Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kemeriahan Pesta Syukuran Parna Indonesia Di Samosir



Pengurus Parna Indonesia manyampaikan Sambutan diatas Pentas di Pantai Tandarabun sebelum membagikan sembako. (Istimewa)

Samosir, BS
-Pertama kali dilakukan, Pesta syukuran Parna se Indonesia digelar di Pantai Tandarabun Kabupaten Samosir, mulai Kamis 6 Juli 2023 hingga Sabtu 8 Juli 2023. Kemeriahan pesta Parna Indonesia yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat, Letjen TNI Purnawirawan Cornel Simbolon dihadiri oleh tokoh tokoh marga yang masuk dalam perkumpulan Parna dari seluruh Indonesia.

Para peserta pesta syukuran Parna dengan mengenakan pakaian kaos Putih-merah bertuliskan Parna Indonesia, melakukan olahraga jalan santai bersama di Tandarabun Samosir, lalu dilanjutkan dengan penaburan bibit ikan di Danau Toba. 

Kemudian Rombongan berangkat ke Sijambur Nabolak Pusuk Buhit untuk melakukan penanaman pohon di Perkampungan Raja Naiambaton. Meski akses menuju kelokasi belum bisa dilalui kendaraan roda empat, para peserta syukuran tetap semangat melakukan perjalanan sampai tujuan dengan menggunakan sepeda motor dan ada yang jalan kaki yang jaraknya cukup jauh dan mendaki.
Rombongan pesta syukuran Parna Indonesia pada saat penanaman pohon di Sijambur..

Pada acara penanaman pohon juga dihadiri dihadiri Letjen Cornel Simbolon, Profesor Juang Sitanggang, Jalongser Simbolon, Rajamuda Simarmata, Nasib Simarmata, Pintor Dapot Sidauruk, Naris Sitanggang dan beberapa tokoh parna lainya dari perantauan dan kampung halaman Samosir.

Setelah selesai penanaman pohon, rombongan kembali ke Pantai Tandarabun untuk makan siang bersama. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada keturunan Parna yang ada di Tandarabun yang disampaikan langsung oleh Pengurus Parna Indonesia Cornel Simbolon dan Juang Sitanggang serta ketua pesta syukuran Parna Indonesia Jumaga Nadeak.

Bukan itu saja, jelang malam hari, acara pesta syukuran Parna Indonesia juga dimeriahkan oleh beberapa artis batak dari Ibukota dan arti Lokas dari Samosir untuk menghibur para undangan.

Adapun marga marga Parna dalam pelaksanaan pesta syukuran Raja Naiambaton atau Parna ini yakni keturunan Keturunan Raja Sitempang dan Raja Nabolon, diantaranya Marga Simbolon, Sitanggang, Tamba, Saragih, Munthe, Simarmata, Sidauruk, Turnip, Simanihuruk, Simalango, Sigalingging, Nadeak, Sitio, Siadari, Sijabat, Sidabutar, Saing dan marga marga Parna lainya yang berkisar 50 sampai 60 an marga.

Tugu Limbong Mulana

Sementara Anggota DPR RI yang juga Ketum PSBI, Dr. Effendi Muara Saksi Simbolon MI Pol bersama Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, hadir pada peresmian Tugu Limbong Mulana yang berlangsung di Desa Sarimarihit, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Kamis (6/7/2023).

Tampak hadir keluarga besar Simbolon Se- Dunia (PSBI) yang juga sebagai boru Sihabolonan Limbong Mulana. Rombongan keluarga besar Simbolon Se- Dunia (PSBI) dan Bupati Samosir tersebut disambut gembira dengan tari- tarian tradisional batak.

Acara Horja Bolon atau Pesta Budaya Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (LPPMI) dimulai sejak tanggal 4 sampai dengan 7 Juli 2023. 

Peresmian Tugu Limbong Mulana itu, dihadiri puluhan ribuan pomparan Limbong Mulana, yang dirangkai kegiatan Pelantikan Ketum Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia Mayjend (Purn) DR. Bernhard Limbong S Sos SH MH dan penyerahan Ulos So Olo Buruk kepada Simbolon Se- Dunia sebagai boru Sihabolonan Limbong Mulana, serta pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti Tugu Limbong Mulana.

Setelah Pelantikan Ketum Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia terpilih, Bernhard Limbong bersama Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia menyerahkan ulos soraburuk atau sebidang tanah kepada marga Simbolon yang diterima Ketum PSBI sebagai Boru dari Marga Limbong, dengan sekaligus ikut menginjakkan kaki ditanah yang diberikan.

Disana juga Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia memberikan minum aek mual natio kepada rombongan, yang sumber mata airnya dari gunung Pusuk Buhit milik leluhur Limbong Mulana, dan sekaligus menyematkan ulos.

Pada kesempatan tersebut Ketum PSBI yang juga Anggota DPR RI, Effendi Muara Sakti Simbolon, menyampaikan rasa bangganya dan terharu dengan terlaksananya pesta Tugu Limbong Mulana. Sebagai Boru, Efendi Simbolon mohon doa berkat kepada Pomparan marga Limbong. "Ada suka cita, saling mengasihi dan kasih melalui pesta ini", tuturnya.

Bupati Samosir, Vandiko Timotius Gultom juga mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan pesta Tugu Limbong Mulana di Kabupaten Samosir sebagai suatu upaya pelestarian budaya. 

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pomparan Limbong Mulana, semoga melalui pesta ini terjalin kekeluargaan dan semakin bersatu", ujarnya.

Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Parsadaan Pomparan Marga Limbong yang sudah memberikan ulos. Menurutnya, ulos tersebut akan menjadi berkat, penambah semangat dalam memimpin di Kabupaten Samosir. 

Dengan adanya berbagai pesta adat seperti halnya peresmian Tugu Limbong Mulana ini, akan semakin meningkatkan rasa cinta terhadap budaya serta meningkatkan pendapatan masyarakat pasca pandemi, tutup Bupati.  (BSa/Berbagaisumber/Red)

"Selamat Pagi Boru Hasianku Vani Simbolon, senang sekali ya boru bisa ketemu lepas rindu  ama Opung Kumis Elman Saragih. Bisa juga curhat ama Bapak Tuamu Effendi Simbolon. Bersua juga ama Paribanmu Bapak Vandiko Gultom Bupati Samosir. Semoga Kita semua dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Amin," tulis Elfrida Sinaga (Ibunda Vani Simbolon).




"Selamat Pagi Boru Hasianku Vani Simbolon, senang sekali ya boru bisa ketemu lepas rindu  ama Opung Kumis Elman Saragih. Bisa juga curhat ama Bapak Tuamu Effendi Simbolon. Bersua juga ama Paribanmu Bapak Vandiko Gultom Bupati Samosir. Semoga Kita semua dalam Lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Amin," tulis Elfrida Sinaga (Ibunda Vani Simbolon).


Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments