Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Badikenita Sitepu SE MSi Kembali Maju Sebagai Bacaleg DPD RI Dapil Sumut Pemilu 2024

Ketua Dewan Pembina Parsadaan Pomparan Toba Sinaga Boru (PPTSB) Pusat, Mangihut Sinaga, SH MH dan Anggota DPD RI Dr Badikenita Sitepu saat hadir di pada Pesta Syukuran Bona Taon, PPTSB Cabang Kota Pematangsiantar yang dilaksanakan di Gedung Wisma Tama, Jalan Sisingamangaraja, Kota Pematangsiantar, Minggu (19/2/2023). (Foto: Marihot Sinaga).

Pematangsiantar, BS-Dr Badikenita Br Sitepu SE MSi senator daerah pemilihan Provinsi Sumatera Utara Periode 2019-2024 ini kembali akan mengikuti kontestasi pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Sumut pada Pemilu 2024 mendatang. Pada Pemilu 2019 lalu, Badikenita BR Sitepu mampu meraup 496.760 suara.

Ketua Dewan Pembina Parsadaan Pomparan Toba Sinaga Boru (PPTSB) Pusat, Mangihut Sinaga, SH MH pada Pesta Syukuran Bona Taon, PPTSB Cabang Kota Pematangsiantar yang dilaksanakan di Gedung Wisma Tama, Jalan Sisingamangaraja, Kota Pematangsiantar, Minggu (19/2/2023) mengajak Dr Badikenita BR Sitepu naik ke atas panggung.

Disebut-sebut Mangihut Sinaga dan Dr Badikenita Br Sitepu akan “tandem” pada sosialisasi Pemilu 2024, khusus di Dapil Sumut 3 dan pada umumnya Provinsi Sumatera Utara untuk Dr Badikenita Br Sitepu. 

Kata Mangihut Sinaga yang juga Balon Caleg DPR RI Dapil Sumut 3 ini, Badikenita BR Sitepu adalah “bere” Sinaga (ibundaya Badikenita Putri Boru Sinaga). Pada kesempatan itu Dr Badikenita Sitepu juga memberikan sambutan dan memohon doa restu dan dukungan kepada seluruh keluarga PPTSB Se Provinsi Sumatera Utara untuk maju lagi sebagai Calon Anggota DPD RI Pemilu 2024 mendatang.

Sebagai rasa sukacita dan kekeluargaan Dr Badikenita Sitepu juga disematkan Ulos oleh Pengurus PPTSB Cabang Pematangsiantar. Hadir juga pada Pesta Bona Taon PPTSB Cabang Kota Pematangsiantar itu diantaranya Ketum PPTSB Pusat Ir Edison Sinaga, Ketua Yayasan Tosin Kol Purn Hombar Sinaga, Ketua Generasi Muda Henron Sinaga, Ketua Dewan Pakar Prof DR Jon Piter Sinaga, Ketua Wilayah PPTSB Sumut II Radiapo Hasiholan Sinaga (Bupati Simalungun).

Kehadiran Anggota DPD MPR RI Dr Badikenita Putri Sitepu, selaku bere ni Sinaga pada pesta bona taon yang dihadiri sekitar 3.000 orang anggota PPTSB Se Kota Pematangsiantar itu mendapat apresiasi dari Mangihut Sinaga dan Tokoh PPTSB lainnya.

Sekias Pandang Dr Badikenita Sitepu

Dr Badikenita Sitepu merupakan anggota Pergantian Antar Waktu (PAW) menggantikan Rizal Sirait pada tahun 2019, merupakan wanita kelahiran Kabanjahe, Karo pada tanggal 27 Juni 1975. Dirinya menikah dengan Anggara Simanjuntak dan dikaruniai 2 orang anak. 

Kesan Dr Badikenita Sitepu pada kontestasi politik 2019 lalu, sudah usai, maka kini masyarakat Sumut yang dikenal berbudaya, beragama, sudah saatnya antara pendukung seluruh calon pada pemilu 2019 kembali hidup rukun bersama sama. 

“Sumut harus bisa kita jadikan sebagai salah satu provinsi terbaik se-Indonesia. Saat ini Sumut sebagai miniatur Indonesia yang memiliki 17 Suku baik asli maupun pendatang dan terdapat 6 Agama. Oleh karena itu para pemimpin Wakil rakyat di DPD dan DPR RI dari Provinsi Sumut dan masyarakat semua bertanggung jawab menjaga kerukunannya. Saatnya kita kembali menata kebersamaan Indonesia terutama di Sumut,” terang Dr Badikenita Sitepu, seperti dikutip dari portal resmi DPD RI.

“Dulu sekali Presiden Amerika Serikat, John Fitzgerald Kennedy berucap “Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negara’’. Dan saat ini, ucapan tersebut ditanyakan pada Badikenita Puteri Sitepu berapa besar cintanya pada Indonesia.

Perempuan Karo ini sekarang duduk sebagai anggota DPD RI mewakili masyarakat Provinsi Sumatera Utara. Perolehan suaranya yang meraih suara tertinggi bersama tiga calon DPD lainnya dengan 498 ribu suara mengantarkannya ke gedung DPD RI Senayan. “Ini kepercayaan sekaligus mandat rakyat yang harus dipertanggungjawabkan,” katanya saat itu.

Lahir dan besar di tanah leluhurnya Kabanjahe, Sumatera Utara, menjadi modal sosial yang cukup untuk mengenali konstituennya. Ini ditambah dengan pengalamannya di beberapa organisasi seperti Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI), organisasi berbasis suku dan kampus membuatnya kian bergaul dengan banyak kalangan.

“Ini kesempatan buat saya berkontribusi terhadap bangsa dan negara dengan idealisme dan kemampuan yang saya miliki,” ujarnya.

Dunia politik bukan sesuatu yang baru bagi lulusan termuda dan terbaik Lemhanas 2010 ini. Darah politiknya mengalir dari sang ayah. “Awalnya saya bergabung dengan salah satu partai politik dan menjadi pengurus tetapi kemudian memilih jalur independen,” ujar Badikenita.

Pada pemilu 2014 Badikenita Puteri memulai kiprah politik dari DPD RI. “Tapi waktu itu saya diurutan  5,” katanya. Nah, dewi fortuna ternyata berpihak padanya ketika ada proses pergantian antar waktu yang membuatnya masuk sebagai anggota DPD periode 2014-2019 untuk pertama kalinya.

Badikenita Puteri Sitepu menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Program Magister dan Doktoral pada bidang ekonomi di Universitas Indonesia. Pada Pemilu 2024, perempuan yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum PIKI Masa Bakti 2020 – 2025 ini akan kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Sumatera Utara.

Nama Lengkap

Dr. BADIKENITA BR SITEPU, S.E., M.Si
Nomor Anggota DPD RI: B-8
Masa Jabatan
2019-2024
Jabatan
Anggota MPR RI 
Domisili: Medan Baru ,Kota Medan ,Sumatera Utara 
Tempat / Tgl Lahir: Kabanjahe / 27-06-1975
Pekerjaan: Komisaris dan Dosen 
Pendidikan: S3. 

(Asenk Lee Saragih/Berbagaisumber)

 

 Galeri Foto Dr Badikenita Sitepu SE MSi  (FB)














Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments