. Plt Wali Kota Pematang Siantar Harapkan LPM Miliki Terobosan untuk Semakin Berdayakan Masyarakat | BeritaSimalungun
Home » , » Plt Wali Kota Pematang Siantar Harapkan LPM Miliki Terobosan untuk Semakin Berdayakan Masyarakat

Plt Wali Kota Pematang Siantar Harapkan LPM Miliki Terobosan untuk Semakin Berdayakan Masyarakat

Written By Beritasimalungun on Sunday, 31 July 2022 | 07:56


Pamatangsiantar, BS
-Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) diharapkan memiliki terobosan-terobosan baru untuk bisa semakin memberdayakan masyarakat. Termasuk bersinergi dengan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan, partisipasi, dan swadaya masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari Siregar AP, ketika menghadiri acara Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah LPM Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027, di Ruang Data Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, Sabtu (30/7/2022) malam.

Ketua DPD LPM Kota Pematang Siantar Zainul Arifin Siregar dalam sambutannya mengatakan, keberadaan LPM di Kota Pematang Siantar sungguh sangat unik dan menarik. Sebab hampir 10 tahun LPM di Kota Pematang Siantar vakum dan tidak ada sama sekali.

“Tepat pada awal tahun 2022, kepada kami dipercayakan dan diberikan mandat untuk bisa menghidupkan kembali keberadaan LPM di Kota Pematang Siantar,” kata Zainul.

Pihaknya memahami, LPM adalah mitra strategis dalam perwujudan program-program Pemko Pematang Siantar, untuk mewujudkan Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

“Kepada kawan-kawan pengurus DPD LPM Kota Pematang Siantar, daya mohon dukungan, kebersamaan, dan support agar kita bisa kibarkan panji LPM ini, khususnya di Kota Pematang Siantar,” sebutnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Pematang Siantar Mangatas Marulitua Silalahi SE mengajak untuk bersyukur atas pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027. LPM Kota Pematang Siantar, lanjutnya, adalah perpanjangan tangan Pemko Pematang Siantar untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat, tempat pengaduan masyarakat, dan juga mensosialisasikan program-program Pemko Pematang Siantar.

“Saya atas nama DPRD Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Drs Hasnan Said SIP juga mengucapkan selamat kepada pengurus DPD LPM Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027 yang baru dilantik.

“Saya berharap LPM sebagai mitra pemerintah di dalam pembangunan, pemerintahan, dan sosial kemasyarakatan. Tunjukkanlah LPM itu ada,” pesannya.

Sedangkan Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Budi Utari Siregar mengucapkan selamat kepada Pengurus DPD LPM Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027. Semoga para pengurus mampu menjalankan amanah yang telah diberikan. 

Semoga juga pelantikan tidak sekadar seremonial, namun menjadi momentum agar para pengurus yang dilantik mampu melahirkan terobosan-terobosan baru untuk semakin memberdayakan masyarakat, termasuk bersinergi dengan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan, partisipasi, dan swadaya masyarakat.

Seluruh pengurus, lanjutnya, juga diharapkan dapat menjalankan fungsi dan peranannya di masyarakat, serta menjadi motor penggerak pemberdayaan masyarakat di Kota Pematang Siantar.

“Kami ingin agar pengurus Dewan Pimpinan Daerah LPM Kota Pematang Siantar juga berkonsolidasi ke kecamatan hingga kelurahan. Dengan harapan LPM semakin memahami kebutuhan serta persoalan masyarakat hingga tingkat kelurahan,” ujarnya.

Dengan demikian, katanya lagi, LPM mampu memberikan ide, masukan, dan saran pada setiap pengajuan atau rapat koordinasi pembangunan, termasuk saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di setiap tingkatan. Sehingga Pemerintah Kota Pematang Siantar dapat memperoleh informasi yang lengkap dengan adanya masukan dan kontribusi aktif dari LPM.

“Kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar kembali menyampaikan dan mengajak LPM untuk bekerjasama, bersinergi, dan berkolaborasi. Tujuannya, agar tercipta harmonisasi yang baik antara Pemerintah Kota Pematang Siantar dengan LPM. Dengan demikian LPM akan mendukung program-program pembangunan Pemerintah Kota Pematang Siantar, terutama yang berkaitan langsung dengan kepentingan masyarakat, khususnya pemberdayaan masyarakat, demi terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” terangnya.

Ketua Umum DPP LPM RI H Ahmad Doli Kurnia Tanjung meminta agar Pengurus DPD LPM Kota Pematang Siantar Periode 2022-2027 yang baru dilantik bisa menjaga amanah dari hasil Musyawarah Daerah LPM lalu. Juga diiringi dengan memiliki program-program yang nyata yang dikerjakan selama lima tahun ke depan.

Tampak hadir, Unsur Forkopimda Kota Pematang Siantar, anggota DPRD Kota Pematang Siantar, ormas dan OKP, para Pimpinan OPD terkait, dan para camat se-Kota Pematang Siantar. (BS-DiskominfoPemkoSiantar)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis