. Kota Wisata Parapat Dipadati Pengunjung Saat Liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022 | BeritaSimalungun
Home » , , » Kota Wisata Parapat Dipadati Pengunjung Saat Liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022

Kota Wisata Parapat Dipadati Pengunjung Saat Liburan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/ 2022

Written By Beritasimalungun on Tuesday, 3 May 2022 | 17:39

Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH (lima dari kanan) bersama wisatawan lokal di Pantai Bebas Kota Wisata Parapat, Selasa (3/5/2022). (KominfoSimalungun).

Parapat, BS-
Kunjungan wisata ke Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) benar-benar membludak pada libur Lebaran (Idul Fitri) 1443 Hijriyah (H). Kepadatan kunjungan wisata di kota wisata tepian Danau Toba tersebut tampak dari kepadatan arus lalu lintas ke Parapat, tingkat hunian hotel yang mencapai 90 %, banyaknya pengunjung yang menikmati rekreasi di Pantai Bebas Parapat hingga mobilitas pengunjung dari Parapat – Ajibata – Pulau Samosir.

Guna memastikan keamanan objek wisata tersebut, Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH didampingi Kapolres Simalungun, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Nicolas Dedy Arifianto dan Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka mengunjungi Kota Wisata Parapat pada hari kedua (H+2) Lebaran, Selasa (3/5/2022).

Pada kunjungan tersebut, Radiapoh Hasiholan bersama Nicolas Dedy Arifianto dan Roly Sahuoka meninjau langsung tempat-tempat utama rekreasi, Pantai Bebas Parapat dan hotel. Objek wisata yang ditinjau khususnya yang berada di pesisir Danau Toba wilayah Parapat dan sekitarnya.  

"Berdasarkan hasil pantauan di lapangan pada H+2 Idul Fitri 1443 H, kunjungan wisata domestik ke Kota Wisata Parapat mengalami peningkatan sangat signifikan. Selain dari kepadatan arus lalu lintas dan pengunjung tempat rekreasi, kepadatan kunjungan wisata ke Parapat nampak juga peningkatan occupancy (hunian) hotel di Parapat yang mencapai 90 %,"katanya.

Menurut Radiapoh Hasiholan Sinaga, aktivitas wisatawan domestik yang datang ke Parapat terkonsentrasi di Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas, Pantai Indah, Pantai Marihat Permai dan Pantai Kasih Parapat.

"Selain itu para wisatawan juga menikmati berbagai atraksi di pantai Danau Toba seperti watersport (olah raga air), jetsky (sepeda motor air), berenang, naik speedboat (kapal cepat) dan kapal wisata,"jelasnya. 

Ketika mengunjungi Kawasan Pantai Indah, Pantai Marihat dan Pantai Parapat kasih menggunakan spedboat, Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan akan melakukan beautifikasi (penataan keindahan). Hal itu penting agar kawasan Marihat Permai lebih indah dan produktif menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia.

Sementara itu, Kapolres Simalungun, AKBP Nicolas Dedy Arifianto pada kesempatan itu mengatakan, guna meningkatkan pelayanan prima di Kota Wisata Parapat, Danau Toba, jajaran Polri dari Polres Simalungun mempersiapkan armada Kapal Patroli di Pantai Danau Toba. Kapal patrol terrsbut dioperasikan Polisi Perairan dan Tim Search and Rescue (SAR).

"Kapal patroli dan SAR selalu disiagakan berpatroli di tempat - tempat konsentrasi kunjungan wisata ke Danau Toba. Kesiagaan ini penting pelayanan terhadap wisatawan dilakukan semaksimal mungkin, prima dan nyaman,"katanya.

Sedangkan menurut, Dandim 0207/Simalungun, Roly Sauhoka, pihaknya juga menerjunkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan menerjunkan personil Kodim 0207/Simalungun pada Pos Pengamanan (Pospam) Pengamanan Mudik dan Perayaan Lebaran di Parapat dan sekitarnya. 

“Satuan tugas Kodim 0207/Simalungun juga kami kerahkan melakukan patroli memantau situasi kunjungan wisata mulai dari Parapat hingga ke Sipolha, Kelurahan Sipolha Horisan, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun. Objek wisata tersebut  masih berada di perairan Danau Toba, Kabupaten Simalungun,”ujarnya. (BS-Diskominfo Simalungun) 
Share this article :

Post a Comment

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan

DANRINDAM I BB/ Mengucapkan
DIRGAHAYU TNI ' Semoga TNI Selalu di Hati Rakyat, Menjadi Kebanggaan Ibu Pertiwi, Sinergi, dan Maju Bersama Negeri, AMIN

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia

Simalungun Berduka, St RK Purba Pakpak Tutup Usia
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis