Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Infrastruk Jalan Buruk, Harga Mangga Danau Toba di Simalungun Jeblok

S Saragih pedagang mangga eceran di Pekan Saribudolok, Rabu (22/6/2022). (Foto: Lamhot Manihuruk)

Saribudolok, BS-Buruknya akses jalan di pesisir Danau Toba, Kabupaten Simalungun seperti di dari Nagori Simpang Bage-Baluhut-Soping-Hutaimbaru-Gaol-Binangara-Sihalpe-Haranggaol mengakibatkan harga mangga Danau Toba anjlok dikisaran Rp 10.000/Kg. Sementara harga mangga eceran di Pekan Saribudolok mencapai Rp 25.000/Kg.
   
Jomplangnya selisih harga di tingkat petani dan pedagang pengecer ini akibat buruknya akses jalan yang berdampak tingginya biaya transportasi dari nagori ke pekan.

Lamhot Manihuruk, petani mangga Dusun Hutaimbaru, Nagori Ujung Mariah, Kecamatan Pamatang Silimakuta, Kabupaten Simalungu kepada Beritasimalungun, Rabu (22/6/2022) petang mengatakan, harga mangga kepada pengepul dikisaran Rp 10.000/Kg. 

“Sudah dua pekan harga mangga dikisaran Rp 9000 hingga Rp 11.000 kepada pengepul di Hutaimbaru. Sementara harga   ditingkat pengecer di Pekan Saribudolok mencapai Rp 25.000/Kg. Selisih harganya jauh sekali karena tingginya biasa transportasi akibat sulitnya akses jalan,” ujar Lamhot Manihuruk.

Kata Lamhot Manihuruk, jika akses jalan bisa bagus, harga mangga di tingkat petani bisa tembus Rp 15.000 hingga Rp 18.000/Kg. Namun akibat akses jalan yang buruk, nilai tawar petani kepada pengepul mangga rendah. 

Warga juga meminta Pemerintah Kabupaten Simalungun agar mau memperbaiki akses jalan di pinggiran Danau Toba, Kabupaten Simalungun. Kondisi akses jalan yang semakin buruk selama puluhan tahun, mengakibatkan petani merugi. (Asenk Lee)







Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments