Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Selamat Datang di Danau Toba Balige Sebagai Lokasi F1H2O Powerboat 2023


Balige, BS-
Sejumlah pembalap dan crew kejuaraan dunia perahu motor formula satu atau F1 Powerboat, sudah tiba di Kota Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada Senin. Mereka bahkan langsung mendatangi venue utama lomba di kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Toba.

Kapal - kapal super cepat peserta Formula 1 Powerboat Danau Toba saat ini sudah tiba di Indonesia melalui pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumatera Utara. Setiap harinya, 8 kontainer diberangkatan dibagi 2 kontainer setiap 2 jam.

Kontainter berisi kapal - kapal peserta ini dibawa ke Danau Toba melalui jalur darat dengan pengawalan ketat petugas Direktorat Lalu Lintas dan Satuan Brimob Polda Sumatera Utara.

Guna mencegah terjadinya kemacetan, pengiriman kapal - kapal peserta dilakukan secara bertahap dan dilakukan dalam kurun waktu dua hari.

Sementara dalam menyambut ajang bergengsi F1 Powerboat yang akan dilaksanakan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, pada Jumat 24 Februari 2023 hingga Minggu 26 Februari 2023, sejumlah hotel di empat kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba telah terisi penuh. 

Namun para wisatawan dan penonton F1 Powerboat masih dapat menginap di homestay, dan rumah-rumah penduduk yang harga sewa tertingginya Rp 400 Ribu/kamar. 

Dalam perhelatan internasional ini, Kemenparekraf RI menargetkan 25 Ribu pengunjung lomba F1 Power Boat ini. Harga tiket terendah Rp 50 Ribu hingga Rp 400.000. 

Indonesia kali pertama menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Formula 1 Power Boat di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, 24-26 Februari 2023. F1 Power Boat merupakan ajang perlombaan balapan perahu motor dengan kecepatan mencapai 200-240 kilometer per jam dan telah diselenggarakan di 39 negara sejak 1984. 

Beberapa negara telah menjadi tuan rumah kejuaraan F1 Power Boat. Antara lain, Italia, Prancis, Portugal, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan China. Pada 2023 Indonesia menjadi lokasi seri pembuka F1 Power Boat.

Formula 1 Powerboat Danau Toba yang berlangsung tanggal 24-26 Februari 2023, nantinya akan diikuti setidaknya 10 tim yang berasal dari berbagai negara.

Ajang F1 Powerboat (F1 H2O) belakangan menjadi buah bibir karena perhelatan akbar kelas dunia ini semakin mendekati waktu pelaksanaannya. Bahkan, pemerintah menggadang-gadang acara yang akan dihelat di Danau Toba, Sumatera Utara, ini akan turut menciptakan dampak ekonomi besar hingga lebih dari Rp 250 miliar.

Kota Balige adalah Ibukota dari Kabupaten Toba yang dapat ditempuh hanya sekitar 20 menit dari Bandara Silangit atau 1,5 jam dari Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kota ini merupakan lokasi Karnaval Pesta Kemerdekaan pada tahun 2016 lalu, dan di tahun 2023 ini menjadi tempat event bergengsi bertaraf internasional yaitu F1H2O Powerboat 2023.

Menariknya lagi adanya Museum Batak terbesar di dunia yaitu Museum Batak TB. Silalahi Center, dan Makam Pahlawan Raja Batak Sisingamangara XII.

Di kota ini (Balige) Anda akan menemukan berbagai lokasi yang sangat cocok untuk bersantai, merasakan ketenangan dan juga kenyamanan dari berbagai kesibukan dan rutinitas setiap hari. Selamat Datang di Balige, Toba, Sumut, Indonesia. (AsenkLeeSaragih/Berbagaisumber)








Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments