Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Investor Jepang Berencana Buka Usaha di Kawasan Industri Simalungun

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (tengah) didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi (kanan) memberikan cendramata kepada Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Mr Takonai Susumu PhD saat melakukan kunjunangan kehormatan di Rumah Dinas Wakil Bupati Simalungun Jalan Suri-suri, Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa, (12/4/2022).(Istimewa)

Pamatangraya, BS- Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Mr Takonai Susumu PhD mengatakan, investor dari Jepang berencana membangun usaha di Kawasan Industri Simalungun. Ada beberapa investor yang sudah berinvestasi di Simalungun ini, akan membantu perekonomian masyarakat.

Ada di sektor otomotif dan gudang terbesar ada di beberapa daerah di Sumatera Utara dan salah satunya di Simalungun. Jadi kehadiran kami agar Pemkab Simalungu mau membantu dalam perpanjangan Hak Guna Usaha (HGU).

Hal itu diungkapkan Mr Takonai Susumu Ph.D saat melakukan kunjunangan kehormatan di Rumah Dinas Wakil Bupati Simalungun Jalan Suri-suri, Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa, (12/4/2022).  Mr. Takonai Susumu Ph.D dijamu oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi.

Mr Takonai Susumu menyampaikan maksud kunjungannya di Kabupaten Simalungun untuk menyampaikan terkait Investasi Kawasan Industri Simalungun. Juga menyampaikan apresiasi terhadap sektor pertanian Kabupaten Simalungun yang produksinya banyak di expor ke Jepang melalui pengusaha lokal.

Sementara Bupati Simalungun RHS mengapresiasi kehadiran Konsulat Jepang, dan  menjelaskan bahwa sektor pertanian dan perkebunan merupakan salah satu sektor penyumbang pendapatan di Simalungun sebesar 70%. 

“Saya tau, Jepang merupakan negara yang berinovasi balam pertanian. Produk UMKM Simalungun yaitu Bubuk Jahe Merah jadi unggulan. Kami di sini terhambat oleh hilirisasi, banyak masyarakat kita yang bingung untuk ini. Jadi kami berharap Konsulat Jepang bisa membantu dalam pemasarannya,”harap Bupati RHS.

Terkait kawasan industri Simalungun, RHS menawarkan kepada pihak Konsulat Jepang untuk berinvestasi di kawasan tersebut. “Kami berharap dari Konsulat Jepang untuk berinvestasi di kawasan ini berupa industri padat karya dan industri sektor pariwisata,”ujar Bupati RHS.

Radiapoh Sinaga juga menggamparkan potensi Pariwisata Danau Toba yang jika di kelola dengan baik sangat luar biasa. “Kota Parapat yang di berada di kawasan Danau Toba telah memiliki fasilitas seperti Ruang Terbuka Publik (RTP), ami  akan memberikan kemudahan perizinan dan kenyamanan bagi  investor yang berniat berinvestasi di Simalungun ini,”sebut Bupati.

Turut mendampingi Bupati dan Wakil Bupati antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesra Sarimuda AD Purba,  Asisten Administrasi Umum Akaml Siregar, Kepala Bappeda Ronald Tambun, dan Kaban Kesbangpol Arifin Nainggolan. (Red-BS-01)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments