. Jelang Ops Lilin Toba 2022 Kapolres Simalungun Dampingi Kunjungan Kapolda Sumut Cek Jalur Alternatif TOL Sinaksak | BeritaSimalungun
Home » , , » Jelang Ops Lilin Toba 2022 Kapolres Simalungun Dampingi Kunjungan Kapolda Sumut Cek Jalur Alternatif TOL Sinaksak

Jelang Ops Lilin Toba 2022 Kapolres Simalungun Dampingi Kunjungan Kapolda Sumut Cek Jalur Alternatif TOL Sinaksak

Written By Beritasimalungun on Monday, 19 December 2022 | 19:56

Jelang Ops Lilin Toba 2022 Kapolres Simalungun Dampingi Kunjungan Kapolda Sumut Cek Jalur Alternatif TOL Sinaksak. (IST)

Simalungun, BS- Menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022 Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si., melaksanakan pengecekan jalur Alternatif TOL Sinaksak-Dolok Merawan dengan didampingi Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, SH SIK MH di Jlan Lintas Sumatera, Senin(19/12/2022).

Irjen Panca mengatakan "Hari ini Saya datang ke TOL Sinaksak menuju Dolok Merawan, Saya sudah melihat dari atas dan ini adalah jalur yang akan kita gunakan untuk mengantisipasi kepadatan dan kondisi kemacetan lalu lintas apabila terjadi kemacetan dan kepadatan dari jalan lama yang digunakan yaitu jalan Nasioanl, mulai dari arah dolok marawan sampai menuju siantar atau sebaliknya.

Karena selama ini jalan yang lama itu tidak memiliki jalur alternatif lain, "Alhamdulilah sekarang kondisi pelaksanaan pengerjaan proyek jaln TOL ini sudah lebih baik kondisi jalannya dan kita kemarin sudah membahas hal ini bersama kementrian termasuk dengan pihak pengelolah Proyek," kata  Kapolda Sumut.

Lebih lanjut Kapolda Sumatera Utara berharap hal ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacatan dan kepadatan ketika terjadi antrian di jalan nasional dolok marwan sampai dengan Siantar.

"Makanya kita datang, Saya melihat dan berkomunukasi apa yang harus kita persiapkan untuk supaya kalau ini nanti digunakan masyarakat tidak mengalami kecelakaan bisa jelasa dan terlayani dengan baik, hari ini kondisinya sudah lebih baik," ujarnya.

"Saya berharap ini akan ditindak lanjuti dengan persiapan-persiapan termasuk juga gladi yang jelas kita akan memberikan rambu-rambu kapan ini akan digunakan, termasuk juga saya bersama dengan Kepala Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara dan Balai Jalan Dari Kementrian PUPR sudah melakukan pengecekan Jalan-jalan di Wilayah Provinsi Sumatera Utara," katanya.
"Kita mengetahui bahwa kondisi jalan di Sumateta Utara adalah jalan yang terpanjang. Masyarakat akan banyak menggunakan jalan ini pada saat Natal dan Tahun Batu. Kita pastikan seperti apa yang sudah saya bicarakan bahwa kita akan melakukan pengecekan, dan saya juga berharap kondisi jalan yang rusak bisa diperbaiki segera dalam waktu sampai dengan kita akan melaksanakan Operasi Lilin Toba 2022, yang dimulai pada tanggal 23 Desember 2022 sesuai dengan perintah dari Mabes Polri untuk mengamankan Masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2023," jelas Kapolda Sumut.

"Kita semua turun kelapangan para Kepala Daerah, pastikan semua kondisi jalan itu bisa baik, kalau kondisi jalan bisa baik maka masyarakat bisa lancar untuk merayakan Natal dan Tahun Baru, ini merupakan pelayanan kita kepada masyarakat yang menjadi tanggung jawab kita bersama," katanya.

Kata Kapolda Sumut, ini adalah Operasi Kemanusiaan atas dasar kerjasama seluruh Kementrian dan lembaga, "Polri menepatkan tiga jenis Pos, yang pertama adalah Pos Pengamanan yang digunakan untuk mengamankan gereja, pasar mal-mal dan tempat-tempat keramayain.

"Lalu  yang kedua Pos Pelayanaan yang akan dibangun dispanjang jalur jalan yang akan dilewati oleh masyarakat, dijalan raya termasuk di jalan Tol ini kita akan tempatkan Pos Pelayanan, dan terakhir adalah Pos Terpadu yang akan ditetapkan dengan diisi oleh seluruh pihak yang kaitannya dengan pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022, " tandas Kapolda Sumut Irjen Panca.

Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si., hadir bersama Kepala BIN Brigjen TNI Asep Jauhari Puja., dan Dir Samapta Polda Sumut Kombes Pol Drs. Bambang Sigit Priyono, M.Si., Dir Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Cornelius Wisnu Adji Pamungkas.

Kapolda melaksanakan peninjauan bersama Kepala Dinas Bina Marga Bina Kontruksi (BMBK) Provinsi Sumatera Utara Bambang Pardede., Penanggung Jawab Proyek PT.Hutama Marga Waskita, Bapak Imam Juni, dkk, Penanggung Jawab Proyek PT.Hutama Karya (HK)., Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN SU)., Dinas PUPR Provsu dan Simalungun.

Tampak hadir Forkopimda Pemerintah Kabupaten Simalungun mendampingi Kapolda yaitu Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH., Ketua DPRD Simalungun Timbul J.Sibarani., Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., Sekertaris Daerah Kab.Simalungun Drs. Esron Sinaga, M.Si., Kasdim Kodim 0207 Simalungun Mayor Inf. Margana.

Pesonel Polres Simalungun yang mengikuti kegiatan Kabag Ops Polres Simalungun AKP Kristo Tamba, S.H., S.I.K., M.I.K., Danki Brimob Kompi 2 Yon B AKP Ghafur Hidayat, S.I.K, M.H., Kasat Narkoba Polres Simalungun AKP Adi Haryono, SH., Kasat Samapta Polres Simalungun AKP P. Butar-butar, SH., Kasat Lantas Polres Simalungun AKP M. Haris., Sihite, S.E., Personel Polres yang melaksanakan Pengamanan.
Peserta yang hadir dalam kegiatan Walikota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani Sp.A. Kapolres Pematangsiantar AKBP Fernando, S.I.K., S.H., Kapolres Tebing Tinggi AKBP Mochamad Kunto Wibisono, S.H., S.IK., M.Si. Korspri Polda Sumatera Utara Kompol Ina., Dinas Perhubungan Simalungun.

Rombongan Bapak Kapoldasu Tiba di Jalur TOL Sinaksak Dolok Marawan sekira Pkl.13.40 WIB., dengan dilanjutkan melaksanakan kegiatan pemantau dari udara sebelumnya.

Kapolda Sumatera Utara juga melakukan diskusi dengan Para Stake Holder dan Pemerintah Setempat guna pemanfaatan Jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan selama Pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2022 dengan Cara Bertindak melihat Situasi Kontijensi Kendaraan yang melintasi dari arah Kota Medan menuju Kabupaten Simalungun ataupun sebaliknya. 

Pemanfaatan Jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan akan dilakukan pengawasan dengan ketat oleh Kasawit yang memilili lintasan jalur, dan tetap berkordinasi dengan pihak pengellolah.

Wadirlantas Polda Sumut memiliki tanggung jawab untuk melakukan Pengawasan serta sistem rekayasa arus lalu lintas dengan pengawalan kendaraan yang memasuki jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan dengan mempedomani kecepatan jarak aman mengingat Jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan dalam kategori belum siap, dikhawatirkan dapat berakibat rawan laka. 

Pihak pengelolah Jalan Tol akan menyiapkan Tolo-tolo(Kun), Himbauan, serta Scotlight guna menjadi pedomanan masyarakat yang melintasi Jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan untuk tetap aman dan terhindar laka lantas. (BS-Red)












Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

BERITA LAIN II