Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Tekan Inflasi Jelang Bulan Suci dan Idul Fitri 1444H, Pemkab Simalungun Siapkan Rencana Strategis

Tekan Inflasi Jelang Bulan Suci dan Idul Fitri 1444H, Pemkab Simalungun Siapkan Rencana Strategis.

Simalungun, BS-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga resmi membuka High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Simalungun di ruangan TB Simatupang KPw Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar, Kota Siantar, Senin 13 Maret 2023.

Rapat tersebut dalam rangka upaya pengendalian inflasi Kabupaten Simalungun dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H. 

"Meskipun kondisi pandemi sudah berakhir, namun saat ini kita masih dihadapkan pada tantangan meningkatnya resiko ekonomi dan inflasi akibat Geopolitik Dunia. Kondisi ini menyebabkan naiknya tekanan inflasi global dan berdampak terhadap komunitas pangan," ujar Radiapoh. 

Adapun Januari 2023 sampai saat ini, terjadi fluktuasi harga bahan pangan di Kabupaten Simalungun, antara lain Beras, minyak goreng, cabai merah, dan bawang merah.

Bupati Radiapoh mengatakan, salah satu dukungan Pemkab Simalungun dalam pengendalian inflasi yaitu menyiapkan program strategis.

Adapun diantaranya menjaga keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan bahan pangan dengan perencanaan pasar induk dan kawasan pertanian terpadu. 

“Dengan adanya rencana program ini, diharapkan kedepannya perekonomian masyarakat dapat bangkit, inflasi dapat terjaga, dan kesejahteraan masyarakat meningkat," katanya.

Bupati mengajak koordinasi serta kolaborasi guna menyamakan persepsi, serta rencana aksi dalam mengendalikan kebutuhan pokok masyarakat,  untuk menghindari terjadinya inflasi yang dapat meningkatkan kemiskinan.

"Untuk itu mari kita bekerjasama dan membuat langkah-langkah strategis dalam memetakan setiap persoalan yang ada saat ini, meliputi harga, pasokan maupun distribusi khusus pada komunitas minyak goreng, daging, telur ayam, gula pasir, bahan bakar minyak, dan gas LPG," katanya. (BS-Rel)







Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments