Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Mempertahankan Eksistensi Perkumpulan Horas Bangso Batak di Perantauan Melayu Jambi

Laporan Khusus Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Dan DPC HBB Kota Jambi Periode 2023-2028

Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH didampingi Sekretaris Umum DPP HBB Luhut Situmorang SH MH saat melantik Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2023-2028 di Balai Prajurit Korem 042 Garuda Putih Jambi, Minggu (19/3/2023). (Foto: Moses Juneri Manihuruk)
 

KLIK:Galeri Foto Pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Dan DPC HBB Kota Jambi Periode 2023-2028

Jambi, BS-Mempertahankan sebuah organisasi sosial bukanlah hal yang mudah. Sebuah organisasi masyarakat yang telah memiliki badan hukum harus bisa dipertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Sehingga keberadaan organisasi tidak hanya muncul saat tertentu saja. 

Namun Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) kini mempertahankan dan mengembangkan organisasinya sebagai sebuah ormas yang dikenal luas. Perkumpulan HBB yang memiliki Visi "Merajut Kebersamaan Dalam Persaudaraan Sejati, Guna Mengangkat dan Menjunjung Tinggi Harkat Dan Martabat Bango Batak" dan Misi "Berjuang Untuk Meningkatkan Tarif Hidup Masyarakat Bangso Batak" ini harus betul betull bisa terwujud.   

Berangkat dari Visi dan Misi HBB itu, eksistensi Perkumpulan HBB di Provinsi Jambi harus dipertahankan dan dikembangkan. Hal itu sejalan dengan Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Provinsi Jambi dan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HBB Kota Jambi Periode 2023-2028 di Balai Prajurit, Korem 042 Garuda Putih, Kota Jambi, Minggu (19/3/2023) berjalan dengan sukses. 

Pada pelantikan ini sengaja mengundang Artis Batak Ibukota Jakarta Trio Santana. Wakil Wali Kota Jambi DR H Maulana juga hadir pada kesempatan tersebut serta memberikan donasi untuk pengurus DPC HBB Kota Jambi Rp 5 Juta.

Pelantikan diawali dengan penyambutan Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, Sekretaris Umum DPP HBB Luhut Situmorang SH MH, Sekretaris LBH DPP HBB Donal Lubis SH dan rombongan oleh penari yangtelah disiapkan oleh Panitia.

Selanjutnya menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan pembacaan SK Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2023-2028 oleh Sekretaris Umum DPP HBB Luhut Situmorang SH MH. 

Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi yang dilantik yakni Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Ir Walter Davidson Sihombing, Sekretaris DPD HBB Provinsi Jambi Dances Manullang, Bendahara DPD HBB Provinsi Jambi Roberts Pasaribu Amd dan pengurus lainnya.

Kemudian Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH membacakan janji pengurus dan penyerahan Pataka HBB kepada Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Ir Walter Davidson Sihombing.
Sementara Sekretaris Umum DPP HBB Luhut Situmorang SH MH menyerahkan SK pelantikan kepada Sekretaris DPD HBB Provinsi Jambi Dances Manullang. Prosesi pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi ini ditutup dengan foto bersama.

Usai pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus DPC HBB Kota Jambi oleh Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Ir Walter Davidson Sihombing. Pengurus DPC HBB Kota Jambi yang dilantik adalah Ketua Ketua DPC HBB Kota Jambi Ika Br Saragih (Suami Marga Purba) Asal Sondi Raya Simalungun, Sekretaris DPC HBB Kota Jambi Saidah Nasution, Bendahara Yosua Gultom dan Pengurus DPC HBB Kota Jambi lainnya. Prosesi pelantikan Pengurus DPC HBB Kota Jambi Periode 2023-2028 ditutup dengan foto bersama.

Turut hadir pada pelantikan ini yakni Ketua DPW PSI Provinsi Jambi Ir Tigor GH Sinaga didampingi Sekretaris DPW PSI Provinsi Jambi Bro Ryan Afriyanto dan Bendahara DPW PSI Provinsi Jambi Sis Ir Rita Utami.

Kemudian hadir juga Penasehat HBB Jambi Drs Albertus Sinaga MPd, Ir Abdel Sinaga, U Sinaga, Dewan Pembina DPD HBB Provinsi Jambi AKBP (P) Basoka Sagala SH MH dan lainnya.

Sementara Ketua DPD HBB Provinsi Jambi Ir Walter Davidson Sihombing dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Perkumpulan HBB Provinsi Jambi akan bersinergi dengan pemerintah dan juga menjungjung tinggi martabat Orang Batak di Provinsi Jambi.

Ir WD Sihombing juga berjanji akan membesarkan Organisasi Perkumpulan HBB di Provinsi Jambi. Karena menurutnya Organisasi HBB sudah berbadan hukum dan telah terdaftar di Kesbanglinmas Provinsi Jambi.

Sebelumnya Ketua Panitia Horas Bangso Batak (HBB) Jambi, Igot Tampubolon dalam laporannya menyampaikan, secara pribadinya sukses walau ada kekurangan di dalam acara pelantikan, akan tetapi acara berlangsung khidmat dan semarak.

Igot Tampubolon mengapresasi dan terimakasih sebesar-besarnya kepada internal anggota dan simpatisan serta donatur perusahaan maupun pejabat daerah serta donatur tokoh masyarakat, yang sudah mendonaturkan pada kegiatan acara pelantikan HBB Jambi. 

"Saya sangat bangga terhadap antusias anggota HBB Jambi yang hadir pada pelantikan tersebut memberikan respon yang positif kepada sesama anggota, sehingga terlihat lebih terjalin dalam rasa persaudaraan dan kekeluargaan dalam acara tersebut," katanya.

Wakil Ketua HBB Kota Jambi ini menjelaskan, dalam pelantikan ini, seluruh anggota dan pengurus HBB Jambi yang ada, tokoh masyarakat, Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Ceppy Pradana Perwakilan Dari Ketua KNPI Provinsi Jambi Iqbal Linus, ketua punguan marga, pejabat Muspida dan muspika, ormas serta okp dan tokoh agama.

Igot Tampubolon menambahkan pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi dan DPC HBB Kota Jambi Periode 2023-2028 dihibur oleh artis Batak dari Ibukota JakartaTrio Santana dan Duo Bocah Rajagukguk dari Tanjabar.


Sedangkan Ketua DPC HBB Kota Jambi Ika Saragih dalam sambutannya meminta dukungan, bantuan kepada seluruh masyarakat Batak di Kota Jambi untuk membesarkan Etnis Batak di Kota Jambi tanpa memandang Agama dan golongan. 

Foto By: Moses Juneri Manihuruk

“Awalnya saya ragu untuk bergabung dengan organisasi HBB. Saya kira organisasi ini hanya untuk Etnis Batak Kristen, ternyata non Kristen juga gabung. Jadi saya ingin berbuat untuk etnis Batak di Kota Jambi dan menjunjung tinggi Visi-Misi HBB,” ujar Ika Saragih yang mengaku keturunan ke 4 dari Pangulu Damak Sondi Raya, Pematangraya, Kabupaten Simalungun ini. 

Ika Saragih mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir dalam acara pelantikan tersebut. Untuk menjalankan roda organisasi, perempuan berdarah batak Simalungun dari Sondi Raya ini dengan rendah hati sangat berharap kepada seluruh stakeholder agar memberikan masukan guna membesarkan organisasi Horas Bangso Batak khususnya di Kota Jambi.

Ika Saragih mengatakan, dirinya sangat senang bisa bergabung di HBB ini, sebab bisa mempererat tali persaudaraan antar boru.

“Saya masih butuh banyak pengajaran, teguran maupun nasehat untuk membangun HBB ini. Karena awalnya saya pikir untuk yang beragama islam seperti saya tidak bisa ikut HBB ini ternyata persepsi saya salah dan saya sudah membuktikan bahwa di HBB tidak membenda-bedakan jenis Ras dan agama,” katanya.

Sementara Wakil Wali Kota Jambi DR H Maulana dalam sambutannya mengapresiasi pelantikan Pengurus DPC HBB Kota Jambi dan mengajak HBB Kota Jambi untuk bersama-sama membangun Kota Jambi yang masyarakatnya heterogen. 

Dia juga sangat mendukung bahwa DPC HBB Kota Jambi sudah terdaftar sebagai organisasi sosial di Kantor Kesbanglinmas Kota Jambi. DR Maulana yang juga sudah “bermarga” Siregar ini memohon dukungan untuk maju sebagai Calon Wali Kota Jambi pada Pilkada 2024 mendatang. 

“Pemerintah Kota Jambi menyambut baik dengan hadirnya organisasi Horas Bangso Batak (HBB) ini, karena secara kelembagaan sudah terbentuk dan terdaftar di Kesbangpol,” pungkasnya.


Hiburan Trio Santana

Foto By: Moses Juneri Manihuruk

Gedung Balai Prajurit Korem 042 Gapu Jambi “bergoyang” oleh lagu-lagu Santana Trio yang personilya kini Guntur Silalahi, Sudi Sihaloho dan Jannes Siagian. Ciri khas dan kharisma Santana Trio tak luntur dari dulu, meskipun beberapa kali pergantian personil. 

Posisi group vokal Santana Trio yang sekarang yaitu Guntur Silalahi, Sudi Sihaloho dan Jannes Siagian, dengan kombinasi warna vokal yang sangat klop dan elegan mampu menunjukkan penampilan yang luarbiasa. Formasi sekarang, tak jauh beda dengan karakter vokal seperti terdadulu, justru makin mekar.
Mereka tetap memikat dan masih bercokol di hati para penggemar baik anak muda maupun orangtua, seperti yang hadir di Balai Prajurit Korem 142 Gapu Jambi, Minggu (19/3/2023). Seperti Guntur selaku motornya Santana Trio, sangat jeli dan pintar memilih lagu yang cocok bagi group nya itu, sehinga Santana Trio tetap eksis dan di gemari masyarakat.

Santana Trio, sudah melekat di semua sisi hati masyarakat khususnya Batak. Lagu-lagunya top misalnya “Pulungan ni Ubat” dan banyak lagi lagunya, semua hits. Lagu terbarunya terbitan 2022 “Dekke Torluk” Cipt. Cipta Aritonang RG telah beredar di YouTube guna menenuhi pencinta sejati Santana Trio. Lagu-lagu yang didendangkan Trio Santana mengajak undangan yang hadir untuk bergoyang.

Dalam selingan waktu duet abang adik Totti Van William Rajagukguk dengan Trystan Rajagukguk menambah suasana ruangan Balai Prajurit Korem 042 Gapu Jambi tambah meriah. Pasalnya suara dua bocah cilik ini sungguh luar biasa dengan membawakan tiga lagu Batak. 

Totti Van William kini duduk Kelas 8 (2 SMP) dan adiknya Trystan Rajagukguk kini duduk di bangku SD Kelas 1. Kedua anak yang bertalenta luarbiasa ini adalah putra dari pasangan R Rajagukguk/ J Br Situmorang dari Desa Penoban, Kampung Rambutan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.
Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH didampingi Sekretaris Umum DPP HBB Luhut Situmorang SH MH mengapresiasi suksesnya pelantikan Pengurus DPD HBB Provinsi Jambi Periode 2023-2028 dan Pengurus DPC HBB Kota Jambi Periode 2023-2028.

Puluhan papan bunga ucapan selamat juga menghiasi seputaran Korem 042 Garuda Putih Kota Jambi. Papan bunga ucapan selamat mulai dari HBB lintas provinsi, juga mitra HBB Jambi. (AsenkLeeSaragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments