Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Rumah Bolon Purba Akan Diperbaiki dengan Anggaran Rp 4 Miliar

Rumah Bolon Purba. (Foto: Asenk Lee Saragih)


Purba, BS-Rumah Bolon Purba telah ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya di Kabupaten Simalungun oleh Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan akan segera dilakukan rehabilitasi/ perbaikan, pada Tahun 2024 dari APBD Provinsi, dengan anggaran Rp 4 miliar.

Menurut Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Mangapul Purba SE dalam siaran persnya yang diterima, kehadirannya pada kunjungan kerja, ingin melihat langsung kondisi Rumah Bolon yang berada di Nagori Purba Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Ia yang juga Ketua Umum Harungguan Purba Simalungun Indonesia ( HPSI) menyampaikan berita gembira kepada keluarga Harajaon Purba dan juga masyarakat Simalungun, yaitu akan dilaksanakannya rehabilitasi / pembangunan rumah bolon yang beberapa tahun ini mengalami kerobohan.

Berdasarkan koordinasi dengan pihak Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Utara , telah dilakukan studi kelayakan, class engineering awalnya ditampung hanya Rp 2 miliar. Namun dengan anggaran tersebut menurut Pemeritah Provinsi Sumatera Utara, hanya bisa setengah dilaksanakan pembangunannya. 

Sehingga melalui upaya dan dukungan Mangapul Purba SE yang merupakan salah satu pimpinan Fraksi PDI Perjuangan, dianggarkanlah sekitar Rp 4 miliar dan diharapkan dapat merehabilitasi Rumah Bolon dengan rampung.

Selain itu, dijelaskannya, situs makam Harajaon Sinaga yang berada di Tanah Jawa juga dilakukan pembangunan, rehabilitasi. Sehingga di tahun 2024 akan ada 2 Harajaon di Simalungun yang akan dilakukan pembangunan/rehab oleh Pemprov Sumut yaitu Cagar Budaya Rumah Bolon Harajaon Purba dan Cagar Budaya Harajaon Sinaga.

Sementara itu, J Purba dari pihak keluarga Harajaon Purba beserta tondongnya sangat mengapresiasi kehadiran, usaha dan dukungan Mangapul Purba SE ,yang telah berupaya memperbaiki Rumah Bolon tersebut, melalui dana APBD Provinsi Sumut tahun 2024. 

Seluruh rombongan dan keluarga yang hadir dalam acara tersebut, ziarah ke makam Raja Purba Pakpak. Turut hadir para pengurus seperti Rohdian Purba MSi, Greg Purba SE, St Pardo Purba, Agus Purba SH, Japaten Purba BME ( Penasehat) , Edy Rusman Purba SSos, Broery Purba dan pengurus DPC HPSI Simalungun lainnya. (BS-Rel) 















Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments