Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Radiapoh Ikut Panen Raya Padi Darat, Siapkan Skema Bantu Petani Simalungun

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri panen raya tanaman padi darat di Nagori Urung Panei, Kecamatan Purba, Selasa 28 Maret 2023. 

Purba, BS-- Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri panen raya tanaman padi darat di Nagori Urung Panei, Kecamatan Purba, Selasa 28 Maret 2023.  

Bupati Radiapoh hadir didampingi Ketua TP PKK Simalungun Ratnawati Sidabutar dan Kadis Pertanian Sakban Saragih. 

Tiba di lokasi, Bupati Radiapoh berbincang bincang dengan para petani seraya ikut memanen padi.
Di sela sela kegiatan itu, Bupati Simalungun menyampaikan upaya Pemkab Simalungun untuk mengalokasi anggaran menyiapkan bibit, pupuk serta  pestisida untuk Kelompok Tani.

Hal itu merupakan salah satu upaya Pemkab Simalungun dalam upaya meningkatkan produksi pertanian khususnya tanaman padi.

"Adapun kita telah siapkan skema penggunaan Dana Desa yang nantinya kita alokasikan untuk pembelian bibit padi, pemupukan dan termasuk pestisida," katanya.

"Jadi imbauan dari pemerintah agar bersama sama menjaga ketahan pangan khususnya Kabupaten Simalungun dan Sumatera Utara secara umum," imbuhnya.

Tanaman padi darat banyak ditemui di wilayah Simalungun bagian atas. Padi darat tersebut salah satu tanaman pendukung pasokan padi utama.

Bupati Simalungun mengapresiasi kegiatan panen raya padi darat yang digelar warga. Ia mengatakan kegiatan ini merupakan warisan turun temurun dari leluhur. 

"Di sini tidak ada padi sawah. Dan untuk padi darat ini bertujuan untuk menyiapkan cadangan untuk pangan padi per tahunnya," ucapnya.

Kepala dinas Pertanian Kabupaten Simalungun Sakban Saragih menambahkan, Pemkab Simalungun terus berupaya mengawasi penyaluran pupuk.

Disamping itu pihaknya membenahi infrastruktur jalan pertanian, dengan harapan agar petani nantinya lebih muda mengangkut hasil pertanian. 

"Pengawasan pupuk akan kami bantu melalui KP3 maupun koordinator DPP yang ada di lapangan," kata Sakban. (BS-Rel)











Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments