Info Terkini

10/recent/ticker-posts

JSM Damanik Berkomitmen Menggeliatkan Pariwisata Domestik di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun



Kolonel Purn James Sabar Mahita (JSM) Damanik S Sos 
Bacaleg DPRD Provinsi Sumut Perindo Dapil Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun

Pematangsiantar, BS-Pariwisata salah satu komoditi yang dapat menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Potensi atau modal dasar yang dimiliki Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun seperti obyek wisata cukup beragam.

Seperti pesona Danau Toba di Kota Parapat, Bukit Simarjarunjung, Pemandian Bah Sidamanik, Perkebunan Teh Sidamanik, Pemandian Air Panas Tinggi Raja, Kota Pematangsiantar dengan hasil bumi seperti Kopi, Pisang, Jagung, teh, gula aren dan lainlainnya serta produk kerajinan tangan tenunan atau souvenir khas Simalungun dibawah binaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Demikian diungkapkan Kolonel (Purn) James Sabar Mahita (JSM) Damanik S Sos, Bacaleg DPRD Provinsi Sumut Perindo Dapil Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun kepada Jurnalis Beritasimalungun, Kamis (15/6/2023). 


Menurut JSM Damanik, selama ini pengelolaan Pariwisata di Siantar Simalungun belum menggeliat seperti daerah lainnya. Hal ini disebabkan banyak factor seperti kondisi jalan yang mengalami rusak, pelayanan, sarana prasarana pendukung yang belum optimal dan sebagainya.

Katanya, dalam rangka menunjang  parawisata di Siantar Simalungun, salah satu penggiat Pariwisata di Provinsi Sumut PT. Lovely Holidays Pimpinan Maruli Damanik melakukan terobosan dengan membentuk Tim untuk memperkenalkan budaya Simalungun dengan Margotong, Marbulang, Manortor, Mandoding Simalungun di Kuala Lumpur Malaysia selama 4 hari.

JSM Damanik yang ikut dalam kegiatan ini menyebutkan agendanya mengadakan pertunjukan Manortor, Fashion Show, Mandoding, Margotong dan Marbulang di beberapa tempat strategis di Putra Jaya, Genting Highland, Twintower, Istana PM Malaysia, Pusat-Pusat Perbelanjaan Mitsui, Melaca, Gedung Olahraga Kuala Lumpur dan Hotel Tempat Menginap rombongan.

Disebutkan, Lovely Holiday yang sudah 20 tahun mengelola traveling di banyak Negara telah mempunyai jaringan luas dengan pihak pengelola pariwisata/travel di manca negara tentunya sangat mendukung kegiatan pengenalan/promosi tersebut, selama 4 hari semua kegiatan berjalan lancar dan sangat memuaskan bagi peserta/rombongan dan merasa sangat puas atas pelayanan dari Lovely Holiday beserta crewnya.

“Peserta rombongan Margotong Marbulang telah memesan kepada Lovely Holiday untuk kembali mengadakan Tour Pengenalan Budaya Simalungun ke Negara maju lainnya seperti Turkie, Thailand, Vietnam dan ke negara eropa lainnya pada waktu yg akan datang,” kata JSM Damanik.
Kolonel (Purn) James Sabar Mahita (JSM) Damanik S Sos (kedua dari kiri) bersama salah satu penggiat Pariwisata di Provinsi Sumut PT. Lovely Holidays Pimpinan Maruli Damanik melakukan terobosan dengan membentuk Tim untuk memperkenalkan budaya Simalungun dengan Margotong, Marbulang, Manortor, Mandoding Simalungun di Kuala Lumpur Malaysia selama 4 hari. (Foto: Istimewa)

“Semua rombongan semangat tinggi mengikuti kegiatan karena rasa cinta Budaya Simalungun dan harapan agar turis manca negara melirik Siantar Simalungun menjadi tujuan wisata,” tambahnya.

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh Bacaleg Partai Perindo untuk DPRD Provinsi Sumut Kolonel Inf Purn James Sabar Mahita. S.Sos yang ikut sebagai rombongan dan antusias mengikuti pengenalan budaya ini dan mendukung untuk tahun depan dilakukan Kembali Tour ke Negara lainnya.

“Banyak pengetahuan dan wawasan yang dapat dipetik dengan mengamati kemajuan di Kuala Lumpur dan Pusat Pemerintahan di Putra Jaya. Diantaranya  masalah kebersihan, kerapian, keindahan hampir diseluruh tempat tertata dengan baik,” ujar JSM Damanik.

“Sikap dan tata krama ramah masyarakat dengan budaya melayu sangat bersahabat. Tertib dan disiplin yang ditunjukkan masyarakat Malaysia membuat kita betah tinggal merasa nyaman. Fasilitas umum sangat lengkap. Penataan kota sangat luar biasa mulai perkantoran, perumahan, pendidikan, pusat perbelanjaan, industri tertata dengan baik,” terang JSM Damanik. 

Menurut JSM Damanik, yang paling terlihat bagus adalah semua infrastruktur jalan yang sangat bagus dan mulus. Disiplin berlalu lintas sangat tinggi. Tidak ada terlihat menerobos trafficlight, saling mendahului memepet kendaraan dan bunyi klakson seperti di Siantar.

“Peradaban masyarakat malaysia sangat luar biasa sangat saling menghormati, tentu inilah yang mendorong Malaysia maju dengan pesat.  Beberapa nilai penting ini menjadi pelajaran berharga untuk dapat dicontoh dan diterapkan di Indonesia khususnya Siantar dan Simalungun,” pungkas JSM Damanik. (BS-AsenkLeeSaragih)


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments