Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sebanyak 188 Mahasiswa USU Lakukan KKNT Reguler di Kabupaten Simalungun


Pematangraya, BS
-Sebanyak 188 mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) reguler tahun ajaran 2022/2023 di Kabupaten Simalungun.

Kehadiran mahasiswa USU tersebut di terima oleh Kadis Pendidikan Zocson M Silalahi di halaman Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Rabu sore (21/9/2022).

Kadis Pendidikan menyampaikan, Kabupaten Simalungun salah satu daerah terluas di Sumut dan berada di kawasan strategis Pariwisata Danau Toba.

Kabupaten Simalungun memiliki 32 Kecamatan, 386 Nagori/Desa dan 27 Kelurahan. Masyarakatnya hidup rukun dan damai dengan sektor perekonomian utama adalah pertanian dan perkebunan.

Disampaikan Bupati, USU menjadikan Simalungun tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) perguruan tinggi wilayah barat pada tahun sebelumnya dan berhasil dengan baik, yang diakhiri dengan acara pameran hasil inovasi mahasiswa di masing-masing tempat KKN.

Dalam rencana pembangunan daerah periode RPJMD Kabupaten Simalungun tahun 2021-2024, dengan visi Bupati Simalungun ‘Rakyat Harus Sejahtera’, yang mengutamakan pemulihan ekonomi, kesehatan dan pendidikan khususnya pasca pandemik.

Untuk mempercepat pemulihan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan pendidikan dari ketertinggalan selama pandemi, kehadiran mahasiswa/i KKNT USU saat ini sangat tepat untuk memberikan motivasi dan pendampingan serta gagasan baru untuk menumbuhkan suatu kerjasama dan harapan baru, sehingga pengabdian mahasiswa memberika  kontribusi bagi masyarakat.

Oleh karena itu, dalam sambutan tertulisnya itu, Bupati mengajak kepada para mahasiswa untuk berkarya dengan pemerintahan nagori dan seluruh stakeholders yang ada di nagori, sebagai kampus kedua selain perguruan tinggi.

Sebelumnya, Utomo dari Tim pemdamping Mahasiswa/i USU melaporkan bahwa,  Mahasiswa/i USU akan melakukan KKNT Reguler di Kabupaten Simalungun selama lebih kurang 1 bulan di 12 desa. 

Selama melaksanakan KKNT di Kabupaten Simalungun, para Mahasiswa/i USU ini didampingi oleh Tim Dosen serta Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU.

Menurut Utomo, sebelum melakukan KKNT, para mahasiswa telah melakukan survey di desa dalam rangka untuk menemukan permasalahan yang dihadapi di desa sekaligus mencari lokasi tempat tinggal selama melaksanakan KKNT. (BS-Red)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments