Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Wali Kota dr Susanti : Penyebaran Injil di Kabupaten Simalungun Tak Terpisahkan dari Kota Pematangsiantar

Hadiri Acara Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik II
Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani saat menghadiri acara Perayaan Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik II dan Pesta Olop-olop GKPS Resort Raya, di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematangraya 1903, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun walaupun hujan turun cukup deras, Sabtu (02/09/2023) sore.

Pematangsiantar, BS-Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA  menyampaikan selamat atas terselenggaranya Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun. dr Susanti mengutarakan, penyebaran Injil di Kabupaten Simalungun tidak dapat dipisahkan dari Kota Pematang Siantar. Sebab secara historis, Kota Pematang Siantar lahir dari Kabupaten Simalungun.

Demikian diungkapkan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani saat menghadiri acara Perayaan Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun GKPS Distrik II dan Pesta Olop-olop GKPS Resort Raya, di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Pematangraya 1903, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun walaupun hujan turun cukup deras, Sabtu (02/09/2023) sore.

Di acara tersebut, dr Susanti, Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH MH, dan sejumlah tokoh Simalungun seperti Rudolf Saragih dan Parlindungan Purba menerima Hiou yang dipakaikan oleh Sekjend GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe.

“Seperti bapak dan anak. Artinya, apa yang dirasakan oleh Kabupaten Simalungun, juga turut dirasakan oleh Kota Pematangsiantar. Begitu juga sebaliknya,” tutur dr Susanti.

Masih kata dr Susanti, tentunya keberadaan Injil di Simalungun yang telah berusia 120 tahun, telah membentuk karakter, moral, dan etika pada masyarakat.

“Tentunya perayaan ini mengingatkan kita bahwa agama itu bukan hanya untuk beribadah. Tetapi agama berbicara cinta kasih dan solidaritas di dalam bermasyarakat,” terangnya.

dr Susanti juga mengatakan, kehadiran tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam acara tersebut untuk mengapresiasi karena telah terciptanya kehidupan yang baik dan harmonis di Kota Pematang Siantar serta Kabupaten Simalungun.

“Sekali lagi, kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar mengucapkan selamat Jubileum 120 Tahun Injil di Simalungun. Damai sejahtera untuk kita semua. Diateitupa, Horas!” tutup dr Susanti.

Sementara itu, Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi istri Ratnawati Sidabutar dalam sambutannya menyampaikan peran yang begitu besar dari August Theis, Pdt J Wismar Saragih, dan Guru Jason Saragih, dalam perjalanan Injil di Simalungun.

Menurutnya, saat ini hanya GKPS yang menjadi gerbang terakhir berbahasa Simalungun. “Terima kasih, semoga Tuhan yang memberkati dan memberi rezeki berlipat ganda dalam membesarkan GKPS,” kata RHS.

Turut hadir pada Jubileum 120 tahun Injil di Simalungun ini, antara lain Pangdam I/Bukit Barisan diwakili Kasrem 022/Pantai Timur Letkol Inf Yoppy Hutasoit, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossi, Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung, Kapolres Pematang Siantar diwakili Kompol Marhalam, mantan Ephorus GKPS Jaharianson Saragih, dan sejumlah mitra dari Jerman.  (BS-Red)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments