Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom Kontraversi Soal Kemitraan Media di Samosir

Undangan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.

 Samosir, BS
-Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom hanya bermitra dengan dua media di Kabupaten Samosir. Hal ini membuat Bupati Samosir Vandiko dinilai memiliki pemahaman yang dangkal tentang keberadaan media massa, sebagai mitra pemerintah dan media fungsinya sebagai wadah sosial kontrol.

Hal itu ditandai dengan tindakan kepala daerah itu, yang menandatangani undangan kepada media. "Ada beredar undangan Bupati Samosir hanya untuk 2 media," sebut Pj Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Hotman Siagian, kepada wartawan di Panguguran Samosir, Jumat (25/11/2022).

Hotman Siagian menegaskan, Bupati Samosir Vandiko Timotius perlu belajar tentang regulasi tentang media yang terverifikasi atau legalitas perusahaan dan kompetensi wartawan. 

Undangan yang ditandatangani Bupati Samosir itu, menuai kontroversi dari kalangan jurnalis. "Tak paham Bupati Vandiko Timotius Gultom ini dengan regulasi pers," katanya.

Selanjutnya Hotman Siagian menegaskan, agar Dinas Kominfo Kabupaten Samosir lebih pro aktif. "Sebagai mitra jurnalis pemerintah yang lining sektornya di Dinas Kominfo, Kadisnya harus lebih bijaksana," kata Hotman Siagian. 

Hotman Siagian juga menegaskan, agar persoalan ini tidak berkepanjangan, Bupati Samosir harus memberikan penjelasan resmi. "Ini harus dijelaskan secara transparan, ada apa dengan kejadian ini?" kata dia serius. 

Di sisi lain, anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bona Pasogit, Robin Nainggolan menyerukan, agar jurnalis di Samosir bersatu melawan ketidakadilan kepada pelaku media.

"Kita harus serius dalam hal ini, tindakan Bupati Samosir itu sudah mengkotak-kotak para pelaku media," ujarnya. 

Menurutnya, tindakan itu akan memecah belah komunitas pers yang bertugas di Kabupaten Samosir. "Kita harus klarifikasi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom," ujarnya.

Untuk diketahui, beredar undangan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom untuk mengadakan rapat pada Senin (28/11/2022) terkait persiapan Nataru. Pada poin 21 dan 22, ada disebut Pimpinan Umum Green Berita Media dan Redaksi  Samosir Tivi.

"Dua media itu sudah dikontrak, sehingga setiap kegiatan bupati yang tidak bermutu ditayang hanya pencitraan dan merilis ke WA group sebanyak-banyaknya agar dapat uang rilis khususnya yang dua media itu. Begitu juga kadis Kominfo Pemkab Samosir tugasnya hanya men share kegiatan bupati, hanya yang ke toilet aja yang tidak di share," ujar salah seorang pejabat di Samosir kepada Matra saat mengkonfirmasi soal undangan Bupati Samosir kepada dua media. (BS-Red)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments