Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Wali Kota Pematang Siantar Marsombu Sihol Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Ajang Generasi Muda Mengenal Adat Dan Budaya



Pematang Siantar, BS - Acara Marsombuh Sihol Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Boru, Bere, Ibebere/Panogolan Kota Pematang Siantar-Kabupaten Simalungun, dapat menjadi ajang bagi generasi muda untuk mengenal adat budaya.
Acara Marsombuh Sihol Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Boru, Bere, Ibebere/Panogolan Kota Pematang Siantar-Kabupaten Simalungun itu sendiri, diselenggarakan di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar Minggu, 09/07/2023.

“Acara Marsombuh Sihol dinilai mempererat tali kekeluargaan persatuan antara Punguan Pomparan Ompu Simataraja Raja Simarmata Boru, Bere, Ibebere/Panogolan Pematang Siantar-Simalungun. Dan yang paling penting agar generasi muda lebih mengenal adat dan budaya,” sebut Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani Sp. A dalam sambutannya.

Kehadiran Wali Kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu disambut Ketua Umum DPP Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Boru, Bere, Ibebere/Panogolan Tumpal Simarmata.

dr Susanti pun berharap kegiatan seperti ini tetap dijaga dan dilestarikan serta menjadi agenda rutin Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Boru, Bere, Ibebere/Panogolan Kota Pematang Siantar-Simalungun.

Pemko Pematang Sianțar, sambung dr Susanti, terus fokus terhadap kegiatan-kegiatan dalam upaya melestarikan dan mengembangkan adat serta budaya.

Pada kesempatan tersebut, dokter spesialis anak itu mengaku saat ini Lapangan H Adam Malik masih membutuhkan perawatan dan perbaikan. Untuk itu, katanya, dalam waktu dekat, mudah-mudahan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi akan hadir di Kota Pematang Siantar untuk melakukan peletakan batu pertama renovasi Lapangan H Adam Malik, ujar Wali Kota.

“Mudah-mudahan ke depannya, Lapangan Haji Adam Malik bisa lebih baik dan nyaman untuk kegiatan-kegiatan adat dan budaya, sekaligus yang mengandung nilai-nilai luhur yang patut dilestarikan dalam bentuk kearifan lokal masyarakat Kota Pematang Siantar,” tandas mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih ini.

Tidak lupa, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada Marga Simarmata yang selama ini telah berkontribusi dalam mendukung pembangunan di Kota Pematang Siantar.

“Bahkan ada dari Simarmata yang menduduki posisi penting di Pemko Pematang Siantar,” tutup alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ir Thomas Saragih Simarmata dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran Wali Kota Pematang Siantar, dr Susanti Dewayani Sp. A dalam kegiatan tersebut.

Thomas menjelaskan sebelum kegiatan Marsombuh Sihol, panitia melaksanakan sejumlah kegiatan, seperti revitalisasi Tugu Ompung Bantennangnang Saragih Simarmata, bakti sosial, donor darah, serta Focus Group Discusion (FGD).

Usai sambutan, dr Susanti berfoto bersama Ketua Umum DPP Punguan Ompu Simataraja Raja Simarmata Dohot Boruna Ir Tumpal Simarmata, Ketua DPW Siantar-Simalungun Drs Samuel Saragih, Ketua Panitia Marsombuh Sihol Ir Thomas Saragih dan sejumlah panitia seperti Marulam Simarmata, Piliaman Simarmata, tokoh masyarakat Sumut Parlindungan Purba, sejumlah pengurus Forum Generasi Muda Simarmata (Forgemsi). (Berbagai Sumber, J24 - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

There is no other posts in this category.

Post a Comment

0 Comments