Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Bupati Simalungun bersama Wakil Bupati Hadiri Manasik Akbar Tingkat Kabupaten Simalungun Tahun 1444 H/2023 M

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Wakil Bupati H Zonny Waldi menghadiri kegiatan Manasik Haji Akbar Tingkat Kabupaten Simlaungun Tahun 2023 M/1444 H, di gedung MUI Simalungun Jln. Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut (11/5/2023). 


Pematangsiantar, BS- Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Wakil Bupati H Zonny Waldi menghadiri kegiatan Manasik Haji Akbar Tingkat Kabupaten Simlaungun Tahun 2023 M/1444 H, di gedung MUI Simalungun Jln. Asahan Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut (11/5/2023). 

Kegiatan itu mengusung tema "Melalui Moderasi Manasik Haji Kita Siapkan Jamaah Haji Yang Mandiri dan Berkepribadian Dalam Bingkai NKRI".

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dibawakan oleh Siti Rohimah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan do'a yang di pimpin oleh Ketua MUI H Ki Dardjat Purba.

Amrisyam Simamora selaku ketua pelaksana melaporkan tentang kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam persiapan keberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci Makkah. 

Diantara kegiatan-kegiatan itu adalah proses administrasi visa untuk jamaah haji, namun hingga kini masih ada kendala dan kegiatan manasik haji.

"Manasik haji ini dilaksanakan sebanyak 2 kali tingkat Kabupaten dan 8 kali tingkat kecamatan, dan akan berakhir pada 18 Mei 2023,"kata Amrisyam.

Menurut Amrisyam, para  jamaah haji/Hajjah Simalungun telah melakukan pemeriksaan kesehatan, namun belum mendapat suntik menginitis.

"Kami berharap kepada Pemkab Simalungun agar segera diberikan suntik menginitis kepada para jamaah, karena dua minggu sebelum keberangkatan semuanya dipastikan sudah mendapat suntikan menginitis,"pinta Amrisyam.

Selanjutnya Amrisyam menyebutkan, sesuai dengan informasi dari Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI bahwa ada penambahan kuota jamaah haji yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia sebanyak 8.000 jamaah.

"Alhamdulillah, Kabupaten Simalungun mendapat tambahan 4 orang yang saat ini sedang proses pengurusan pasport,"ucap Amrisyam

Sementara itu, Bupati Simalungun dalam bimbingan dan arahan nya berharap semua peserta manasik haji dapat berangkat untuk menunaikan ibadah haji dan semuanya dalam keadaan baik tanpa ada hambatan suatu apapun.

Disampaikan Bupati, menunaikan ibadah haji sesuatu yang dirindukan oleh setiap umat Islam dan dilaksanakan minimal satu kali seumur hidup, untuk itu harus dilaksankan dengan baik dan sempurna.

Untuk mendapat kesempurnaan dalam menunaikan ibadah haji diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang memadai bagi seluruh jamaah haji tentang ibadah haji sekaligus mempraktekkannya secara baik dan benar, salah satunya adalah melalui Manasik haji secara teratur dan berkesinambungan.

"Manasik akbar ini tentu momen yang sangat baik, untuk bisa kita melatih diri  agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik oleh para jamaah haji sekalian,"kata Bupati.

Menurut Bupati, kedepan Pemkab Simalungun terus berupaya untuk memperbaiki sistem terutama mempermudah bagi calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci Makkah. 

"Kami dari Pemkab Simalungun akan mendukung dan membantu kemudahan-kemudahan dalam kegiatan manasik haji kedepan termasuk tentang kesehatan para jamaah haji,"kata Bupati.

Di kesempatan itu Bupati menitip pesan kepada jamaah haji untuk mendoakan pemerintahan dan Tanoh Habonaron Do Bona ini. "Saya yakin doa di tanah suci cepat di kabulkan untuk Tanoh Habonaron Do Bona ini,"ucapnya.

Turut memberikan kata sambutan ketua DPRD Simalungun diwakili H Usmaynto dan Kakan Kemenag Simalungun Ahmad Sofian.

Tampak juga hadir antara lain Anggota DPRD Hendra Sukmana Sinaga, Kapolres Simalungun diwakili AKP P Butarbutar, Dandim 0207/Sml Kapten Inf B Harahap, Sekda Esron Sinaga bersama sejumlah pimpinan perangkat daerah, ketua FKUB Nurdin Panjaitan dan sejumlah pengurus Ormas Islam. (BS-Rel)










Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments