Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Serba Serbi Pesta Kristus Raja di Paroki Katolik Saribudolok, Ada Perlombaan Koor Etnik Simalungun


Saribudolok, BS
-Gereja Katolik Paroki St Fransiskus Assisi Saribudolok memeriahkan perayaan Pesta Kristus Raja Semesta Alam sebagai penutup Tahun Liturgi 2022 di Lapangan Gereja Paroki St Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Minggu (20/11/2022).

Selain Ibadah, Perayaan Pesta Kristus Raja Paroki Saribudolok dirangkai dengan lomba Koor dengan irama musik khas Simalungun (gondrang) yang di ikuti oleh Jemaat dari Lingkungan dan stasi se-Paroki Saribudolok. Perayaan Pesta Kristus Raja, di mulai dengan Ibadah Ekaristi. Koor yang dilombakan adalah Ciptaan Pastor Angelo Purba.

Berikut ini Hasudungan Siallagan mendokumentasikan Serba Serbi Pesta KRISTUS RAJA di Saribu Dolok, Silimakuta, Simalungun, Minggu (20/11/2022).

Keadaan Umat

Seiring dengan perjalanan waktu, Paroki Saribudolok pun menunjukkan pertumbuhan jumlah umat yang amat signifikan. Terdata, per 31 Desember 2013 lalu Paroki Saribudolok telah berjumlah 46 stasi dan 5 persiapan stasi (Mardingding 31 kk, Hoppoan (18 kk), Sinar Baru (20 kk), Gaja Pokki, 18 kk). Jadi praktisnya, Paroki Saribudolok ada 51 stasi. Dengan jumlah umat seluruhnya 30.553 jiwa.

Secara Rayon, Paroki Saribudolok terdiri dari 6 Rayon: Rayon Saribudolok ada 9 stasi (Saribudolok, Bandar Hinalang, Purba Hinalang, Banua, Purba Tua, Huta Tinggir, Jandimariah, Huta Saing dan Silaumerawan).

Selanjutnya Rayon Tongging: 6 stasi (Soping, Baluhut, Sibolangit, Tongging, Kodon-kodon dan Paropo); Rayon Garingging: 7 stasi (Tiga Raja, Situnggaling, Pansur Batu, Pertibi Lama, Pertibi Tembe, Garingging dan Nagara); Rayon Harang Gaol.

Kemudian 6 stasi (Purba Saribu, Harang Gaol, Halaotan, Salbe, Gaol dan Nagori Purba); Rayon Tiga Runggu: 9 stasi (Tiga Runggu, Naga Pane, Purba Tongah, Pematang Purba, Huta Raja, Saribujandi, Bulumaganjang dan Sipolin, Bagot Raja ); Rayon Saran Padang: 9 stasi (Panribuan, Panribuan Jahen, Perasmian, Saran Padang, Sindar Dolog, Gunung Panribuan, Gunung Meriah, Dolog Mariah, dan Marjandi Pematang). Dengan jumlah umat seluruhnya 30. 553 jiwa. (BS-AsenkLeeSaragih)

Berikut ini Hasudungan Siallagan mendokumentasikan Serba Serbi Pesta KRISTUS RAJA di Saribu Dolok, Silimakuta, Simalungun, Minggu (20/11/2022).






















































Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments