Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun Temui Warga yang Mempersoalkan Lahan Pantai Bebas


Parapat, BS- Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga menemui warga yang menyoal lahan Pantai Bebas Parapat. Bupati menerima aspirasi warga dan akan membentuk tim untuk penyelesaian lahan tersebut. 

Menurut Bupati, Danau Toba Parapat adalah ikon wisata Simalungun yang kini menjadi salah satu destinasi wisata prioritas. 

Ia mengakui wilayah Kabupaten Simalungun tergolong cukup luas dan tak jarang terjadi persoalan kepemilikan tanah.

"Begitu saya mengetahui adanya aksi unjuk rasa di Pantai Bebas, saya langsung meminta agar ketemu langsung dengan masyarakat eks Sosor Pasir,” ujar Bupati dalam pertemuan bersama warga di Parapat, Senin 24 April 2023.

Untuk itu, lanjut Bupati Bupati Pemkab Simalungun akan segera membentuk tim untuk dan melibatkan warga serta instansi terkait untuk menyelesaikan persoalan tersebut. 

“Kita juga dari Pemkab Simalungun akan segera menindaklanjuti dan juga akan mengurai kembali seperti apa historis sosor pasir Pantai Bebas ini," ujarnya.

Sebelumnya, salah seorang warga bernama Monang Arif Manik menyebut, wilayah Pantai Bebas dulunya pemukiman warga yang dinamakan kampung Sosor Pasir dihuni sekitar 55 KK.

Monang menyebut ada oknum yang mengklaim salah satu objek lahan tersebut dan mendirikan bangunanan.

Warga menuntut agar pelaku yang membuat surat daripada lahan tersebut segera diproses hukum dan mendorong pengembalian lahan sebagai aset pemerintah. 

Sementara itu, pada Jumat 21 April 2023 warga melakukan unjuk rasa di depan lokasi objek perkara. Mereka membubarkan diri setelah menyerahkan surat ke pemerintah kecamatan setempat. (BS-Rel)






Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments