Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jeka, Gotong dan UFC

Oleh: B4Y4K 

Gotong salah satu kearifan lokal budaya dari Simalungun. Gotong tidak sembarangan dikenakan. Biasanya moment spesial seperti pernikahan, acara khusus, dll...benda menyerupai topi menjulai tinggi itu.. kaum pria yang mengenakannya.

Kain bermotif batik itu lebih sedap dipandang bila dipadankan dengan bulang. Gotong dan Bulang seperti sepasang sejoli yang sulit dipisahkan.

Simalungun boleh berbangga...sejak Jeka Saragih menekuni olah raga MMA, Jeka selalu memakai Gotong saat memasuki Octagon. Bagi Jeka, Gotong adalah jatidirinya.

Minggu lalu...saat masuk Octagon di APEX LASVEGAS AS melawan Lucas Alexander, Jeka tak lupa mengenakan Gotong. Gotong dari domestik merambah ke-Internasional (Dunia) 

Usai mengalahkan Alexander asal Brazil KO dengan durasi 1 menit 12 detik, Jeka selebrasi kemenangan dengan berjoget ringan. Jeka memberi tanda kepada kru dan teamnya..
sembari menunjukkan arah kepalanya...mana Gotongku.

Gotong itu lalu disematkan diatas kepalanya. Dalam konferensi Pers atas kemenangannya..
awak media di-AS bertanya kepada Jeka..topi itu apa maknanya. Ini simbol (ikon) dari suku saya Simalungun, ujar JEKA bangga.

Mengalahkan Alexander KO dalam hitungan 1 menit..dilansir dari UFC..debut perdana Jeka dikontrak UFC...Jeka dibayar 1.2 Milyar. Itu artinya 1 menit Jeka meraih uang 1.Miliar. Angka yang cukup fantastis.

Instankah Jeka meraih uang itu? Tentu tidak. Jeka latihan keras dengan bimbingan Marc Fiore asal AS. Tidak berhenti disitu aja...Jeka meninggalkan Istri dan anaknya di-Medan.

Entah kapan Gotong dimulai sebagai simbol kearifan lokal dari-Simalungun saya tidak punya data.

Yang saya tau..ketika Jambore Pramuka Nasional di Sibolangit tahun 1977..Alm Presiden Soeharto pernah mengenakannya.

Memulai sangatlah mudah...konsisten sangat sulit. Jeka sudah memulai..dan dia tetap konsisten memakai Gotong. Jeka..layak dinobatkan jadi Duta Budaya Simalungun.

Terdengar kabar Jeka Saragih Sumbayak akan hadir dalam Pesta Marsombuh Sihol Sumbayak Se-Jabodetabek Minggu 26 November 2023 Di-Gedung Sejahtera Pondok Gede. Selamat kepada Jeka Saragih atas kemenangan perdana vs Lucas Alexander. Salam Olahraga. (Penulis Kolumnis BS) 






Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments