Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Liputan Khusus Retreat 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi Ke GKPS Tuktuk Samosir


Jambi, BS-Kegiatan kunjungan wisata rohani atau retreat 12 Anggota Seksi Bapa Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) ke GKPS Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir ternyata menjadi salah satu cara membangun semangat dan komitmen diri dalam pelayanan. Kunjungan wisata rohani selama tujuh hari membawa sebuah kesan baik dan penuh makna.

Meski biaya dalam pelaksanaan retreat ini bersifat mandiri (peserta kontribusi sendiri) ternyata tidak mengurungkan niat 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi yang memberikan waktu, tenaga, pikiran, materi dalam menuntaskan kegiatan yang telah diprogramkan sejak November 2022 lalu ini.

Retreat 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi ini, tidak hanya ke GKPS Tuktuk Samosir, namun juga dilakukan dalam bersilaturahmi dengan keluarga dan orang tua dari peserta dan paling berkesan bersilaturahmi dengan Pimpinan Sinode GKPS Ephorus GKPS Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Inang Br Saragih di rumah dinas komplek Kantor Sinode GKPS Jalan Pendeta J Wismar Saragih Pematangsiantar, Selasa (25/4/2023) sebelum rombongan bertolak dari Pematangsiantar menuju Kota Jambi.

Berikut ini laporan singkat kegiatan retreat Seksi Bapa GKPS Jambi, mulai dari pemberangkatan hingga kembali ke GKPS Jambi, Rabu (26/4/2023) Pukul 23.19 WIB.

Berangkat

Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih SSi Teol, Inang Penginjil L Br Purba, PMJ GKPS Jambi, Pembimbing Seksi Bapa GKPS Jambi St Meslan Saragih SH memberangkatkan 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi yang hendak menuju GKPS Tuktuk Samosir, Kamis (20/4/2023) sekitar Pukul 09.30 WIB di GKPS Jambi.

Saat meninggalkan Kota Jambi, tiga mobil terlebih dahulu singgah ke SPBU milik keluarga Petrus Hilman Purba untuk mengisi BBM Mobil Pajero BH 1018 MW, Avanza B 1549 NRH dan Xpander Cross B 1501 RKB yang disumbangkan Pak Petrus Hilman Purba. 

Terimakasih kepada Pak Petrus Hilman Purba, Calon DPD RI Dapil Provinsi Jambi yang memfasilitasi BBM Tiga Mobil Rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi Retreat Ke GKPS Tuktuk Samosir, Danau Toba Sumut.

Setelah menempuh perjalanan lewat Jalan Lintas Timur Sumatera Jambi-Riau-Sipirok-Tarutung, Rombongan menginap di Rumah Keluarga Matondang (Alm) / Br Sihombing (Mertua dari St Alexander Dabukke) di Siborongborong, Jumat (21/4/2023). Rombongan disambut dengan baik dan menginap semalam di rumah ini.

Pada pagi hari sekira Pukul 05.00 WIB, Rombongan 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi melanjutkan perjalanan lewat Dolok Sanggul, Tele dan ke Sibeabea Samosir, Sabtu (22/4/2023) pagi. 

Setelah makan siang di Pangururan Samosir, 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi tiba Komplek GKPS Tuktuk Samosir, Sabtu (22/4/2023) Pukul 13.10 WIB. Kemudian rombongan mondok di Rumah Keluarga B Sidabutar/ L Br Manik (Mertau dari Ketua Seksi Bapa GKPS Tuktuk Samosir Bp D Ambarita/ Br Sidabutar), di Jalan Gereja, Tuktuk Siadong, Samosir.

Ibadah Partonggoan

Kunjungan pelayanan 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi di GKPS Tuktuk Samosir diawali dengan Ibadah Partonggoan bersama di GKPS Tuktuk Samosir di Jalan Lingkar Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Sumut, Sabtu malam ( 22/4/2023).

Kotbah Ibadah disampikan oleh Pdt Franky Doris Morinata Malau STh, pesan kotbahnya menyampaikan agar kaum Bapa GKPS sebagai figur dan sosok idaman dalam keluarga serta lingkungan gereja. 

Seksi Bapa GKPS juga diharapkan sebagai “Malim” yang patut sebagai teladan bagi keluarga dan lingkungan gereja. Keberadaan Seksi Bapa GKPS menjadi garam dan terang dalam pelayanan. 

Pelayan pada ibadah bersama Seksi Bapa GKPS Jambi dan GKPS Tuktuk ini, Votum St B Purba, Doding C.Sy T Sidabutar. Doa oleh C.St D Ambarita, St Drs JT Damanik.

Seksi Bapa GKPS Tuktuk yang hadir pada ibadah diantaranya St BL Sinaga/Br Sumbayak (Pembimbing GKPS Tuktuk/ Sekretaris Jemaat GKPS Tuktuk), C.St D Ambarita/Br Sidabutar (Ketua Seksi Bapa GKPS Tuktuk), C.Sy T Sidabutar/Br Sitopu (Sekretaris Seksi Bapa GKPS Tuktuk), A Siallagan/Br Purba, PW Simangunsong/Br Silalahi (Bendahara Seksi Bapa GKPS Tuktuk), St B Purba/ Br Sidabutar. 

Sementara Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi yakni C. Sy Iramsen Saragih Garingging (Ketua), Ones Oliver Munthe (Sekretaris), Hendrikson Purba (Wakil Ketua), St Drs JT Damanik, St Drs B Sipayung, St Andi M Garingging, St Alexander Dabukke, St  Rahmad Efendi Purba, Filmon Lingga, Jhonfrianto Purba, Sy Rosenman Manihuruk. 

Usai ibadah dilanjutkan dengan ramah tamah dan shering pengalaman pergumulan pelayanan Seksi Bapa GKPS Tuktuk dan Jambi. Dialog ringan yang dipandu C.Sy T Sidabutar ini sangat mengalir yang diujungi sambutan pengharapan dari St BL Sinaga dan St Andi M Garingging. 

Usai ibadah dan shering, rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi istirahat di Rumah Keluarga BP B Sidabutar/ L Br Manik di Jalan Gereja, Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir. Rumah keluarga ini sebagai tempat rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi mondok dua malam. 

Sedangkan tempat yang mempersiapkan konsumsi rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi selama di Tuktuk Samosir adalah di Kantin GKPS Tuktuk yang dikelola Kel BP Siallagan/ Br Purba Siboro. 

Sementara hari ini Minggu (23/4/2023) Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi melayani ibadah Minggu di GKPS Tuktuk. Yang melayani pada Ibadah Minggu 23 April 2023 di GKPS Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Kotbah Pdt Franky Doris Morinata Malau STh, Doding St Drs JT Damanik, Votum St Rahmad Efendi Purba SE. 

Usai ibadah kemudian dilanjutkan makan bersama dan ramah tamah dan perkenalan 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi dan sambutan Majelis GKPS Tuktuk Samosir. 

Juga sambutan dari PMJ GKPS Tuktuk Samosir dan sambutan serta doa oleh Pendeta GKPS Resort Parapat Pdt Rohmauli Sinaga STh.  

Panorama Alam

Sebelumnya 12 orang Anggota Seksi Bapa GKPS turut menikmati panorama Danau Toba dari Bukit Sibeabea. Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi berharap agar bangunan Patung Yesus Kristus yang menjadi Icon Bukit Sibeabea segera selesai, agar Bukit Sibeabea semakin menarik bagi pengunjung. 

Filmon Lingga dari Kota Jambi juga mengapresiasi toilet yang ada di Bukit Sibeabea yang kondisinya bersih dan nyaman seperti toilet hotel berbintang. Satu unit mobil dikenakan biaya Rp 50 Ribu. Rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi juga menikmati Panorama Danau Toba di Batuhoda Samosir.

Sebelumnya, 12 Orang Rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi yang tengah dalam perjalanan menuju Tuktuk Samosir mengaku nyaman sepanjang perjalanan karena arus lalulintas lancar. 

Selain pemudik yang menggunakan mobil pribadi, jalur mudik Jalintim Jambi, Riau, Labusel, Sipirok Sumut juga dilalui pemudik yang menggunakan sepeda motor. Pemudik berharap agar mudik Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 ini berjalan dengan baik dengan minim lakalantas. 

Arus mudik tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, juga minim lakalantas. Keberadaan Pos Pengamanan Mudik Idul Fitri 1444 H sepadan Jalintim Sumatera Jambi, Riau dan Labusel, Sipirok Sumut juga sangat membantu pemudik. Karena pemudik banyak juga beristirahat dan meminta informasi lalulintas di jalur mudik. Seksi Bapa GKPS Jambi tiba di Samosir bersama Penulis, Sabtu (22/4/2023). 

Berkesan di Serbelawan

Kunjungan kekeluargaan 12 Anggota Rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi bersilaturahmi ke rumah keluarga besar (Ompung Rachel) Bp Garingging/ Br Sinaga (Orang Tua dai St Andi M Garingging) di Serbelawan, Simalungun ternyata membawa kesan tersendiri bagi peserta.

Rombongan tiba di Serbelawan, Senin 24 April 2023 sekira Pukul 11.00 WIB. Ternyata rombongan disambut dengan baik dan dijamu makan bersama dengan sajian kuliner khas Simalungun (Hinasumba). 

Pada hari itu Senin 24 April 2024 juga menjadi hari spesial buat Keluarga Bp Garingging/ Br Sinaga karena bertepatan dengan hari ulang tahun Inang Br Sinaga Ompung Rachel Boru (HUT Ke (69) dan HUT Ke 44 untuk St Andi M Garingging. Rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi juga memberikan hadiah kue ulang tahun kepada keduanya.   

Rombongan menginap di Serbelawan satu malam. Pada pagi hari, Selasa 25 April 2023, sebelum berpamitan menuju Kota Pematangsiantar, Rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi memberikan Cendramata sebagai kenang-kenangan. 


Jumpa Ephorus GKPS

Sebelum bertolak ke Jambi, 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi bersilaturahmi dengan Pimpinan Sinode GKPS Ephorus GKPS Pdt Dr Deddy Fajar Purba dengan Inang Br Saragih, di Komplek Kantor Sinode GKPS Jalan Pendeta J Wismar Saragih, Pematangsiantar, Selasa (25/4/2023).

Dalam pertemuan ini, Ephorus GKPS didampingi Pembimbing Seksi Bapa Sinode GKPS Pdt Nolden Lingga STh MA dan Bendahara Seksi Bapa Sinode GKPS EJ Sipayung. 

Dalam pertemuan ini Ephorus GKPS Pdt Dr Deddy Fajar Purba mengapresiasi Seksi Bapa GKPS Jambi menjadi kali pertama Seksi Bapa GKPS yang melakukan silaturahmi dan kunjungan kekeluargaan ke rumah dinas Ephorus GKPS. 

Ephorus juga menyampaikan agar Seksi Bapa GKPS Jambi secara khusus membawa semangat pelayanan. Seksi Bapa GKPS harus jadi teladan bagi keluarga, gereja dan lingkungan Silaturahmi ini diakhiri dengan foto bersama. 

Setelah dari Rumah Ephorus GKPS, rombongan singgah ke rumah keluarga dari St Alexander Dabukke ( Tulang Purba Silangit/ Br Sumbayak) di Parluasan Pematangsiantar. Rombongan Seksi Bapa GKPS Jambi dijamu sarapan pagi mietew.

Kemudian rombongan belanja oleh-oleh khas Kota Pematangsiantar di Ganda dan Sambo. Sebelum bertolak dari Kota Pematangsiantar menuju Kota Jambi singgah di Rumah Penginjil Br Saragih (Ibunda Dari Pdt Franky Doris M Malau STh) di GKPS Rambung Merah, Resort Siantar 4. Inang Penginjil Br Saragih juga memberikan “siluah” kepada 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi. 

Pada kesempatan ini juga berjumpa dengan Pdt Anita Dearni Br Saragih (Pendeta GKPS Resort Rambung Merah). Dan juga membawakan Doa agar Rombongan selamat hingga ke Jambi. 

Rombongan Seksi Bapa GKPS Kota Jambi meninggalkan Kota Pematangsiantar, Selasa (25/4/2023) sekitar Pukul 13.30 WIB.

Tidak lupa Rombongan 12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi memberikan Cendramata berupa plakat khusus kepada Pengurus Seksi Bapa GKPS Tuktuk Samosir, Pengurus Seksi Bapa Sinode GKPS disaksikan Ephorus GKPS Jambi dan kepada keluarga besar BP Garingging/ Br Sinaga (Ompung Rachel Saragih Garingging). 

Setelah melakukan rangkaian sejumlah kegiatan seperti Partonggoan, Pelayanan Ibadah Minggu di GKPS Tuktuk Samosir, Sabtu-Minggu (22-23 April 2023), Rombongan 12 Orang Seksi Bapa GKPS Jambi meninggalkan Tomok Samosir, Senin (24/4/2023) Pukul 05.30 WIB dengan kapal penyeberangan ke Pelabuhan Ajibata Toba dan melanjutkan perjalanan ke Kota Pematangsiantar, Serbelawan, Kabupaten Simalungun.   

Puji Tuhan rombongan 12 orang Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi tiba di Komplek GKPS Jambi, Rabu (26/4/2023) Pukul 23.19 WIB. Selama diperjalanan akomodasi transportasi dan konsumbi dilayani oleh Bendahara panitia Bp Jhonfrianto Purba. 

12 Anggota Seksi Bapa GKPS Jambi yang berkunjung pelayanan ke  GKPS Tuktuk Samosir dan Sumut sejak Kamis 20 April 2023 hingga Rabu 26 April 2023 yakni: 

1. Pdt. Franky Doris Morinata Malau STh, 2. C. Sy. Iramsen Saragih SH, 3. Bp. Hendrikson Purba (Pak Julio), 4. Bp. Ones Oliver Munthe, 5. Bp. St. Alexander Dabukke, 6. St. Drs JT. Damanik, 7. St. Drs B. Sipayung, 8. St. Andi M Garingging, 9. St. Rahmad Efendi Purba SE, 10. Sy. Rosenman Saragih Manihuruk (Pak Moses), 11. Bp Filmon Lingga (Pak Eiffel), 12. Bp. Jhonfrianto  Purba (Pak Keyla). (Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments