Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pemkab Simlungun Gelar Panggung Hiburan Di Kota Wisata Parapat, Bertajuk 'Archipelago In The Land of God - Simalungun


Parapat, BS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun melalui Dinas Kebudayan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) menggelar panggung hiburan di Open Stage Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Jum'at malam (24/2/2023).

Panggung hiburan tersebut bertajuk 'Archipelago in the land of God - Simalungun', (Nusantara di Tanah Tuhan - Simalungun), menampilkan musik tradisional, kesenian dan tarian kolosal budaya yang ada di Kabupaten Simalungun dan para artis yang pernah menguncang dunia musik Indonesia. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Simalungun diwakili Sekda Esron Sinaga menyampaikan, event internasional yang berlangsung di Balige yakni F1 Powerboat (F1H2O) membawa dampak yang positif terhadap warga di Kota Parapat. 

Untuk itu, Sekda meminta kepada warga Parapat untuk menjaga marwah, bahwa kota Parapat salah satu daerah kunjungan wisata dan icon-nya Danau Toba, jaga keramah-tamahan, kebersihan dan kedisiplinan sehingga para pengunjung di Kota Parapat dapat menikmati kedamaian dan kasih. 

Disamping itu, Sekda juga mengajak masyarakat untuk menciptakan agar kota Parapat tidak sebagai kota transit, akan tetapi bagaimana mengotimalkan, memberdayakan potensi yang ada, sehingga para pengunjung di Kota Parapat ini bisa betah dan berlama-lama di Parapat. 

Keramah-tamahan, etika dan kehormatan kepada pengunjung perlu dijaga, sehingga geliat ekonomi masyarakat dapat meningkat. Dampak event internasional di Balige diharapkan membawa suka cita dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Parapat. 

“Mari kita jaga dan rawat agar kota Parapat menjadi salah icon kunjungan wisatawan,”kata Sekda Sementara itu, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Simalungun yang telah melaksanakan acara tersebut setelah pandemi Covid. 

Diharapkan kegiatan ini menjadi awal dan pintu untuk membangkitkan wisatawan maupun pengunjung yang semakin banyak di kota wisata Parapat di masa yang akan datang. Disampaikan Kapolres, Pemerintah telah menetap bahwa kawasan Danau Toba menjadi Kawasan Pariwisata Super Perioritas dan begitu besar anggaran yang telah digelontorkan oleh Pemerintah pusat keseluruh daerah yang ada di kawasan Danau Toba, salah satunya adalah di Parapat.

“Maka menjadi tanggungjawab kita bersama, baik penduduk lokal maupun wisatawan. Mari bersama-sama mendukung bangkitnya wisatawan di Danau Toba, Khususnya di Kota Parapat,”sambung Kapolres. Kapolres mengajak masyarakat maupun pengunjung untuk menjaga kebersihan, bersikap ramah, baik, terbuka dan memberikan kesan yang baik terhadap kota Parapat. 

Kami sebagai Kepolisian Resort Simalungun juga memberikan peran agar wisatawan merasa aman di Parapat ini. Yakinlah bahwa di Parapat ini adalah Parapat yang baru, yang bisa menerima pengunjung dan bisa menerima seluruh masyarakat yang hadir,”pungkas Kapolres. 

Sebelumnya Kadis Budparekraf Simalungun M Fikri F Damanik menyampaikan bahwa pagelaran panggung hiburan ini berlangsung mulai 24 s/d 26 Pebruari 2023 kedepan, sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan diKota Parapat. 

Untuk itu mari kita berikan kesan yang baik kepada wisatawan agar mereka bisa datang kembali ke Kota Parapat untuk menikmati keindahan alam Danau Toba. “Mari sama-sama kita tunjukkan bahwa Kota Parapat ini merupakan Kota yang layak untuk dikunjungi sebagai destinasi pariwisata yang bisa diandalkan di Kabupaten Simalungun dan Sumatera Utara,”kata Fikri.

Bagi masyarakat yang tidak dapat menyaksikan F1H2O di Balige, Pemkab Simalungun menyediakan nonton bareng di Parapat. Untuk hari Sabtu (25/2) dimulai pukul 14:00 WIB dan hari Minggu (26/2) di mulai pukul 15:00 WIB (BS-Rel)










Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments