Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Menjemput Damai Dalam Perayaan NATARU di-HBSK


Menjemput Damai Dalam  Perayaan NATARU di-HBSK.

Oleh: EL-yamen d/h ESS

BS-Suku Simalungun, salah satu etnis yang ada di Sumatra Utara. Seperti daerah lainnya, keberagaman agama juga eksis dan tumbuh di-Simalungun. Salah satunya agama Katolik mewarnai kabupaten Simalungun yang terkenal dengan slogan Habonaran do Bona. 

Dilansir dari  Wikipedia Depdagri  2021, jumlah penganut Agama Katolik di-Simalungun hanya 5,64 % dari jumlah penduduk Simalungun berjumlah 1.038,120 jiwa.

Kerinduan membentuk Wadah Simalungun yang beragama Katolik tahun 2018-2019-pun muncul. Beberapa tokoh Simalungun cukup senior dan muda menggagas hadirnya sebuah wadah dan dibentuk  dengan sebutan Harungguan Bolon Simalungun Katolik disingkat HBSK.

Di-deklarasi di-Bulan Desember 2019 di Hotel Santika Bekasi..hadirnya HBSK yang semula IKKS (Ikatan Keluarga Katolik Simalungun) cukup direspon umat Katolik Simalungun yang ada di Jabodetabek. Kabar HBSK dibentuk  terdengar sampai ke Tanah Simalungun.
Usai Deklarasi tahun 2019, Pandemi Februari 2020 tanpa diundang datang. Praktis sejak HBSK dibentuk, kegiatan HBSK pun vakum. Teknologi Zoom dan sejenisnya  jadi alat bantu, pengurus bisa saling komunikasi bagaimana memajukan dan mensosialisasikan wadah baru ini.

Kabar Pandemi sudah melandai dan PPKM dicabut oleh Pemerintah, Pengurus HBSK dan jajarannya memanfaatkan momentum ini. 

Ide kreatif  mengadakan Perayaan NATAL Dan TAHUN BARU (NATARU HBSK) pun timbul dan dilangsungkan Minggu, 22 Januari 2023 di Gedung Jambur Silima Cibubur. Moment ini juga terdengar oleh Bupati Simalungun St Radiapoh Sinaga, SH.MH. 

Dia mengirimkan papan bunga atas dukungan acara itu. Tak lupa, papan bunga dari tokoh muda Simalungun Tuahta Aloysius Saragih, SH, LLM juga ada. Saya sempat berbincang dengan Sanina ini.

Mengambil Thema MARHASADAON IBAGAS TORUHNI UHUR Masyarakat Simalungun yang beragama Katolik di-Jabodetabek cukup antusias hadir kurang lebih 500 umat menghadiri NATARU perdana HBSK.

Suasana NATARU jadi obat melepas rindu, setelah sekian lama terbelenggu akibat pandemi. MISA perayaan NATARU HBSK dipimpin oleh Pastor Petrus Sidabalok, OMI. Pastor Petrus dalam bagian  Homilinya mengatakan agar HBSK mampu "menjala" manusia seperti Petrus dari Penjala Ikan menjadi penjala manusia.

Usai Misa, seperti lazimnya acara di-Simalungun, Manorduk Dayok Nabinatur, Manortor bersama, bernyanyi bersama, makan bersama mengisi bagian acara yang tidak bisa dipisahkan. 
Menjemput Damai Dalam  Perayaan NATARU di-HBSK.

Turut hadir dalam acara Nataru HBSK: Irjen Mendikbud: Inang DR Chatarina br Girsang, Kadis Damkar Bogor Samson Purba, Dansat Brimob Polda Sultra Kombes Pol.A.Sinaga, SIK.M.Hum, Wartawan Senior The Jakarta Post Kornelius Purba  dan para sesepuh Halak Simalungun Katolik yang ada di-Jabodetabek.

Tidak ada acara yang sempurna, ia seperti Gading yang tidak ada retak. Nataru HBSK minggu kemarin sudah cukup prima. Bagian acara itu: Pengurus Baru HBSK 2023-2026 dikukuhkan oleh Penasehat HBSK Bapak IR TITUS PURBA dan jajarannya.

Ketum HBSK: BAPAK KOLONEL TNI (Purn) AP DAMANIK.(in-absentia) 
Wakil Ketua Bapak Sion Purba 
Sekjen: NICK SARAGIH.
Bendahara : Inang R br Purba. (***)

Selamat atas terselenggaranya  Perayaan perdana NATARU HBSK 2023 di-Jambur Silima Cibubur.

Selamat atas terselenggaranya  Perayaan perdana NATARU HBSK 2023 di-Jambur Silima Cibubur.

Selamat atas terselenggaranya  Perayaan perdana NATARU HBSK 2023 di-Jambur Silima Cibubur.




Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments