. Pentahbisan 4 Vikaris Sebegai Pendeta GKPS Oleh Pimpinan Sinode GKPS | BeritaSimalungun
Home » » Pentahbisan 4 Vikaris Sebegai Pendeta GKPS Oleh Pimpinan Sinode GKPS

Pentahbisan 4 Vikaris Sebegai Pendeta GKPS Oleh Pimpinan Sinode GKPS

Written By Beritasimalungun on Monday, 8 August 2022 | 09:06

Empat orang Pendeta yang baru ditahbiskan itu yakni Pdt. Asriani Purba, Pdt. Fran Wilson Purba, Pdt. Noni Zeine Sinaga, dan Pdt. Tolopan Riah Silalahi. (Foto: GKPS.Or.ID)

Pematangsiantar, BS-Pimpinan Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) (Ephorus) GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba mentahbiskan empat orang vikaris sebagai Pendeta GKPS pada ibadah minggu yang dilangsungkan di GKPS Pancur Batu Resort Medan Selatan, Minggu, 7 Agustus 2022.

Empat orang Pendeta yang baru ditahbiskan itu yakni Pdt. Asriani Purba, Pdt. Fran Wilson Purba, Pdt. Noni Zeine Sinaga, dan Pdt. Tolopan Riah Silalahi. 

Selain dihadiri oleh para pelayan dan warga GKPS, prosesi penahbisan Pendeta GKPS ini juga turut dihadiri anggota DPRD Sumut yang juga warga GKPS: Saut Bangkit Purba, Artha Berliana Samosir, Meryl Rouli Saragih, Bupati Deli Serdang yang diwakili Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Deli Serdang Putra Jaya Manalu serta Ketua Majelis Sinode St. Darwis Sipayung dan Anggota Majelis Sinode dari GKPS Distrik IV St. Jonray Saragih.

Sebelum memasuki gedung gereja GKPS Pancur Batu, Pimpinan Sinode GKPS, Ketua Majelis Pendeta, Ketua Majelis Sinode, Kepala Departemen dan Kepala Biro, Praeses GKPS, Kepala Bidang dan Kepala Bagian di kantor Sinode, Pendeta yang hendak ditahbiskan, para Pendeta GKPS yang bertugas di wilayah GKPS Distrik IV, Pengurus GKPS Resort Medan Selatan, dan Ketua Panitia, melakukan prosesi dengan berjalan kaki sejauh satu kilometer yang diiringi dengan musik dan tortor dihar (salah satu tarian Simalungun) menuju Gereja GKPS Pancur Batu. 
Pimpinan Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) (Ephorus) GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba mentahbiskan empat orang vikaris sebagai Pendeta GKPS pada ibadah minggu yang dilangsungkan di GKPS Pancur Batu Resort Medan Selatan, Minggu, 7 Agustus 2022.

Setibanya di depan gedung gereja, prosesi disambut oleh Panitia dengan ditandai pengalungan bunga kepada Pimpinan Sinode GKPS sebagai tanda ucapan selamat datang.

Ibadah penahbisan Pendeta GKPS dilayani oleh Praeses GKPS Distrik IV Pdt. Jan Sarman Purba, sebagai liturgis, Pendeta GKPS Resort Medan Selatan Pdt. Enita Silalahi sebagai pemimpin nyanyian, Praeses GKPS Distrik III Pdt. Jan Sudiaman Sinaga sebagai pemimpin doa syafaat, dan firman Tuhan disampaikan oleh Ephorus GKPS Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba.

Dalam penyampaian firman yang mengutip kitab Mazmur 50: 1-6, Pdt. Dr. Deddy Fajar menyampaikan pesan bahwa Allah adalah hakim bagi kita.

“Hakim berarti menunjukkan kesetiaan, keadilan dan kasihnya. Jikalau Allahlah yang menjadi hakim yang akan mengadili dunia ini, maka kita pun harus merendahkan hati di hadapan-Nya, dan berkeyakinan, ketika Allah menjadi hakim maka segala sesuatu tak akan luput dari penglihatan-Nya” ujarnya.

Oleh karena itu, Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba mengajak seluruh jemaat untuk tidak saling menghakimi, melainkan membangun kebersamaan dalam persekutuan sehingga kehadiran setiap orang percaya berdampak bagi dunia ini.

Selain itu, dalam khotbahnya, Ephorus pun secara khusus mengajak keempat Pendeta yang baru ditahbisan untuk semakin percaya kepada Tuhan dengan segenap hati dan pikiran, serta dengan setia menghidupi tugas panggilan sebagai seorang Pendeta.

Setelah ibadah ditutup dengan doa berkat oleh Pimpinan Sinode dan seluruh Pendeta GKPS yang hadir, penahbisan Pendeta GKPS dilanjutkan dengan acara mendengar kata sambutan, bimbingan dan arahan.

Selaku Ketua Pengurus Harian Majelis Jemaat (PHMJ) GKPS Pancur Batu, St. Jarismen Purba mengucapkan terima kasihnya kepada Pimpinan Sinode GKPS atas kepercayaan yang diberikan kepada Jemaat GKPS Pancur Batu untuk menjadi tuan-nyonya rumah pelaksanaan penahbisan Pendeta GKPS.

“Atas nama jemaat GKPS Pancur Batu, saya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Sinode yang telah memberikan kepercayaan kepada jemaat GKPS Pancur Batu dalam mempersiapkan seluruh acara prosesi penahbisan Pendeta GKPS. Sekalipun kami dalam kondisi membangun, namun kami tetap sehati untuk menjaga kepercayaan yang diberikan pimpinan dan bersama-sama mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam acara ini,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Majelis Pendeta GKPS Pdt. Anita Dearni Saragih mengajak keempat Pendeta yang baru ditahbiskan untuk setia menjaga ikrar yang telah diucapkan di ibadah penyerahan toga/baju pelayanan Pendeta, dan mengajak agar para Pendeta mengerjakan tugas kependetaan itu dengan penuh sukacita dan rasa syukur.

“Selamat bergabung dalam korps Pendeta GKPS bersama dengan 303 orang Pendeta lainnya. Pertambahan ini tentunya semakin menambah kekuatan kita untuk melakukan tugas-tugas pelayanan di lingkup GKPS. Pesan saya, tetaplah menjaga ikrar yang telah kalian ucapkan, serta bersukacita dan senantiasalah mengucap syukur untuk mengerjakan tugas-tugas kependetaan.” ajaknya.

Ketua Majelis Sinode GKPS St. Darwis Sipayung yang turut di dampingi Anggota Majelis Sinode GKPS Distrik IV St. Jhonray Porman Saragih mengucapkan selamat melayani kepada keempat Pendeta yang baru ditahbiskan. Ia pun mengharapkan agar para Pendeta yang baru ditahbiskan menjalankan tugas pelayanan dengan hati yang bersih, sebab keakanan GKPS nantinya ada ditangan mereka.
Pentahbisan 4 Vikaris Sebegai Pendeta GKPS Oleh Pimpinan Sinode GKPS.

Sebagai anggota DPRD Sumatera Utara yang juga warga jemaat GKPS, Saut Bangkit Purba, Artha Berliana Samosir serta Meryl Rouli Saragih, berharap agar para Pendeta GKPS senantiasa diberi hikmat. Tugas Pendeta tidak hanya sebagai tokoh agama namun juga tokoh adat dan budaya, sehingga nilai-nilai agama, budaya, serta perdamaian, terjaga di tengah-tengah masyarakat.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Anggota DPRD Sumut, Mewakili Bupati Deli Serdang, Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Deli Serdang Putra Jaya Manalu berharap agar kolaborasi antara Gereja dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dalam mewujudkan Kabupaten Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat terus berkelanjutan.

Di penghujung acara, Sekjend GKPS Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan, dan berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya ibadah penahbisan Pendeta sehingga berjalan sesuai dengan rencana. Pimpinan Sinode GKPS pun berkeyakinan, dengan bertambahnya empat orang Pendeta di GKPS, maka bertambah pula kekuatan dan potensi GKPS dalam melakukan pelayanan bagi jemaat, masyarakat, bangsa dan negara.

“Seperti yang disampaikan oleh Ketua Majelis Pendeta, jumlah Pendeta GKPS saat ini bertambah menjadi 307 orang Pendeta. Artinya dengan pertambahan ini maka kita harus memaksimalkan segala tugas pelayanan kita. Dengan bertambahnya pelayanan maka semakin meningkat dan berkualitas pulalah pelayanan kita, baik di gereja, masyarakat, bangsa dan negara” tutup Pdt. Dr. Paul Ulrich Munthe. (BS-.GKPS.OR.ID./Bgs/Hks)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba

Jeritan Hati Warga Jemaat GKPS Dari Pinggir Danau Toba
Sakit Bertahun Tanpa Pelayanan Medis