akan menjadi semakin nyaman. Kamu pun betah tinggal di rumah, bisa lebih bersemangat dan produktif. (BS)


Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis