Info Terkini

10/recent/ticker-posts

HARI PERTAMA: BAHAPAL – KUALA NAMU - KUALA LUMPUR-ISTANBUL

Pdt Defri Judika Purba

BS-Ini adalah hari pertama perjalanan memulai ziarah ke tanah suci, Yerusalem. Kami semua rombongan berkumpul di bandara Kuala namu Medan, dua jam sebelum keberangkatan. Peserta rombongan datang dari berbagai tempat: Jakarta, Bandung, Batam, Pekanbaru dan saya sendiri datang dari Bahapal.

Saya berangkat dari Bahapal jam 04.30 Wib diantar oleh St. Januarman Saragih Garingging , St. Sudiaman Siboro dan Vik. Pdt Hafdon Puerba Purba, ke Merek Raya. Saya sudah berjanji dengan Pw Rosmi Sinaga , Pw Ester dan Pw Rasianna i untuk sama-sama berangkat menuju bandara Kuala Namu. Perjalananan menuju Kuala namu ditempuh dengan waktu tiga jam perjalanan.

Waktu menunjukkan hampir pukul sepuluh ketika kami sampai di bandara Kuala Namu. Aktivitas di bandara sudah mulai ramai. Ada beberapa mobil yang mengantar penumpang begitu juga mobil yang menjemput penumpang. Kami segera menuju counter maskapai Air Asia untuk bergabung dengan kelompok yang sudah tiba lebih dulu. Pihak travel sudah membantu rombongan untuk check in ke Maskapai. Kami hanya menyerahkan koper saja. Setelah urusan check in selesai kami pun berangkat menuju ruang keberangkatan. Dengan bantuan pihak travel kami tidak terlalu lama menunggu.

Kami berangkat dari bandara Kuala namu menuju Kuala lumpur pukul sebelas siang. Perjalanan menuju Kuala Lumpur ditempuh selama satu setengah jam saja. Kami berangkat dengan pesawat Air Asia dengan kode penerbangan AK390. Tiba di bandara Kuala Lumpur, pukul satu siang. Segera kami bergegas turun dari pesawat untuk masuk ke kompleks bandara KLIA 2.

Bandara KLIA 2 sebelum pandemi adalah bandara yang sibuk dan padat. Tapi setelah pandemi covid melanda, bandara ini jauh lebih sunyi. Hanya beberapa toko yang buka. Bandara yang luas dan megah ini seperti bayi yang belajar merangkak tertatih-tatih.

Setelah makan siang di food court bandara, kami pun menunggu sebentar untuk lanjut kembali menuju KLIA 1. KLIA 2 adalah bandara untuk maskapai Air Asia sementara KLIA 1 untuk maskapai asing. Sebelum berangkat ke KLIA 1, guide memberi keterangan kepada kami hal-hal apa yang perlu kami siapkan untuk penerbangan selanjutnya. Guide memberikan kami berkas-berkas kelengkapan yang sangat perlu, terutama perjalanan menuju Tel Aviv, Israel. Dari keterangan beliau, nampak benar pengawasan untuk masuk ke negara Israel sangat ketat.

Kami menuju KLIA 1 dengan naik train. Perjalanan hanya lima menit saja. Sampai di KLIA 1 semua rombongan diberi kesempatan untuk istirahat atau makan malam. Jam delapan waktu Malaysia kami akan check in ke Maskapai Turkish airlines. Perjalanan menuju Tel Aviv akan transit terlebih dahulu di Istanbul, Turki. Perjalanan akan ditempuh dalam waktu lebih sepuluh jam.

Tulisan ini saya posting ketika kami menunggu keberangkatan menuju Istanbul, Turki.
Dokumentasi dalam bentuk video akan saya edit dan selesaikan di pesawat. Besok pagi akan saya posting di sayurma Channel.

Sekian perjalanan hari ini. Besok saya akan ceritakan perjalanan kami mengunjungi kota Haifa, Kaesarea Maritim dan Gunung Tabor. Tuhan Memberkati.

Kuala Lumpur International Airport, 30 Mei 2022. (***)