Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ikan "Megawati" Pora-Pora Danau Toba Kini Kembali Muncul

Ikan "Megawati" Pora-Pora Danau Toba Kini Kembali Muncul.

Hutaimbaru, BS-
Ikan "Megawati" atau lebih dikenal dengan Ikan Pora-Pora Danau Toba kini kembali muncul di Danau Toba yang bisa didapatkan para nelayan. Ikan Pora-Pora Danau Toba yang ditabur oleh Presiden Megawati saat itu sempat jadi primadona penghasilan nelayan si pesisir Danau Toba. Namun 4 tahun belakangan hilang dari Danau Toba. 

Namun awal tahun 2023 ini Ikan Pora-Pora kembali muncul di Danau Toba. Seperti pengakuan Jelis Sidauruk, warga Dusun Hutaimbaru, Nagori Ujung Mariah, Kecamatan Pamatang Silimakuta, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.   

Guna mendapatkan Ikan Pora-Pora Danau Toba tidak semudah saat buming dulu. Kini nelayan bisa mendapatkannya dengan jaring dan jumlahnyapun terbatas, hanya bisa dapat 3 hingga 5 KG sehari. 

Masyarakat pesisir Danau Toba berharap ikan Pora-Pora kembali menghuni perairan Danau Toba agar bisa membantu perekonomian masyarakat pesisir Danau Toba. 

Namun saat ini muncul jenis ikan baru di Danau Toba yakni Ikan "louhan" sejenis ikan Nila berwarna merah. Ikan Louhan ini kurang diminati masyarakat karena kurang enak dimasak dalam ukuran kecil, dengan kepala keras. Tidak seperti ikan Nila yang guruh dan manis. (Asenk Lee Saragih) 

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments