Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Perayaan Natal BKAG Kecamatan Girsang Simpangan Bolon

Bupati Simalungun: "Mari Bentengi Anak-anak Dengan Iman"
Praeses (Pimpinan) Huria Batak Kristen Protestan (HKBP) Distrik XIX Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Pdt Mangatur Manurung, MTh.

Parapat, BS-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri perayaan Natal Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kecamatan Girsang Simpangan Bolon, di Open Stage Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumut, Jum'at (1/12/2023).

Perayaan Natal atau kelahiran Yesus Kristus sudah bergema di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memasuki hari pertama Desember 2023. Gema Natal tersebut digaungkan Gereja-gereja di Kabupaten Simalungun melalui Perayaan Natal Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKAG) Kabupaten Simalungun di Open Stage (Ruang Terbuka) Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jumat (1/12/2023) sore hingga malam.

Perayaan Natal BAKG Simalungun yang dihadiri Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga dan para pimpinan Gereja se-Kabupaten Simalungun menghadirkan pengkhotbah kondang, Praeses (Pimpinan) Huria Batak Kristen Protestan (HKBP) Distrik XIX Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Pdt Mangatur Manurung, MTh.

Perayaan Natal BAKG Kabupaten Simalungun tersebut dimeriahkan tari-tarian Simalungun dan Batak Toba, paduan suara dari berbagai kelompok paduan suara gereja, vocal grup dan fragmen Natal. Ribuan umat Kristen di Simalungun, khususnya dari Kecamatan Girsang Sipanganbolon dan Kabupaten Toba menyambut meriah perayaan Natal tersebut.

Kehadiran Bupati Simalungun yang didampingi sejumlah pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemkab Simalungun di perayaan Natal itu, disambut dengan suka cita oleh para jemaat yang hadir.

"Kami tidak menyangka kalau tepat di awal tanggal 1 Desember 2023 ini penuh berkah. Natal pertama kami, Bupati Simalungun hadir,"ucap salah seorang jemaat.

Bupati Simalungun, dalam mengawali sambutannya mengucapkan selamat Natal buat BKAG Kecamatan Girsang Simpangan Bolon dan juga kepada para jemaat serta masyarakat yang hadir di acara perayaan Natal tersebut.

"Kita berharap pesta natal ini jangan hanya seremonial saja, akan tetapi Natal ini diharapkan mampu menjadi warna bagi umat kristiani untuk menyebarkan kebaikan dan sukacita bagi sesama,"ucap Bupati.

Disampaikan Bupati, momen perayaan Natal ini diharapkan sebagai wadah bagi anak-anak Tuhan yang ada di Kecamatan Girsang Simpangan Bolon, yang mampu memberikan yang terbaik dan saling mengasihi sesama.

Untuk itu, Bupati mengajak seluruh jemaat agar perayaan Natal ini dijadikan sebagai saluran berkat dalam kehidupan masing-masing.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan, di jaman digitalisasi ini banyak aspek negatif yang dapat mempengaruhi anak-anak kita selaku generasi penerus bangsa dan negara.

Pemerintah Kabupaten Simalungun telah melakukan sosialisasi untuk anak-anak melalui tim rohaniawan untuk membentengi mereka dari hal-hak negatif.

"Kita juga telah melakukan investigasi. Dan dari hasil investigasi kita dan tim kerohanian di Kabupaten Simalungun itu mendapati sekitar 26% anak-anak terkena kekerasan dan lebih parahnya lagi kekerasan seksual,"tandas Bupati.

Oleh karena itu, Bupati meminta agar momen Natal ini menjadi skala prioritas untuk membentengi anak-anak kita dari yang namanya pengaruh-pengaruh negatif, baik itu narkoba maupun kekerasan seksual.

"Ini menjadi tugas kita bersama untuk menjaga anak-anak kita, generasi penerus kita agar jauh dari namanya tindakan negatif. Mari kita Bentengi anak-anak dengan iman,"ajak Bupati.

"Dan di momen Natal ini, kiranya kita memperoleh berkah dan damai sejahtera buat kita semua, khususnya di Kecamatan Girsang Simpangan Bolon ini,"ujar Bupati.

Pdt Mangatur Manurung, MTh pada khotbahnya pada perayaan Natal tersebut mengatakan, gereja-gereja dan umat Kristen di Simalungun hendaknya memaknai perayaan dengan melakukan berbagai aksi kasih kepada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu perayaan Natal juga dapat dijadikan momentum mewujudkan damai dan persatuan gereja (umat Kristen) dari berbagai denominasi gereja.

“Yesus lahir membawa damai dan keselamatan seluruh umat manusia. Karena itu perayaan Natal hendaknya membawa damai, kasih dan persatuan bagi seluruh umat manusia,”katanya.

Sementara itu, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga ketika memberikan sambitan pada perayaan Natal tersebut mengatakan, umat Kristen di Simalungun hendaknya menjadikan perayaan Natal sebagai mewujudkan damai, kasih dan persatuan sebagai jemaat yang oikumenis.

“Jadikanlah Natal menjadi momen buat untuk selalu menyalurkan kebaikan. Saya juga mengajak seluruh umat Kristen di Simalungun merayakan penuh sukacita, ketenangan, kebahagiaan, kedamaian, kesuksesan dan kesejahteraan dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita juga harus tetap menjaga kerukunan dan meningkatkan kepedulian dengan narasi-narasi perdamaian,”ujarnya. (BS-Red)  











Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments