Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jangan Ragu, Mangihut Sinaga SH MH Hadir Untuk Berkarya Melayani Masyarakat


Mangihut Sinaga SH MH Hadir Berkarya Untuk Melayani Masyarakat.

Pematangsiantar-Sebagai putra daerah yang melanglang buana bertugas ke berbagai daerah di Indonesia, Mangihut Sinaga SH MH tidak pernah melupakan tanah adat kelahirannya. Kini Mangihut Sinaga AH MH hadir kembali untuk melayani masyarakat lewat sebagai wakil rakyat.
 
Kecintaan dan ikatan kedaerahannya yang begitu kuat membuat Mangihut Sinaga aktif dalam organisasi kemasyarakatan dan kedaerahan, yaitu Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Dohot Boru (PPTSB), dan Paguyuban Pomparan Raja Lontung (PPRL). 

Sejak tahun 2010, Mangihut Sinaga bahkan dipercaya menjabat sebagai Ketua Marga Sinaga se-Dunia serta Ketua Marga Pomparan Raja Lontung se-Indonesia sampai dengan tahun 2022.

Di tahun 2024 mendatang, Mangihut Sinaga ingin mengabdikan dirinya melalui jalur politik, “Berkarya untuk Melayani Masyarakat” tanah kelahirannya melalui kontestasi Pemilu Legislatif dari Partai Golkar untuk daerah pemilihan Sumatera Utara III yang meliputi Kota Langkat, Karo, Simalungun, Asahan, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Pematangsiantar, Tanjung Balai dan Kota Binjai.

Sejak Desember 2022 lalu, Mangihut Sinaga yang kerap didampingi istri tercinta Dra Linda Br Napitupulu sudah melakukan silaturahmi kepada keluarga besar PPTSB se wilayah Sumut III. Tidak hanya itu, Mangihut Sinaga pun sudah bersilaturahmi dengan Tokoh lintas Agama, Tokoh Masyarakat diantaranya di Kabupaten Asahan, Tebing Tinggi, Dairi, Simalungun, Pematangsiantar, Batubara bahkan ke Ujung Padang perbatasan Simalungun dengan Asahan. 

Kembali Untuk Mengabdi

Mangihut Sinaga SH MH, putra Batak kelahiran 8 April 1962 di Desa Juhar, Kecamatan Bandar Khalipah, Kabupaten Serdang Bedagai ini akhirnya kembali berkiprah di Sumatera Utara. 

Sekian lama melanglang buana bertugas di Korps Adhyaksa hingga terakhir menjabat sebagai Staf Ahli Jaksa Agung RI, pada tahun 2022 yang lalu. Mantan Kajari Medan ini akhirnya memasuki masa pensiun. 

Prestasi Mangihut selama menjabat membuatnya mendapatakn Piagam Penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lencana karya Satya dari 3 Presiden Indonesia berbeda, yaitu dijaman Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur), di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga terakhir dari Presiden Joko Widodo. 

Jiwa pengabdian Mangihut begitu tinggi untuk Negara dan Masyarakat, terlebih kecintaannya terhadap Provinsi Sumatera Utara. Anak kedua dari pasangan Bapak Kamaruddin Sinaga dan Ibu Boru Nainggolan, serta beristrikan Dra. Linda Meriati Napitupulu ini merupakan Jaksa berprestasi yang sarat pengalaman.

Dengan bekal tersebut Mangihut Sinaga SH MH ingin terus berkarya untuk melayani Masyarakat, tidak lagi dijalur penegakan hukum, melainkan dijalur legislatif. 
 


Selama abdi Negara, karier Mangihut Sinaga SH MH tergolong moncer (cemerlang). Anak “Yatim Piatu” sejak kecil ini sukses meniti karier di lembaga kejaksaan hingga puncak karir Eselon I di Kejagung RI.

Mangihut Sinaga SH MH yang kini menyandang gelar (Ompung Partogi Doli) ini genap berusia 61 tahun pada 8 April 2023. Ia resmi mengakhiri karirnya di Kejaksaan RI dengan jabatan Staf Ahli Jaksa Agung RI pada 1 Mei 2022 lalu.
Selama berkarir puluhan tahun di kejaksaan, Mangihut Sinaga SH MH pernah mengemban berbagai jabatan strategis. Suami Dra Linda Napitupulu ini tercatat pernah menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan. Kemudian Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Wakajati Sumut).

Karir Mangihut terus menanjak. Dari Wakajati Sumut, Mangihut Sinaga langsung diangkat menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kajati NTT). Kala itu, Jaksa Agung dijabat oleh Basrief Arief.

Biasanya, seorang wakajati dengan jabatan Eselon IIB yang akan naik menjadi pejabat Eselon IIA akan terlebih dahulu menjabat sebagai direktur atau jabatan Eselon IIA lainnya di Kejaksaan Agung.

Namun karena dinilai berprestasi selama menjabat Wakajati Sumut mendampingi Kajati Noor Rochmad ketika itu, Jaksa Agung langsung mempromosikan Mangihut Sinaga menjadi Kajati NTT.

Setelah menjabat Kajati NTT, Mangihut Sinaga SH MH kemudian dipercayakan menjadi Kepala Pusat Manajemen Kepemimpinan Badan Diklat (Kapusmapim Badiklat) Kejaksaan RI. Setelah itu, Mangihut Sinaga SH MH kembali dipercaya menjadi kajati untuk kedua kalinya. Kali ini Mangihut Sinaga dipercaya menjadi Kajati Sulawesi Utara (Sulut).

Setelah menjabat Kajati Sulut, Mangihut Sinaga kemudian dipercaya mengemban amanah sebagai Inspektur V Jamwas Kejaksaan Agung RI. Kala itu, tupoksi Mangihut Sinaga SH MH melakukan pengawasan sejumlah kejaksan tinggi (Kejati), antara lain Kejati Jawa Timur, Kejati Banten, Kejati Bengkulu, Kejati Sulawesi Utara, dan lainnya.

Setelah empat kali menjabat Eselon IIA yakni Kajati NTT, Kapusmapim Badiklat Kejaksaan RI, Kajati Sulut, dan Inspektur V Jamwas Kejagung, Jaksa Agung RI Sanitiar Burhanuddin akhirnya melantik Mangihut Sinaga SH MH menjadi Pejabat Eselon I Kejagung yakni sebagai Staf Ahli Jaksa Agung pada 28 Februari 2020.

Dua tahun lebih menjabat Staf Ahli Jaksa Agung, Mangihut Sinaga SH MH akhirnya resmi meninggalkan institusi kejaksaan pensiun pada 1 Mei 2022.

Belum genap setahun pensiun, Mangihut Sinaga SH MH bertekad untuk tetap berkarya kepada Bangsa dan Negara tercinta Indonesia. Ia pun berniat untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Senayan sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Niat tulus Mangihut Sinaga untuk kembali mengabdi nampaknya tidak bertepuk sebelah tangan. Pada Minggu, 19 Maret 2023, Mangihut Sinaga SH MH resmi menjadi kader Partai Golkar. Dalam blusukannya di Dapil Sumut Tiga, kehadirannya disambut sukacita dengan semboyan “Mangihut Sinaga SH MH Mau Mendengar Aspirasi Rakyat”.

Riwayat Jabatan :
- Kepala Kejaksaan Negeri Medan tahun 2007
- Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara tahun 2012
- Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur tahun 2013
- KAPUS Pendidikan Manajemen dan Kepemimpinan BADIKLAT tahun 2014
- Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara tahun 2017
- Inspektur V Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung RI tahun 2018
- Staf Ahli Jaksa Agung RI Tahun 2020-Mei 2022.
Riwayat Organisasi Masyarakat Dan Daerah : 

- Ketua Marga Sinaga se-Dunia (PPTSB) 3 Periode  sejak tahun 2010 sampai dengan tahun 2022.
- Ketua Raja Lontung 1 Periode sejak tahun 2018 sampai dengan 2022



Post a Comment

0 Comments