Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pilkada Simalungun 2024, Yan Santoso Purba Pakpak Maju Lewat PDIP Jadi Bacalon Bupati

Yan Santoso Purba (kedua dari kiri) saat menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon (bacalon) Bupati Simalungun ke DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Simalungun di kantor Sekretariat DPC PDIP di Pematangraya, Kabupaten Simalungun, Senin petang (15/4/2024). Dia menjadi pendaftar pertama di PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu. (IST)

Pematangraya, BS-
Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 kini sudah dimulai. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah membuka penjaringan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun untuk menjadi peserta Pilkada Kabupaten Simalungun tahun 2024.

Ketua DPC PDIP Simalungun, S Samrin Girsang mengatakan, PDIP telah membuka pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun sejak 5 April 2024 dan akan ditutup pada minggu kedua Mei 2024. Kita sudah menjalin komunikasi dengan beberapa kandidat bakal calon yang akan mendaftar ke PDIP, ” kata Samrin "Girsang.

Menurut Samrin Girsang, ada dua orang kandidat yang mendaftar ke PDIP yaitu, Yan Santoso Purba dan Wesly Silalahi. Keduanya adalah kader PDIP. Yan Santoso mendaftar pada Senin 15 April 2024. “Penjaringan terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya pendaftaran,” ungkapnya.

Selain mengedepankan kader PDIP, juga membuka peluang bagi masyarakat umum untuk mendaftar menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun"Pilkada 27 November 2024. 

Samrin Girsang optimis PDIP akan memenangkan Pilkada Simalungun 27 November 2024 mendatang. Bakal calon yang dipersiapkan memiliki kredibilitas tinggi dan mumpuni. 

Yan Santoso Purba

Sementara Yan Santoso Purba telah menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon (bacalon) Bupati Simalungun ke DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Simalungun di kantor Sekretariat DPC PDIP di Pematangraya, Kabupaten Simalungun, Senin petang (15/4/2024). Dia menjadi pendaftar pertama di PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu.

Saat menyerahkan berkas formulir pendaftaran kepada Ketua DPC PDIP Simalungun, S Samrin Girsang dan sejumlah pengurus partai, Yan Santoso Purba didampingi istri, Artha Berliana Samosir (anggota DPRD Provinsi Sumut).

"Ini (Yan Santoso) menjadi pendaftar pertama di DPC PDIP Simalungun. Pendaftaran akan ditutup pada minggu kedua Mei 2024. Nanti, akan dilakukan fit and proper test," ujar Ketua DPC PDIP Simalungun, S Samrin Girsang.

S Samrin Girsang yang kembali terpilih pada Pileg 14 Februari 2024 lalu, dirinya optimis PDIP akan memenangkan Pilkada Simalungun tahun 2024. Bakal calon yang dipersiapkan memiliki kredibilitas tinggi dan mumpuni.

Sementara itu, Yan Santoso mengaku kader PDIP. Tekadnya maju sebagai bacalon bupati hanya ingin membenahi Kabupaten Simalungun, seperti perbaikan infrastruktur dan lain sebagainya termasuk pembenahan Rumah Bolon Pamatangpurba.

Bersama PDIP diyakini akan bisa memenangkan pertarungan Pilkada Simalungun. Pemerataan pembangunan menjadi prioritas utamanya jika kelak terpilih menjadi Bupati Simalungun Periode 2025-20230.

Usai mengantarkan berkas pendaftaran, Yan Santoso menyempatkan untuk berdiskusi tentang keadaan Kabupaten Simalungun saat ini.

Yan Santoso saat dimintai pendapatnya alasan berkeinginan maju pada kontestasi Pilkada Kabupaten Simalungun, Ia mengatakan keterpanggilan dirinya untuk memperbaiki Kabupaten Simalungun. ""Banyak yang harus diperbaiki, saya terpanggil untuk itu,” ujarnya. Yan Santoso Purba juga mendaftar ke DPC Partai Domokrat Kabupaten Simalungun, Selasa (16/4/2024).  

Riwayat Singkat Yan Santoso Purba SH MM

Yan Santoso Purba memiliki istri bernama Artha Berliana Samosir yang saat ini juga salah satu anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari PDI Perjuangan.

Yan Santoso meniti karir sebagai PNS di Kementerian Keuangan dan Perpajakan RI. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Seksi Penerimaan dan Keberatan KPP Medan Kota, Kepala Seksi PPh OP KPP Jakarta Kebayoran Satu.

Selain pernah menduduki jabatan strategis, Yan Santoso Purba juga mendulang banyak prestasi seperti menerima Piagam Satyalancana Karya Satya XXX Tahun 2016 oleh Presiden Republik Indonesia, Piagam Satyalancana Karya Satya XX Tahun 2006 oleh Presiden Republik Indonesia, Piagam Penghargaan Kinerja Penyuluhan Tertinggi Tahun 2019 Direktorat Jenderal Pajak, Piagam Penghargaan Penerimaan Pajak KPP Pratama Binjai Tahun 2019 di atas seratus persen (100%) oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Yan Santoso Purba juga pernah jadi pelayan di gereja sebagai penatua (Sintua-St) di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS). Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Purba Pakpak Boru Pakon Panogolan (P3BP) seluruh Indonesia. Yan Santoso Purba juga tercatat Penasihat Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Sumatera Utara. (BS/Berbagaisumber/AsenkLee)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments