. Bupati Simalungun RHS Hadiri Sosialisasi Penyandang Disabilitas | BeritaSimalungun
Home » , » Bupati Simalungun RHS Hadiri Sosialisasi Penyandang Disabilitas

Bupati Simalungun RHS Hadiri Sosialisasi Penyandang Disabilitas

Written By Beritasimalungun on Thursday, 14 April 2022 | 16:46

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimuda AD Purba mengikuti sosialisasi pencanangan bersama untuk penyandang disabilitas melalui pendataan, perekaman, penerbitan, dokumen kependudukan secara virtual zoom di Rumah Ramah Anak Berkebutuhan Khusus (RRABK) Kabupaten Simalungun Jln Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (14/4/2022).

Asahan, BS
-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimuda AD Purba mengikuti sosialisasi pencanangan bersama untuk penyandang disabilitas melalui pendataan, perekaman, penerbitan, dokumen kependudukan secara virtual zoom di Rumah Ramah Anak Berkebutuhan Khusus (RRABK) Kabupaten Simalungun Jln Asahan Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (14/4/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dari Dinas Catatan Sipil Provinsi Lampung melalui Aplikasi Zoom meeting untuk wilayah Dinas Catatan Sipil se-Wilayah Sumatera Utara.

Secara virtual terlihat giat sosialisasi itu dibuka oleh Staf Khusus Presiden RI Bidang Sosial didampingi oleh Dirjen Dukcapil Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH. 

Di Kabupaten Simalungun giat sosialisasi tersebut juga di hadiri oleh Kadis Kesehatan Edwin Tony SM Simanjuntak, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Wahyuni, Kadis Sosial Sakban Saragih, Kaban Kesbangpol Arifin Nainggolan, Sekretaris Dinas Pendidikan Parsaulian Sinaga, Plt Kadis Dukcapil Tiarli Sinaga, Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong, Plt Kadis DPPKB Gimrot Sinaga, Camat Siantar Eduward FH Girsang dan Kepala BPJS Kesehatan.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimuda AD Purba didampingi Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong dan Plt Kadis Dukcapil Tiarli Sinaga usai mengikuti virtual zoom menjelaskan bahwa bersamaan sosialiasi ini, Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memberikan pelayanan administrasi kependudukan terhadap penyandang disabilitas.

"Untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Simalungun saat ini kita berikan pelayanan administrasi kependudukannya lebih kurang 33 orang. Dan selanjutnya Dinas Capil bersama OPD terkait akan melakukan pelayanan di setiap sekolah-sekolah termasuk PAUD,"kata Sarimuda.

Selanjutnya, Sarimuda menjelaskan bahwa pelayanan administrasi kependudukan terhadap penyandang disabilitas juga diikuti peserta dari kota Siantar, Kabupaten Asahan, Batubara dan Binjai. "Kehadiran mereka kemari khusus dalam pelayanan administrasi kependudukan berkebutuhan khusus,"pungkas Sarimuda.

Selanjutkan Sarimuda menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun melalui Dinas Pendidikan akan membantu RRABK untuk dijadikan sebagai Sekolah Luar Biasa (SLB), sehingga kedepan diharapkan SLB ini menjadi sarana lebih baik untuk anak penyandang disabilitas.

Selain memberikan pelayanan administrasi kependudukan, Pemkab Simalungun juga memberikan bantuan sembako kepada keluarga penyandang disabilitas yang koordinir oleh Ketua RRABK Erlina Sinaga.

Sementara itu, Ketua RRABK Erlina Sinaga menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Simalungun yang telah membantu fasilitas untuk RRABK dan membantu dalam penerbitan administrasi kependudukan untuk penyandang disabilitas. 

"Kami juga masih membutuhkan perhatian dari pemerintah dalam peningkatkan pendidikan bagi anak penyandang disabilitas agar mereka juga menjadi bagian anak bangsa yang perlu mendapat perhatian,"ucap Erlina.(Diskominfo Simalungun)
Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis