Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Masuk DCS Nomor Urut 1, Sahata Silalahi (PSI) Intensifkan Silaturahmi di Dapil Pematangsiantar-Simalungun

Sahata Silalahi bersama pelaku UMKM Parapat, Simalungun.

Pematangraya, BS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) DPRD Provinsi Sumatera Utara bebarapa waktu lalu. Caleg PSI Dapil Sumut 10, Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun Sahata Silalahi mendapat nomor urut satu.

Kini Sahata Silalahi semakin intensif melakukan silaturahmi dan sosialisasi trekait dengan niat tulus menuju DPRD Provinsi Sumatera Utara Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. 

Seperti sepakan terakhir, Sahata Silalahi silaturahmi dengan Team Kecamatan Sidamanik, Team Kecamatan Dolok Pardamean dan melakukan kegiatan gotong royong bangun jalan.

Kemudian Sahata Silalahi juga silaturahmi dengan Team Kecamatan Pamatang Sidamanik, warga Simpang Dua Siantar Marimbun. Juga mengunjungi pelaku UMKM Parapat serta pedagang kaki lima di Pantai Bebas Parapat. Sahata Silalahi juga memberikan waktu bersama pengurus PERHIMPUNAN PARSIDAMANIK SE INDONESIA(PPSI) DPC SIDAMANIK.

Tak hanya disitu, Sahata Silalahi juga bersilaturahmi dengan Team Parapat/Girsang Sipangan Bolon, Team Bosar Maligas. pada kesempatan lain, Sahata Silalahi juga memberikan bantuan untuk lansia dan anak yatim di Kabupaten Simalungun.

Menjadi wakil rakyat tentunya bukan persoalan mudah. Banyak tantangan yang dihadapi dalam pesta demokrasi. Selain logistik, tentunya adu strategi dan gagasan disodorkan para calon legislatif untuk meraih simpatik pemilih. 

Masyarakat juga melihat rekam jejak caleg dan juga anggota dewan patahana. Jika gebrakan atau perbuatan anggota dewan patahana di dapil nyaris tak berjejak, sebaiknya ganti dengan sosok caleg yang mengusung gagasan yang masuk akal.

Pada Pileg 14 Februari 2024 mendatang, salah satu caleg DPRD Provinsi Sumatera Utara Periode 2024-2029 dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bernama Sahata Silalahi ST, kelahiran Nagori  Ambarisan, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun yang maju lewat Pemilihan Sumut 10 yang meliputi wilayah Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun serius untuk mengabdikan dirinya untuk rakyat.

Pria asal Simalungun kelahiran 29 Juli 1977 ini kepada Jurnalis Beritasimalungun.com dan Sumatera24Jam.com mengatakan, Simalungun sangat kaya, sangat potensial. Tapi ketika yang berkompeten tidak punya gerakan, maka Simalungun dan Kota Pematangsiantar tinggal hanya slogan dan motto yang tak berarti.

“Bagi saya, mendiamkan kesalahan adalah suatu kejahatan. Ase sittong daini podah Kabupaten Simalungun (motto) "Habonaron Do Bona" dan Kodya Pematangsiantar "Sapanganbe Manoktok Hite",” ujar Sahata Silalahi.

Menurutnya, lewat PSI, dirinya memantabkan langkah menuju DPRD Provinsi Sumatera Utara pada Pileg 14 Februari 2024 mendatang. 


Sahata Silalahi juga memiliki pandangan soal buruknya infrastruktur di wilayah Kabupaten Simalungun. Menurut Sahata Silalahi, pandangannya soal infrastruktur di Simalungun yang sudah luar biasa buruknya tidak terlepas dari tidak terjalinnya komunikasi yang baik antara Pemkab Simalungun dengan Pemprovsu (khusus jalan provinsi).

Sehingga anggaran untuk jalan provinsi di Simalungun kurang perhatian penyambung lidah rakyat yang duduk di tingkat 1 dapil 10 (Pematangsiantar-Simalungun) terkesan mendiamkan.

“Untuk jalan Kabupaten Simalungun, yang mana selama ini kita tahu hanya sekitar 10% dari keseluruhan jalan kabupaten yang layak. Hal itu disebabkan oleh minimnya anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan infrastruktur jalan dibanding dengan alokasi peruntukan yang tak begitu penting dimasyarakat. Salah satu contoh mengurangi acara-acara yang sifatnya seremonial yang lumayan juga menyedot anggaran,” terang Sahata Silalahi.

“Pemkab Simalungun sampai detik ini belum bisa mendata potensi-potensi PAD yang ada yang diharapkan mampu  mendongkrak PAD tersebut, juga masih berkutat dan berharap dari PBB dan retribusi yang sifat dan hasilnya tidak jelas. Pemkab atau pemkot terkesan lambat hanya menunggu saja dari yang dulu-dulu sudah ada,” kata Sahata Silalahi.

Sahata Silalahi berjanji akan berjuang untuk menyuarakan aspirasi rakyat di Dapil Pematangsiantar-Simalungun jika rakyat memberikan mandat padanya pada Pileg 14 Februari 2024 mendatang.

Peta Suara Dapil Siantar-Simalungun

Dari catatan, 8 Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Periode 2019-2024 Dapil Sumut X Kota Pematangsiantar-Kabupaten Simalungun yakni 1. Saut Bangkit  Purba (+)-Demokrat (42.171), 2.Mangapul Purba-PDI-P (40.216), 3.Rony Reynaldo Situmorang NasDem (31.609), 4. Franky Partogi Wijaya Sirait-PDI-P (27.503).

Kemudian 5.Hidayah Herlina Gusti Nasution-PKS (21.795), 6. Iskandar Sinaga-Golkar (18.215) , 7.Rusdi Lubis-Hanura (13.558), 8. Gusmiyadi-Gerindra (7.828).

Sedangkan jumlah mata pilih sementara di Kabupaten Simalungun berjumlah 637.496 mata pilih yang tersebar di Kecamatan Bandar, Bandar Huluan, Bandar Masilam, Bosar Maligas, Dolog Masagal, Dolok Batu Nanggar, Dolok Panribuan.

Kemudian di Kecamatan Dolok Pardamean, Dolok Silau, Girsang Sipangan Bolon, Gunung Malela, Gunung Maligas, Haranggaol Horison, Hatonduhan, Huta Bayu Raja, Jawa Maraja, Bah Jambi, Jorlang Hataran, Pamatang Silima Huta, Panei, Panombeian Pane, Pematang Bandar, Pematang Sidamanik, Purba, Raya, Raya Kahean, Siantar, Sidamanik, Silimakuta, Silou Kahean, Tanah Jawa, Tapian Dolok, Ujung Padang.

Sementara jumlah pemilih sementara di Kota Pematangsiantar tercatat 193.097 mata pilih yang tersebar di Kecamatan Santar Barat, Siantar Marihat, Siantar Marimbun, Siantar Martoba, Siantar Selatan, Siantar Sitalasari, Siantar Timur dan Kecamatan Siantar Utara. Bukan hal mustahil Sahata Silalahi bisa meraih suara lebih pada Pileg 14 Februari 2024 mendatang. Semoga. (BS-S24/AsenkLeeSaragih)

 



Galeri Foto Blusukan Sahata Silalahi Sepekan

Sahata Silalahi bersama Grace Natali (Ketua Dewan Pembina PSI)

Sahata Silalahi bersama Team Kecamatan Pamatang Sidamanik.

Sahata Silalahi bersama Pengurus PERHIMPUNAN PARSIDAMANIK SE INDONESIA(PPSI) DPC SIDAMANIK.

Sahata Silalahi bersama warga Simpang Dua Siantar Marimbun.

Sahata Silalahi bersama pedagang kaki lima di Pantai Bebas Parapat, Simalungun.

Sahata Silalahi bersama Bersama Team Kecamatan Sidamanik.

Sahata Silalahi juga memberikan bantuan untuk lansia dan anak yatim di Kabupaten Simalungun.

Sahata Silalahi dalam pelayanan di GKPS di Medan.

Sahata Silalahi juga memberikan bantuan untuk lansia dan anak yatim di Kabupaten Simalungun.

Sahata Silalahi juga memberikan bantuan untuk lansia dan anak yatim di Kabupaten Simalungun.

Sahata Silalahi juga memberikan bantuan untuk lansia dan anak yatim di Kabupaten Simalungun.







Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments