Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ketua TP PKK Simalungun: Pengusaha dan Pelaku UMKM Harus Siap Untuk Berinovasi

Ketua TP PKK Simalungun dihadapan para peserta kegiatan Rapat Kerja (Raker) Pariwisata Simalungun Tahun 2023 di Hotel Patrajasa Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Selasa (9/5/2023)

Parapat, BS- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Simalungun Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, sebagai pelaku UMKM harus siap untuk berinovasi agar produk ataupun usaha yang kita jalani semakin berkembang.

Hal itu dikatakan Ketua TP PKK Simalungun dihadapan para peserta kegiatan Rapat Kerja (Raker) Pariwisata Simalungun Tahun 2023 di Hotel Patrajasa Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Selasa (9/5/2023)

Raker Pariwisata itu mengusung tema "Menuju Wisata Simalungun yang Digital, Bersinergi dan Berkesinambungan".

Ketua TP PKK Simalungun Ny Ratnawati Radoapoh Hasiholan Sinaga mengatakan bahwa, produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) memiliki kontribusi dalam pengembangan pariwisata.

"Ada banyak ragam produk UMKM yang ada di Kabupaten Simalungun. Diantara produk UMKM tersebut, ada beberapa produk yang langsung dibina oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Simalungun," kata Ratnawati.

Ratnawati menyampaikan bahwa, Tim Penggerak PKK telah melakukan edukasi, pembinaan, dan pelatihan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Simalungun, terkait pengurusan ijin usaha, pengemasan hingga pemasaran.

Jika kita ingin produk kita memiliki target pasar yang luas dan usaha kita semakin berkembang, maka lakukanlah sebuah inovasi. Perhatikan packaging atau kemasan dari produk kita sebut Ratnawati.

Menurut Ratnawati, produk dari usaha sama halnya seperti manusia, apabila diberikan baju yang cantik maka akan dilihat menarik bagi orang lain. Dan apabila pakai baju kurang cocok maka orang lain pastilah tidak tertarik untuk melihatnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Ratnawati juga memperlihatkan berbagai macam produk UMKM yang telah menjadi produk unggulan Kabupaten Simalungun, diantaranya Bubuk Jahe Merah, Tingting Jahe, Dodol Ubi, Kacang Garing Malas Uhur, berbagai jenis olahan keripik dan lainnya.

"Produk UMKM yang ada didepan ini adalah hasil dari binaan PKK Kabupaten Simalungun kepada para pengrajin yang ada di Nagori (desa). Dan dari beberapa produk ini juga sudah ada yang keluar ijin halalnya" ucap Ratnawati.

Untuk itu, Ratnawati mengajak untuk bersama-sama mendukung UMKM yang ada di Kabupaten Simalungun. Sebagai pengusaha dan pelaku UMKM harus punya mental dan mindset sebagai pengusaha yang sukses agar nanti termotivasi.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ramadhani Purba, Kadis Budparekraf M Fikri F Damanik, Kadis Koperasi dan UKM Maruli Tambunan, Kadis Tenaga Kerja Riando P Purba,  Camat Girsang Sipangan Bolon Maruwandi Simaibang, Kacab Bank Sumut Pamatang Raya Thomas AC Tarigan dan peserta yang berasal dari pengusaha dan pelaku UMKM. (BS-Rel)






Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments