. Buka Kaca Mobil Satu Cm Saat Parkir Ternyata Ampuh Bikin Maling Kelabakan | BeritaSimalungun
Home » » Buka Kaca Mobil Satu Cm Saat Parkir Ternyata Ampuh Bikin Maling Kelabakan

Buka Kaca Mobil Satu Cm Saat Parkir Ternyata Ampuh Bikin Maling Kelabakan

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 10 May 2022 | 11:21

ILUSTRASI: Mobil pecah kaca.

Pelaku Kini Menggunakan Serpihan Busi Motor

Pamatangraya, BS-Buka kaca mobil satu cm saat parkir ternyata ampuh bikin maling kelabakan. Maling modus pecahkan kaca mobil kini sungguh meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. Tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) modus pecah kaca mobil tengah marak di Pulau Sumatera.

Pihak kepolisian mengimbau masyarakat tetap mewaspadai tindak kejahatan dengan modus tersebut. Polisi juga membeberkan ada beberapa tips agar mobil terhindar dari sasaran pencurian, khususnya pencurian dengan modus pecah kaca mobil. 

Mengutip dari Tribunlampung.co.id, Kasatreskrim Polresta Bandar Lampung Kompol Devi Sujana memberikan tips mencegah modus pecah kaca mobil tersebut. Caranya adalah dengan tidak menutup kaca mobil secara penuh saat parkir. 

“Kalau parkir pada siang hari kaca mobil harus dibuka paling tidak 1 sentimeter, agar ada sirkulasi udaranya. Cara ini bertujuan agar ada sirkulasi udara. Dengan demikian, kaca juga tidak mudah pecah saat dilempar pelaku menggunakan serpihan busi. Saat ini, cara pencuri yang paling umum adalah menggunakan serbuk busi dan mobil. Memecahkan kaca dengan benda keras seperti linggis atau kapak sudah jarang dilakukan karena kerap mengeluarkan bunyi keras," terang Devi. 

Devi menjelaskan, pelaku kerap menggunakan pecahan busi motor yang kemudian diberikan air liur agar pecahan busi tersebut dalam kondisi dingin. Sehingga saat dilemparkan dan terkena kaca kendaraan yang panas dan bertekanan tinggi, kaca dengan cepat mengalami keretakan. 

“Kaca yang retak dengan mudah didorong tangan pelaku, setelah terbuka pelaku mengambil barang berharga yang ditinggal korban di dalam mobil. Pemilik kendaraan diharapkan tetap dapat memantau mobil saat ditinggal parkir. Tetap waspada, kami sarankan kepada masyarakat agar parkir di tempat yang aman dan terlihat oleh pemiliknya," kata Devi. (BS-Red-01)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis