Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Wakil Bupati Simalungun Dampingi Menparekraf Tinjau Desa Wisata Kampung Warna Warni

Wakil Bupati Simalungun Dampingi Menparekraf Tinjau Desa Wisata Kampung Warna Warni.

Parapat, BS-Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau Desa Wisata Kampung warna warni Tigarihit Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Sumut, Rabu (20/7/2022).

Di kampung Warna Warni Menparekraf meresmikan Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit sebagai 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Dikegiatan itu juga di serahkan piagam Desa Wisata Warna Warni Tigarihit Kabupaten Simalungun sebagai 50 Desa Wisata Terbaik, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022, Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional oleh Direktur Tata kelola dan Informasi Kemenparekraf I Nasution kepada Wakil Bupati Simalungun.

Kemudian penyerahan bantuan berupa dukungan pembinaan dan pendampingan Desa Wisata Mitra Bakti BCA kepada  Kadis Parbud Simalungun. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan pemberian pembekalan, informasi pengembangan SDM dan pembangunan sarana serta mendorong promosi desa wisata ke Mancanegara.

Selanjutnya penyerahan bantuan dukungan tempat sampah dan cuci tangan portable sebagai bentuk dukungan CHSE (cleanliness, health, safety dan enviromental sustainability) dan kebersihan Lingkungan yang diterima Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Yosua Simaibang. 

Masih di lokasi Tigarihit, Menparekraf didampingi Wakil Bupati, Kadis Pariwisata Provsu dan Direktur Tata kelola dan Informasi melakukan penanaman bibit pohon penghijauan.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf dihadapan wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik menyampaikan sangat mengagumi view dari desa wisata Warna Warni yang sangat indah dan luar biasa, sebagai daya tarik wisata, selain dari produk produk ekonomi kreatif lainnya.

"Saya harapkan ini juga dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Jangan hanya orang datang lihat-lihat dan foto-foto saja, tetapi mereka juga bisa mengelola dampak ekonomi, menjaga kebersihan,"kata Sandiaga.

Kepada Pemkab Simalungun, Menparekraf menitipkan pantai bebas dan ruang terbuka Parapat dan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga selalu menjaga kebersihan, serta merawat fasilitas-fasilitas yang dibangun oleh Pemerintah sehingga berdampak baik kepada  masyarakat sampai masa yang akan datang.

Sementara itu, Wakil Bupati Simalungun didampingi Plt Kadis Kominfo SML menyampaikan apresiasi tas diresmikannya Desa Wisata Warna Warni Tigarihit.

"Kami berharap dengan diresmikannya Desa Wisata ini dapat menambah daya tarik wisatawan di Kota Parapat,"kata Wakil Bupati.

Kemudian Wakil Bupati juga berharap kepada masyarakat agar tetap menjaga keearifan lokal, kebersihan lingkungan agar tetap terjaga keasriannya dan mwengembangkan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan ekonomi kreatif.

"Pemandangan dari sini sangat indah, kelola ini dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat selain dari produk UMKM lainnya,"ucap Wakil Bupati.

Terkait dengan Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas, Wakil Bupati mengharapkan kepada Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan gedung parkir yang terintegrasi dengan UMKM, panggung hiburan dan kuliner di Pantai Bebas.

Tampak hadir antara lain Anggota DPRD Simalungun Maraden Sinaga, Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, Kadis Pariwisata Provsu Zumri Sulthony, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun M Fikri  F Damanik dan Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong.(BS-Red)








Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments