Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Intan Saragih Meriahkan Pesta "Patibal Batu Onjolan" GKPS Tanah Kanaan Jambi

Foto By: Moses Juneri Manihuruk.

Jambipos, Jambi-Ibadah Pesta Patibal Batu Onjolan (Peletakan Batu Penjuru) Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Tanah Kanaan Jambi, Resort Jambi, Distrik VI dilakukan oleh Pimpinan Sinode GKPS dalam hal ini Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe didampingi Praeses GKPS Distrik VI (meliputi wilayah Provinsi Riau, Kepri, Jambi, Sumsel, Babel, Bengkulu) Pdt Karmen Sipayung STh, Pdt Marudin Saragih STh (Kantor Sinode GKPS), Fultimer GKPS Resort Jambi Pdt Rudyard Saragih SSi Teol, Pdt Franky Doris Morinata Malau STh, Penginjil L Br Purba Minggu 16 Juli 2023. Prosesi "Patibal batu Onjolan" berjalan dengan hikmat. Kotbah Ibadah Minggu disampaikan Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe.

Gubernur Jambi H Al Haris diwakilkan kepada Asisten I (Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat) Pemerintah Provinsi Jambi, Arief Munandar, SE hadir sebelum ibadah dimulai. Sementara Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto yang sebelumnya direncanakan akan menghadiri Pesta, tidak hadir. 

Arief Munandar pada kesempatan itu menyampaikan selamat atas Pesta Patibal Batu Onjolan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi. Pesta Patibal Batu Onjolan tersebut menunjukkan bahwa GKPS Tanah Kanaan tetap dalam suasana kebersamaan membangun rumah ibadah di tengah kesulitan ekonomi masyarakat beberapa tahun belakangan.

“Bapak Gubernur Jambi mohon maaf karena tidak bisa hadir pada acara ini. Beliau menyapaikan salam dan sukses atas Pesta Patibal Batu Onjolan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi ini. Semoga pembangunan gereja ini bisa terus berlanjut hingga rampung dan tetap dalam suasana kebersamaan dan damai,”katanya.

Sementara itu menurut Ketua Majelis Jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, St Drs Midian Purba, GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi berdiri sejak Minggu, 23 Oktober 2011 dengan status GKPS Persiuapan Tanah Kanaan. GKPS Persiapan Tanah Kanaan diresmikan menjadi GKPS Tanah Kanaan pada Minggu, 23 Oktober 2017. Surat izin GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi diberikan Wali Kota Jambi tanggal 12 September 2019.

Dikatakan, saat ini warga jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi mencapai 120 kepala keluarga (KK) dengan jumlah 240 jiwa. Sekitar 140 orang warga jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi merupakan putra-putri GKPS dari daerah Simalungun dan daerah lain yang menempuh studi di Universitas Jambi (Unja).



Ibadah Pesta "Patibalhon Batu Onjolan" (peletakkan batu penjuru-red) Gedung GKPS Tanah Kanaan Jambi, dihadiri sekitar 500 jemaat se Resort Jambi diantaranya dari GKPS Jambi, GKPS Persiapan Simpang Rambutan Tanjabar, Pos PI Bayunglencir dan Jemaat GKPS Tanah Kanaan Jambi serta undangan dari gereja tetangga dan undangan perkumpulan Marga-marga (Purba Pakpak, Girsang, Garingging, Tim Doa, Perkumpulan Silaukahean, Perkumpulan Marga Simarmata). 

Usai ibadah, di dalam gereja, dilanjutkan dengan acara pesta di luar gedung gereja. Acara meliputi penyematan "Hiou Pamonting", Manortor yang dihibur oleh Artis Simalungun terkenal Intan Saragih dan Sabar Tondang. Suasana pesta tampak meriah hingga berakhir pukul 18.00 WIB. 

Pada kesempatan itu juga hadir sejumlah Caleg dan undangan lain untuk mendukung kegiatan dengan memberikan donasi. Panitia juga memberikan apresiasi lewat "Dayok Binatur" dan "Hiou Simalungun" kepada sejumlah tokoh yang berjasa dalam pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi. Salah satunya adalah kepada Kel St RK Purba Pakpak (Alm) Inang P Br Sitepu.

Ketua Umum Pesta Petrus Purba, Ketua Panitia Pelaksana St Rodi Damanik, Bendahara Umum St LM Br Sidauruk, Ketua Pimpinan Majelis Jemaat (PMJ) GKPS Tanah Kanaan Jambi, St Drs Midyan Purba mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas suksesnya acara Ibadah dan Pesta "Patibal Batu Onjolan" GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Panitia juga mengapresiasi penampilan Intan Saragih dan Sabar Tondang yang tampil prima dalam mengiringi seluruh "Tortor" hingga acara berakhir. Lantunan suara Intan Saragih dan tarian jemari Sabar Tondang pada Keybord membuat susana hiburan meriah penuh sukacita.

Intan Saragih dan Sabar Tondang (Nisha Group-Pematangsiantar) sudah kali 11 diundang ke Kota Jambi untuk mengisi acara GKPS dan juga kegiatan Simalungun lainnya. Tampil selama dua hari, Intan Saragih dan Sabar Tondang betul-betul menunjukkan bahwa mereka adalah Artis Simalungun papan atas yang selalu membuat pesta meriah hingga undangan ikut bergoyang dan malas beranjak dari tempat duduk.  (AsenkLeeSaragih)









Intan Saragih (tengah) bersama Lisbet Sinaga dan Marsaulina Br Lingga (Inang GKPS Jambi) di GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu (16/7/2023). (Foto: Ezer Twopama Manihuruk)


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments