. Keluarga Samuel Hutabarat-Rosti Simanjuntak Minta Kejujuran Para Terdakwa di Sidang Kasus Sambo CS | BeritaSimalungun
Home » , » Keluarga Samuel Hutabarat-Rosti Simanjuntak Minta Kejujuran Para Terdakwa di Sidang Kasus Sambo CS

Keluarga Samuel Hutabarat-Rosti Simanjuntak Minta Kejujuran Para Terdakwa di Sidang Kasus Sambo CS

Written By Beritasimalungun on Thursday, 3 November 2022 | 11:01

Keluarga Samuel Hutabarat-Rosti Simanjuntak Telah Memaafkan Para Pelaku Pembunuh Anaknya Yosua Hutabarat




Jambi, BS-Kami telah memaafkan para pelaku yang merenggut nyawa anak Saya Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat. Tapi negara kita negara hukum, dan proses hukum kepada para terdakwa harus berjalan dengan keadilan. Tangisan-tangisan Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak, orangtua Yosua Hutabarat di persidangan, telah memaafkan para terdakwa. 

Namun kejujuran para terdakwa tetap dinanti keluarga Samuel Hutabarat untuk mengungkap motif apa sebenarnya para terdakwa tega menghabisi nyawa Yosua Hutabarat dengan sadis. Para Hakim dan JPU, Pengacara pada sidang ini kiranya berdiri pada keadilan dalam mengambil kesimpulan.  

Keluarga Samuel Hutabarat, Rosti Simanjuntak, Rohani Simanjuntak, Oslin Emika Simanjuntak, Vera Simanjuntak, Reza Hutabarat dan dua kakak perempuan Reza telah bersaksi di persidangan kasus Ferdy Sambo dua kali Selasa 25 Oktober 2022 dan Rabu 2 November 2022. Mereka jadi saksi terdakwa Sambo, Putri, RR dan Kuat Ma’aruf.

Keluarga Almarhum Brigpol Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta kepada seluruh terdakwa berkata jujur agar proses persidangan segera tuntas. Terlebih Rosti Simanjuntak, Ibunda Yosua dengan menangis histeris meminta kepada Kuat Ma’ruf berkata jujur, tidak hanya sekedar minta maaf. 

Dalam menjalani proses persidangan di PN Jakarta Selatan, keluarga Samuel Hutabarat mendapat perhatian dari Tim Penasehat Hukum seperti Kamaruddin H Simanjuntak CS dan Irma Hutabarat. Tidak hanya mereka, masyarakat Batak di Jakarta juga memberikan dukungan. 

Perempuan-perempuan Batak pemberani dari Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi seperti Rohani Simanjuntak, Roslin Emika Simanjuntak, Rosti Simanjuntak mendapat dukungan moral lewat media sosial kepada mereka. Keberanian perempuan ini, menjadi pintu utama terungkapnya kasus pembunuhan kepada Yosua Hutabarat. 

Selain itu, perjuangan dan keberanian Penasehat Hukum keluarga Samuel Hutabarat seperti Kamaruddin Hutabarat dan Tim mengantarkan kasus pembunuhan berencana ini ke meja sidang dengan menyeret para terdakwa seperti FS, Putri, RR, Richard Eliezer dan Kuat Ma’ruf.

Dalam persidangan, Rohani Simanjuntak menceritakan bagaimana ia memperjuangkan kasus pembunuhan Brigadir Yosua agar dapat terekspos oleh media.

Hal itu diungkap Rohani ketika menjadi saksi di sidang dengan terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Maruf di PN Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2022).

Menurutnya, ia berusaha untuk menghubungi beberapa wartawan agar dapat menceritakan kasus pembunuhan yang dilakuan oleh Ferdy Sambo tersebut.

"Kami berusaha memanggil media, telepon media, saya telepon media dari pemuda batak bersatu," kata Rohani. Rohani pun sempat memposting kasus pembunuhan Brigadir Yosua di media sosial miliknya.

Sementra adik kandung almarhum Brigadir Yosua, Mahareza Rizky Hutabarat  mengatakan, setelah Yosua dimakamkan, dirinya sempat menghubungi beberapa ajudan Ferdy Sambo termasuk Putri Candrawati melalui pesan whatsapp dan telepon. 

Namun tak satupun dari mereka yang merespons pesan dan telepon Rizky. Saat itu Rizky berkesimpulan nomornya diblok.

Sedangkan Ibunda Brigadir Yosua, Rosti Simanjuntak terlihat emosi saat menjawab pertanyaan Kuasa Hukum Ferdi Sambo Dan Putri Candrawati. 

Rosti Simanjuntak selalu meminta alat komunikasi, seperti telepon selular dan laptop putranya dikembalikan saat menjawab pertanyaan seputar komunikasi antara dirinya dan almarhum Brigadir Yosua.

Memaafkan

Rosti Simanjuntak tumpah saat membalas permintaan maaf yang sudah disampaikan Kuat Maruf dan Ricky Rizal, Selasa (2/11/2022). Rosti Simanjuntak mengingatkan agar Kuat dan Ricky untuk jujur dalam memberikan pengakuan.

Rosti Simanjuntak juga menyebut bahwa mereka merupakan gerombolan di rumah Ferdy Sambo menghabisi anaknya secara sadis. "Kejahatan apa yang kalian tutupi disini bersama atasanmu itu,"ujar Rosti Simanjuntak.

Hal ini disampaikan Rosti Simanjuntak saat sidang pemeriksaan saksi Kuat Maruf dan Ricky Rizal di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu (2/11/2022).

Sidang kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kembali berlanjut, Rabu (2/11/2022). Sidang mendengarkan keterangan saksi untuk terdakwa Ricky Rizal dan Kuat Maruf.

Ada 12 orang saksi yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum hari ini, seluruh saksi yang dihadirkan merupakan keluarga dan orang dekat Yosua.

Karena saksi sudah pernah memberikan keterangan di persidangan sebelumnya, maka sidang Ricky Rizal dan Kuat Maruf digabungkan.

Saat menjalani agenda pemeriksaan saksi keluarga Yosua, sambil menangis terdakwa Kuat Ma'ruf mengucapkan duka cita atas meninggalnya Yosua dan menyebut tak ada niat seperti yang didakwakan penuntut umum.

Seperti Kuat, terdakwa Ricky Rizal juga memohon keluarga Yosua memaafkan kebodohannya dan berbelasungkawa atas hilangnya nyawa Brigadir Yosua.

Menanggapi permintaan maaf terdakwa, Rosti Simanjuntak ibu Almarhum Yosua Hutabarat sebut  terdakwa Kuat Maruf dan Ricky tak punya hati nurani karena membiarkan Yosua tewas dalam skenario yang dibuat Ferdy Sambo. Rosti juga meminta Kuat dan Ricky berkata jujur di persidangan.

Didalam menghadiri persidangan di PN Jakarta Selatan, keluarga Samuel Hutabarat menyempatkan diri bercengkrama dengan orang-orang yang simpatik kepada mereka. 

Berikut ini potret gambar mereka selama di Jakarta yang dibagikan Roslin Emika lewat sosial media (FB). 

“Kebersamaan bersama tim pengacara dan keluarga serta saudara-saudara yang mendukung keluarga kami. Rehat sejenak untuk refleks,” tulis Roslin Emika, Rabu (2/11/2022).

Kemudian Heidy Rezky Situmeang bersama Rusmida Lumbantoruan dan Roslin Emika menuliskan, selesai sidang hari ini kami (Amang inang simatua dan 3 borpay) bertemu inang Roslin Emika yang bertepatan ulang tahun ke 48 Tahun. Selamat ulang tahun inang. panjang umur sehat selalu. Menjadi berkat untuk banyak orang. Amin untuk semua harapan dan keinginan inang. Tuhan Memberkati.

“Puji Tuhan sidang kesaksian berjalan dengan baik. Semua karena doa saudara-saudara. Semoga kedepannya keadilan kita dapatkan. Selesai sidang dapat kejutan dari maenku Heidy Rezky Situmeang. Terimakasih atas kunjungan dan surprise nya maenku dan cucu-cucu borpay cantik ku, kakak ku dan hahadoli yang datang dari Sidikalang, serta paraman-paramaanku. Tuhan ku sangat baik indah pada waktunya,” tulis Roslin Emika Simanjuntak.

“Mohon doanya ya saudara hari ini sidang saksi untuk RR dan Kuat. Semoga persidangan hari ini berjalan dengan baik oleh pertolongan Tuhan #justicefor brigadiry,” tulis Roslin Emika Simanjuntak.

“Puji Tuhan sidang kesaksian untuk terdakwa FS dan PC berjalan dengan baik. Terimakasih buat keluarga dan masyarakat Indonesia yang mendukung dan mendoakan persidangan hari ini. Hula-hula  Simanjuntak datang kepersidangan untuk mensupport kami,” ujar Roslin Emika Simanjuntak.

Roslin Emika juga menuliskan, “mohon doanya ya saudara-saudari, hari ini sidang saksi untuk terdakwa PC dan FS, Senin (31/10/2022).

Sementara Vera Simanjuntak kerap dijodoh-jodohkan dengan Mahareza Rizky Hutabarat (Reza Hutabarat). Kekasih mendiang Brigadir Yosua Hutabarat itu pun buka suara soal penjodohan itu. Sebelumnya, sering terlihat kedekatan antara Vera Simanjuntak dengan Reza Hutabarat, adik mendiang Brigadir Yosua Hutabarat. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

BERITA LAIN II