. Autopsi Ulang Jasad Brigadir Nopryansah Yoshua Hutabarat Digelar Rabu 27 Juli 2022 | BeritaSimalungun
Home » , » Autopsi Ulang Jasad Brigadir Nopryansah Yoshua Hutabarat Digelar Rabu 27 Juli 2022

Autopsi Ulang Jasad Brigadir Nopryansah Yoshua Hutabarat Digelar Rabu 27 Juli 2022

Written By Beritasimalungun on Sunday, 24 July 2022 | 14:37


Muarojambi, BS
-Jasad Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J akan diautopsi ulang. Proses pengangkatan jenazah atau ekshumasi akan dilakukan di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, Rabu (27/7/2022). Jenazah almarhum Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat yang meninggal di Jakarta, Jumat (8/7/2022) itu dikebumikan di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Senin (11/7/2022).

"Sesuai dengan perintah Bapak Kapolri untuk pelaksanaan ekshumasi harus dilaksanakan sesegera mungkin. Dari hasil komunikasi Pak Dir (Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian) dengan pihak pengacara, dengan Ketua Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia dan para pakar forensik, diputuskan pelaksanaan ekshumasi di Jambi akan dilaksanakan pada hari Rabu (27/7/2022) besok," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Jakarta, seperti dikuti dari Detik.com, Minggu (24/7/2022).

Dedi mengatakan tim forensik akan berangkat pada Selasa (26/7/2022). Setelah itu, ekshumasi akan dilakukan pada Rabu (27/7/2022).

“Jadi tim akan berangkat hari Selasa, Rabu akan kita laksanakan ekshumasi dengan menghadirkan para pihak, dan tentunya pihak-pihak yang expert di bidangnya," ungkapnya.

Kuasa hukum keluarga Kamaruddin Simanjuntak menyampaikan proses autopsi ulang jenazah Brigadir J akan dilakukan oleh tim independen. Tim independen itu akan melibatkan dokter forensik dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) hingga Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSAL).

“Telah dibicarakan tadi dalam gelar bahwa akan dibentuk tim independen, yaitu melibatkan dokter-dokter forensik gabungan dari RSPAD, kemudian dari RSAL, RSAU, dan RSCM, dan salah satu RS swasta nasional. Termasuk yang diajukan polisi, misalnya dari mana gitu," kata Kamaruddin Simanjuntak saat mengunjungi makam Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi, Provinsi Jambi, Sabtu (23/7/2022).

Disebutkan, Polri menyampaikan akan menindaklanjuti autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J. Tak hanya itu, mereka akan menggandeng kedokteran forensik eksternal. Proses otopsi akan dilakukan di Rumah sakit Sungaibahar, Muarojambi.

Sebelumnya Kamaruddin Simanjuntak kunjungi rumah Keluarga Samuel Hutabarat / Rosti Simanjuntak di Desa Suka Makmur, Kecamatan Sungai Bahar, Muarojambi,Provinsi Jambi, Sabtu (23/7/2022). Dirinya memberikan penghiburan kepada keluarga dan berjanji akan mengungkap tuntas kasus meninggal tak wajar Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat di Jakarta, Jumat 8 Juli 2022 lalu.

Sehari sebelumnya Kamaruddin Simanjuntak juga mendampingi 11 anggota keluarga korban Yosua saat tim penyidik Bareskrim Polri meminta keterangan keluarga di Mapolda Jambi, Jumat (22/7/2022).

Keluarga yang dimintai keterangan adalah orang tua Yosua, Samuel Hutabarat, Rosti Simanjuntak, Bibinya Yosua, Rohani Simanjuntak, Roslin Emika Simanjuntak dan adik Yosua, Reza Hutabarat.

Ketua Tim Penyidik Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol Agus Suharnoko di Mapolda Jambi kepada wartawan, Jumat (22/7/2022) mengatakan, sebanyak 8 orang Tim Penyidik Bareskrim Mabes Polri diturunkan ke Mapolda Jambi untuk melakukan pemeriksaan keluarga almarhum Yosua.

Disebutkan, status kasus Brigadir J yang kini naik ke penyidikan. Saat ini, proses gelar perkara sudah dilakukan dan hari ini Jumat (22/07) 11 orang dari pihak keluarga Brigadir J dimintai keterangan oleh penyidik Mabes Polri di Polda Jambi.

Brigjen Pol Agus Suharnoko juga mengunjungi Rumah Sakit Sungaibahar, Muarojambi, Sabtu (23/7/2022) dimana akan dilakukannya Otopsi Jasad Brigpol Yosua Hutabarat, yang direncanakan Rabu, 27 Juli 2022. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis