Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sukses Marsombuh Sihol PMS Tebingtinggi, Dihadiri Gubernur Sumatera Utara

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi disambut dengan Tor Tor Dihar saat menghadiri Marsombuh Sihol (Melepas Rindu) dan Pagelaran Budaya Simalungun yang digelar DPC PMS Tebingtinggi, Sabtu (3/12/2022) sore di GOR Asber Nasution, di Jalan Gunung Leuser, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan. (IST/SIB)

Tebingtinggi, BS- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kota Tebingtinggi menggelar acara Marsombuh Sihol (Melepas Rindu) dan Pagelaran Budaya Simalungun, Sabtu (3/12/2022) sore di GOR Asber Nasution, di Jalan Gunung Leuser, Kelurahan Tanjung Marulak, Kecamatan Rambutan, Kota Tebing Tinggi berlangsung meriah, Sabtu (3/12/2022) sore.

Kegiatan Seni Budaya “Marsombuh Sihol” dan Pagelaran Budaya Simalungun yang diselenggarakan DPC PMS Kota Tebingtinggi berjalan sukses. Acara ini dihadiri Ketua Umum PMS Marsiaman Saragih SH, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Edy Rahmayadi, anggota DPRD Sumut Delpin Barus, mantan anggota DPD RI Parlindungan Purba, Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi SSos MTP, Kapolres Tebing Tinggi AKBP M Kunto Wibisono, Danramil 13 TT Kapten Inf Yudi Gurning, Ketua PMS Tebingtinggi Iman Irdian Saragih, Kadis Pendidikan Idham Khalid Daulay, Kadis Damkar dan Penyelamatan Halim Purba, serta seluruh tokoh adat dan masyarakat etnis Simalungun.

Kemudian Utusan Wali Kota Siantar, Kumpulan Marga Sinaga, Danramil 13/Tebing Tinggi Kapten Inf Yudi Gurning, Ketua PMS Tebing Tinggi Iman Irdian Saragih, Kadis Pendidikan Idham Khalid Daulay, Kadis Damkar dan Penyelamatan Halim Purba, Kadis Lingkungan Hidup (LH) Hasbie Damanik serta seluruh tokoh adat dan masyarakat Etnis Simalungun termasuk mantan Pj Wali Kota Drs. H. Eddy Sofyan Purba MAP. 

Gubsu H Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan kegiatan Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun yang diselenggarakan DPC PMS Kota Tebing Tinggi sangatlah bagus dan patut terus dilestarikan.

“Keragaman seni budaya harus terus dilestarikan. Kedepan, kesenian daerah akan digelar se-Sumatera Utara,” katanya.

Seusai memberi sambutan, Gubsu H Edy Rahmayadi langsung dipakaikan pakaian adat Simalungun yang bernama, “Gotong dan Suri-suri” oleh Ketua Umum PMS, Marsiaman Saragih.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Tebing Tinggi, Muhammad Dimiyathi mengucapkan selamat atas terselenggaranya Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun.

“Kegiatan ini bentuk silahturahmi di keluarga besar Ethis Simalungun. Pemko Tebingtinggi memberikan dukungan terhadap kegiatan pelestarian budaya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PMS Kota Tebing Tinggi, Iman Irdian Saragih, SE mengucapkan terimakasih kepada bapak Gubsu, H Edy Rahmayadi karena mau hadir di acara Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun ini.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Gubsu yang telah hadir. Kegiatan Marsombuh Sihol dan Pagelaran Seni Budaya Simalungun ini diperuntukkan untuk generasi muda Simalungun di Kota Tebing Tinggi, karena saya tidak ingin mereka melupakan budaya,” kata Iman Irdian Saragih.

Ketua Panitia, Dra. Edi Ruswanto Sinaga didampingi Sekretaris Arwin HP Silangit menambahkan kegiatan ini dihadiri 1500 warga dari 5 Kecamatan yang ada di Kota Tebing Tinggi dan undangan dari DPC PMS Siantar, Simalungun dan Batu Bara serta ada juga dari Juriat Kerajaan Padang serta Melayu.

Ketua Umum PMS Marsiaman Saragih SH mengapresiasi pelaksanaan “Marsombuh Sihol” yang dilaksanakan DPC PMS Tebingtinggi bisa berjalan dengan baik dengan kehadiran masyarakat Simalungun yang ada di Tebingtinggi. (Berbagaisumber/AsenkLee)











Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments