. Tim Penilai Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Kunjungi Kelurahan Naga Pitu | BeritaSimalungun
Home » , » Tim Penilai Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Kunjungi Kelurahan Naga Pitu

Tim Penilai Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Kunjungi Kelurahan Naga Pitu

Written By Beritasimalungun on Monday, 25 July 2022 | 16:29

Senin (25/7/2022) Tim Penilai Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut mengunjungi Kelurahan Naga Pitu untuk melakukan penilaian. Kedatangan tim langsung disambut Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A di halaman Kantor Kelurahan Naga Pitu.

Pematangsiantar, BS-Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba terpilih sebagai Kelurahan Terbaik se-Kota Pematang Siantar. Karenanya, Naga Pitu menjadi wakil Kota Pematang Siantar dalam pemilihan Kelurahan Terbaik Kabupaten/Kota Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Senin (25/7/2022) Tim Penilai Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut mengunjungi Kelurahan Naga Pitu untuk melakukan penilaian. Kedatangan tim langsung disambut Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A di halaman Kantor Kelurahan Naga Pitu.

Tim disambut dengan Tarian Sitalasari, dilanjutkan tarian Tortor Sombah yang ditampilkan siswi SMA Negeri 5 Kota Pematang Siantar.

Plt Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp.A menyampaikan, segenap masyarakat Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Desa dan Kelurahan Terbaik Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumut Tahun 2022 beserta rombongan di Kelurahan Naga Pitu Kecamatan Siantar Martoba.
“Saya mengucapkan selamat kepada Kelurahan Naga Pitu yang telah ditetapkan sebagai Kelurahan Terbaik Tingkat Kota Pematang Siantar Tahun 2022. Semoga keberhasilan prestasi sebagai peringkat pertama di Kota Pematang Siantar ini dapat berlanjut sampai ke tingkat provinsi, bahkan tingkat nasional,” katanya.

Dilanjutkannya, ia sebagai sebagai Pelaksana Tugas Wali Kota Pematang Siantar mendukung sepenuhnya kegiatan Lomba Desa dan Kelurahan. Lomba Desa dan Kelurahan, katanya, merupakan sebuah barometer keberhasilan program pembangunan yang telah dilaksanakan di daerah. 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan terhadap desa dan kelurahan. Juga untuk mendorong kompetisi positif dan sportif bagi pemerintah kelurahan serta meningkatkan motivasi bagi desa dan kelurahan untuk menerapkan dan mengembangkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan kelurahan yang dilaksanakan secara sinergi oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai ujung tombak atau barisan terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, aparatur kelurahan diwajibkan memiliki kemampuan, profesionalisme, inovasi, dan kreativitas. Aparatur Sipil Negara yang bertugas di kelurahan harus dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada di kelurahan.

Sehingga dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan mampu meningkatkan semangat perangkat kelurahan dalam bekerja.
Dalam kesempatan itu, Plt Wali Kota juga menginformasikan kepada Tim Penilai Desa dan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut, bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar telah mencanangkan slogan 5S, yaitu Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Pematang Siantar.

“Hal ini dilakukan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat lagi antara masyarakat dengan pemerintah. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” sebutnya.

Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelaksana Pelayanan Publik di lingkungan Pemko Pematang Siantar Tahun 2021, lanjutnya, untuk unsur Pelayanan Kecamatan berada pada indeks 72,89.

Sedangkan berdasarkan hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat Tahun 2021, dari target yang ditetapkan yaitu 70 mendapat realisasi kinerja sebesar 73,3. Hal ini tentu masih perlu ditingkatkan di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota mengajak masyarakat Kota Pematang Siantar, khususnya warga Kelurahan Naga Pitu untuk bekerja sama dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya melalui program LISA, atau Lihat Sampah Ambil.

“Melalui program LISA ini diharapkan dapat menekan penyebaran penyakit Demam Berdarah. Di samping saya juga mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran nyamuk dengan menerapkan 3M Plus yaitu Menguras Tempat Penampungan Air, Menutup Tempat Penampungan Air, Mengubur Barang Bekas, serta Menghindari Gigitan Nyamuk, Tidur Menggunakan Kelambu, Menyalakan Anti Nyamuk, dan juga Melipat pakaian yang tidak digunakan,” jelasnya.

Disampaikan juga tentang peran serta dan dukungan segenap masyarakat kelurahan dalam setiap kegiatan kelurahan. Sehingga penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan di kelurahan dapat berjalan dengan baik.

“Saya mengharapkan dukungan dari bapak/ibu Bhabinkamtibmas, Babinsa, LPM, RT, RW, Kepling, Karang Taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta seluruh elemen masyarakat yang ada di kelurahan dapat lebih ditingkatkan lagi, demi mewujudkan Kota Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” jelasnya.

Ketua Tim Penilaian Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut yang juga Sekretaris Dinas PMD Provinsi Sumut Drs Marzuki MAP menyampaikan pidato Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang mengatakan, pelaksanaan Penilaian Desa dan Kelurahan Terbaik Kabupaten/Kota se-Sumut Tahun 2022 merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa/kelurahan setiap tahunnya. Serta dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan desa/kelurahan, sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa/kelurahan.

“Penilaian Desa dan Kelurahan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan,” sebutnya.

Sedangkan maksud dari penyelenggaraan Penilaian Desa dan Kelurahan, sambungnya, untuk menentukan status tertentu dari capaian hasil evaluasi perkembangan sebuah desa dan kelurahan, serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Sehingga hasil evaluasi ini menjadi dasar untuk memformulasikan berbagai program pembangunan di masa yang akan datang.

Disampaikannya juga, lomba ini jangan dijadikan beban. Tetapi lebih dimaknai sebagai langkah konkret untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh Ketua Tim Penilaian Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut yang juga Sekretaris Dinas PMD Provsu Drs Marzuki MAP beserta rombongan dengan Lurah Naga Pitu Sahara Sinaga AMd, dan juga Ketua PKK Kelurahan Naga Pitu, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna, dan juga pelatih bola binaan Kecamatan dan Kelurahan.
Selanjutnya Ketua Tim Penilaian Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut yang juga Sekretaris Dinas PMD Provinsi Sumut Drs Marzuki MAP dan rombongan didampingi Plt Wali Kota Susanti serta Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari Siregar AP meninjau sekaligus menilai hasil karya dan inovasi dari Kelurahan Naga Pitu yang dipamerkan di stand.

Kemudian dilaksanakan pemberian cenderamata dari Lurah Naga Pitu kepada Tim Penilai dari Provinsi Sumut sekaligus foto bersama.

Turut hadir, Staf Ahli Wali Kota Dra Heppy Oikumenis Daely, Asisten II Kota Pematangsiantar Zainal Siahaan SE MM, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Mardiana SH, dan beberapa Pimpinan OPD. Juga Camat Siantar Martoba Frasizu M Harahap SSTP MSi, Forkopimcam Siantar Martoba, para lurah, Ketua PKK Kelurahan, serta kader PKK Kecamatan dan Kelurahan.(BS-Diskominfo Pematangsiantar)


Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

BERITA LAIN II