Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kementerian Ketenagakerjaan RI Sosialisasi TKDV dan SDC ke TKDV di Kabupaten Simalungun


Pamatangraya, BS-Kementerian Ketenagakerjaan RI bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Simalungun menggelar sosialisasi Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) dan Transformasi Skill Development Center (SDC) ke TKDV dalam rangka tindak lanjut diterbitkannya Peraturan Presiden (PP) Nomor 68 Tahun 2022.

Gelar sosialisasi ini secara resmi di buka oleh Bupati Simalungun diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Esron Sinaga, berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Senin, (18/12/2023).

Peraturan ini dibuat dalam rangka penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan vokasi yang efektif dan efisien, didukung oleh seluruh stakeholders ketenagakerjaan, sehingga menghasilkan lulusan yang berkompeten dan dibutuhkan pasar kerja atau mampu berwirausaha.

Disampaikan Sekda, Pemkab Simalungun juga telah menyusun rancangan Surat Keputusan Bupati Simalungun tentang Pembentukan Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi Kabupaten Simalungun yang komposisinya diisi oleh Pemerintah Daerah, dunia usaha, Kamar Dagang dan Industri, akademisi, asosiasi profesi serta tenaga profesional. 

"Pembentukan tim koordinasi daerah ini adalah komitmen Pemkab Simalungun dalam mengimplementasikan PP Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi Dan Pelatihan Vokasi,"kata Sekda.

Gelar sosialisasi menghadirkan narasumber secara virtual yaitu Deputi  Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Prof. Warsito, Ph.D, Tenaga Ahli Kedeputian III Kantor Staf Presiden, Bodro Pambuditomo, Perencana Ahli Madya Direktorat Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas, Dharendra Wardhana.

Selanjutnya, Koordinator Bidang Promosi dan Kerjasama Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Direktorat Pembinaan Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Beny Herdiansyah, dan Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Pengembangan Kualitas Manusia, Ristek dan Inovasi Kadis Sumut, Isfan F. Fachruddin.

Dalam pelaksanaan gelar sosialisasi TKDV dan SDC ke TKDV ini, Kementerian Ketenagakerjaan juga melibatkan sejumlah KADIN dari Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

Tampak hadir dalam sosialisasi Sekda Kabupaten Aceh Tamiang, sejumlah pimpinan perangkat daerah dari Pemprovsu, Kabupaten Aceh Tamiang, Asahan, Karo, Pakpak Barat, Simalungun, Samosir, Kota Medan, Padang Sidempuan, dan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Simalungun menyematkan aksesoris daerah Simalungun berupa stola dan pemberian bingkisan (produk kreasi binaan TP PKK) sebagai cendramata kepada perwakilan daerah dan Kadin yang hadir dalam sosialisasi ini. (BS/*)  



Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments