. Pelaksanaan Pesta Bona Tahun Tuppuan Purba Pakpak Jambi 2023 Berjalan Sukses | BeritaSimalungun
Home » » Pelaksanaan Pesta Bona Tahun Tuppuan Purba Pakpak Jambi 2023 Berjalan Sukses

Pelaksanaan Pesta Bona Tahun Tuppuan Purba Pakpak Jambi 2023 Berjalan Sukses

Written By Beritasimalungun on Sunday, 22 January 2023 | 05:57

Penerima Hadiah Utama I Kel St Salmen Purba/ Br Simarmata. (Fot By: Ezer Twopama Manihuruk)

KLIK: Galeri Foto Serbi Pesta Bona Tahun TP3BP Jambi Sabtu 21 Januari 2023

Jambi, BS- Tradisi Budaya Etnis Batak, khususnya Batak Simalungun tetap diabadikan hingga ke tanah Melayu Kota Jambi. Acara Pesta Bona Tahun (Pesta Awal Tahun) merupakan salah satunya yang kerap dilaksanakan kumpulan marga-marga di Kota Jambi. 

Manortor (menari) bersama pada Pesta Bona Tahun juga menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Kota Jambi, khususnya kumpulan kerabat marga Purba Pakpak Jambi. Pesta Bona Tahun ini sudah merupakan kewajiban bagi setiap perkumpulan marga-marga disetiap awal tahun sebagai ajang silaturahmi.

Hal itu juga yang ditunjukkan Tumpuan (Kumpulan Kerabat) Marga Purba Pakpak, Boru, Panagolan (TP3BP) se Kota Jambi sekitarnya di Gedung Sopo Godang HKBP Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu (21/1/2023). Pesta Bona Tahun TP3BP Kota Jambi sekitarnya dihadiri sebanyak 143 kepala keluarga (KK) atau sekitar 574 jiwa dari sekitar 170 KK Anggota TP3BP Kota Jambi Tahun 2023. Juga dihadiri 10 KK anggota baru.  

Merajut “holong” (kasih) di Pesta Bona Tahun TP3BP Kota Jambi sekitarnya cukup meriah dan bersahaja. Tradisi budaya Batak ini semakin kokoh dan abadi di tanah perantauan. Pesta Bona Tahun TP3BP Kota Jambi sekitarnya ini juga sebagai ajang silaturahmi kekerabatan kepedulian sesama di Kota Jambi.


Susunan acara di Pesta Bona Tahun TP3BP Kota Jambi sekitarnya 2023 ini meliputi Ibadah, makan bersama, Pesta Bona Tahun. Pesta Bona Tahun TP3BP Jambi mengambil Tema: "Halani Ai Parayak Hita Ma Napadameihon Ampa Na Patorsa-Torsahon Hita Samah Hita!". (Rom 14 : 19) dan Subtema: “Pindahi Hita Ma Horja Napamalaskon Uhurni Tuhan In, Aima Totap Ibagas Hasadaon,               Anjaha Gok Damei Ma Paruhuranta, Marsiurupan  Bani Ganup Horja Namadear”.

Pesta Bona Tahun diawali dengan Ibadah dengan Kotbah oleh St DR Andi Openta Purba/ Br Sinaga, Votum Liturgis St Ir VM Purba, Doding (Nyayian) St E Br Sitopu MPd, Organis St Friston R Sinaga SPd, Doa Syafaat St SA Purba, Singers Inang Junitha Munthe SH, Inang Risma Br Sitopu dan Inang Erpida Hutasoit.  

Inti Kotbahnya St DR Andi Openta Purba mengajak seluruh Anggota TP3BP Kota Jambi untuk tidak takut dan kwatir dalam menjalankan kehidupan sehari-hari walau melawan rintangan. “Jadikanlah Tuhan sebagai sumber kekuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari serta selalu berseru Kepada Tuhan dalam setiap pergumulan,” ucapnya saat Kotbah.

Dia juga menekankan makna dari Tema: "Halani Ai Parayak Hita Ma Napadameihon Ampa Na Patorsa-Torsahon Hita Samah Hita!", (Rom 14 : 19) dalam kumpulan Purba Pakpak (TP3BP Kota Jambi sekitarnya).  
Ny St RK Purba Br Sitepu pada suasana “manortor” di Pesta Bona Tahun Tuppuan Purba Pakpak, Boru, Panagolan (TP3BP) se Kota Jambi sekitarnya di Gedung Sopo Godang HKBP Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu 21 Januari 2023. Foto Asenk Lee Saragih.

Sebelum santap siang bersama, juga dilakukan pemberian makanan khas Adat Simalungun “Dayok Binatur” kepada Penasehat, Tondong Purba Pakpak, Pengurus, Boru, Panagolan, Komisari dan Panitia.

Pesta Bona Tahun dirangkai dalam 14 poin yakni Pengantar Protokol Bp Jhonfrianto Purba/ Br Simanjuntak dan St JB Sitopu, Laporan Panitia, laporan Pengurus Tuppuan dilanjutkan dengan “Manortor”.

Diawali dengan Tortor Penasehat Tumpuan, Tortor Pengurus, Tortor Komisaris, Tortor Tondong Purba Pakpak na Marsanina, Tortor Hela/Boru Purba Pakpak, Tortor Panagolan Purba Pakpak (Laki-laki), Tortor Panagolan Purba Pakpak (Wanita), Penerimaan Anggota Baru, Tortor Niombah (Anak-anak) Purba Pakpak, Laporan Keuangan Sementara Panitia Pesta Bona Tahun TP3BP Jambi 2023, Doa Penutup.

Pesta Bona Tahun dilakukan pengumpulan dana untuk kas kumpulan melalui “Tortor”. Perayaan Pesta Bona tahun tersebut cukup bersahaja dan menjalin kepedulian sesama. Pada kesempatan itu juga diadakan penerimaan anggota baru. 

Rangkaian Tortor juga diselingi dengan penarikan hadiah kupon dooprize yang telah disiapkan oleh Panitia. Panitia juga mengadakan hadiah undian utama sesuai daftar hadir berupa 1 Mesin Cuci, kompor gas, sembako, karpet, bingkat Foto Istana Raja Purba Pakpak, dan hadiah beragam lainnya.

Ketua Umum TP3BP Jambi DR Andi Openta Purba/br Sinaga mengatakan, Pesta Bona Tahun TP3BP Kota Jambi merupakan budaya Batak Simalungun yang harus dilestarikan.

“Kalau di kampung halaman, pesta ini jarang ada. Ini hanya banyak di tanah perantauan. Kumpulan marga mampu mempersatukan orang Batak di tanah rantau dari berbagai kampung asal usul di Sumatera Utara. Kumpulan marga, adalah aset budaya Batak yang harus dilestarikan sebagai kekayaan Budaya Indonesia,” kata St A Purba.

Menurutnya, Pesta Bona Tahun Purba Pakpak ini sebagai wujud kasih antar anggota kumpulan untuk saling peduli satu dengan yang lain. Kepedulian sosial merupakan tujuan dari kumpulan marga tersebut supaya sesama anggota terus terjalin hubungan timbal balik dalam kasih.

Pesan Penasehat

Sementara pesan Penasehat TP3BP Jambi St Salmen Purba/ Br Simarmata mengajak orang Simalungun yang ada di Provinsi Jambi untuk percaya diri dalam hidup bermasyarakat. Orang Simalungun di Provinsi Jambi tak lagi menjadi tamu namun sudah menjadi tuan rumah di Provinsi Jambi.

Pada awalnya orang Simalungun, khususnya Marga Purba Pakpak di Provinsi Jambi datang dengan berbagai latar belakang profesi dan kehidupan sosial yang beragam. Mulai dari buruh, berkebun, pegawai, TNI, Polri, Pengusaha dan berbagai profesi lainnya. 

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh Anggota Tumpuan Purba Pakpak, Boru, Panagolan  se Kota Jambi yang terus membangun kebersamaan dalam tuppuan. Juga kepada pengurus yang telah menjalankan kegiatan Tumpuan Purba Pakpak selama ini. Semoga Tumpuan Purba Pakpak se Kota Jambi sekitarnya semakin bersatu padu dan saling tolong menolong dalam suka dan duka,” ujar St Salmen Pakpak.

St Salmen Purba Pakpak dan Ny St RK Purba Br Sitepu berpesan, agar generasi muda Purba Pakpak, Boru Panagolan se Kota Jambi dan sekitarnya tetap memberikan hati dan waktu untuk kumpulan dalam suka dan duka. Juga tetap menjaga kekompakan dalam kumpulan marga. Acara ditutup dengan doa pulang dengan salam-salaman. 

Hadiah utama pada Pesta Bona Tahun TP3BP Kota Jambi sekitarnya berupa mesin cuci diraih oleh undian daftar hadir nomor 1 yakni keluarga St Salmen Purba/Br Simarmata. Kegiatan Pesta Bona Tahun TP3BP Jambi ini diabadikan dalam bentuk foto dan video oleh Ezer Twopama Manihuruk. 

Ketua Pesta Bona Tahun TP3BP Kota Jambi sekitarnya Tahun 2023, St Rahmad Efendi Purba SE/ Br Damanik mengucapkan terimakasih kepada anggota kumpulan yang hadir, Penasehat, Pengurus, Komisaris, Donateur, Panitia atas suksesnya pelaksanaan Pesta Bona Tahun TP3BP Jambi Tahun 2023. (Asenk Lee Saragih)

Susunan Pengurus Tumpuan Purba Pakpak-Boru Pakon Panagolan Jambi 2022-2025

PENASEHAT:
1.Ny St RK Purba/ P Boru Sitepu
2.St Salmen Purba/ Br Simarmata
3.J Sidauruk/ Br Purba
4.St Drs GM Saragih/ Br Damanik

KETUA UMUM: St DR Andi Openta Purba/ Br Sinaga
KETUA 1: Ir J.R Purba/ Br Simangunsong
KETUA 2: St J Purba/ Br Siahaan

Ketua Bidang Sosial: J Purba/ Br Simanjuntak
Ketua Bidang Adat: L Purba/Br Simanjuntak

SEKRETARIS: St Friston Rayanto Sinaga SPd
BENDAHARA UMUM: Ny P Purba/ St P Br Munthe
BENDAHARA ARISAN I: Ny M Sijabat/ Br Purba
BENDAHARA ARISAN II: Ny Perangin-Angin/ Br Purba

KORWIL I (Thehok-Talang Banjar-Paal Merah) 1: J Purba/ Br Gultom
                                           2: OK Purba/ Br Manullang

KORWIL II (Simpang Kawat Kotabaru) 1: D Purba/Br Silalahi
                                   2: F Purba/ Br Sitompul

KORWIL III (Telanaipura-Mayang)  1: Petrus H Purba BBA/ Br Haloho
                                 2: St Rahmad Efendi Purba SE/ Br Damanik

KORWIL IV (Simpang Rimb-Aur Duri-Mendalo) 1: J Purba/ Br Sumbayak
                                          2: D Purba/ Br Lingga
INFOKOM : Sy Rosenman Saragih M/ Br Sinaga.
Share this article :

Post a Comment

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung

St Dr Bonarsius Saragih Dilantik Jadi Pembantu Ketua I Sekolah Tinggi Hukum Bandung
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis

Nasib Pilu Parialus Saragih Sidauruk, 7 Terbaring Sakit Tanpa Pengomatan Medis
KLIK Gambar Untuk Berita Selengkapnya

BERITA LAIN II