Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Plt Wali Kota Pematangsiantar Jadi Inspektur Upacara Kemerdekan RI Ke 77


Pematangsiantar, BS
-Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani Sp.A memimpin penghormatan bendera merah putih di lokasi pengibaran bendera merah putih kali pertama di Kota Pematang Siantar, tepatnya di Lapangan Pariwisata Kota Pematang Siantar, lokasi didirikannya prasasti, Rabu (17/8/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Acara penghormatan diisi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan penghormatan bendera merah putih. Dilanjutkan mengheningkan cipta.

Ketua Dekranasda Kota Pematangsiantar H Kusma Erizal Ginting mengatakan, kegiatan tersebut untuk kembali mengingat memori kolektif atas perjuangan para Pahlawan, terkhusus para Pahlawan perjuangan kemerdekaan di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

“Prasasti ini merupakan bukti Kota Pematangsiantar memiliki sejarah tersendiri dalam memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Pada tempat inilah untuk pertama kali kabar kemerdekaan dan pengibaran bendera merah putih dikumandangkan dan dikibarkan di Kota Pematang Siantar tepat di tanggal 27 September 1945,” terangnya.

“Memang sedikit terlambat, tapi hal itu disebabkan Pematangsiantar masih dikuasai Jepang sehingga berita kemerdekaan Indonesia tidak bebas tersebar,” lanjutnya.

Ke depannya, diharapkan prasasti tersebut bisa menjadi monumen penting di Kota Pematang Siantar dan menjadi salah satu destinasi wisata Kota Pematangsiantar.

Turut hadir, Unsur Forkopimda Kota Pematangsiantar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP, para Staf Ahli dan Asisten di lingkungan Pemko Pematangsiantar, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemko Pematangsiantar. (BS-Rel)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments