Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Cara Buat Pestisida Dari Daun Pepaya


BS
-Anda dapat membuat pestisida organik menggunakan daun pepaya untuk membantu mengendalikan hama pada tanaman. Berikut adalah resep untuk membuat pestisida dengan skala 1 liter:

Bahan-bahan
1. Daun pepaya segar (sekitar 50-100 gram)
2. Air: 1 liter

Langkah-langkah
1. Cuci bersih daun pepaya untuk menghilangkan kotoran dan residu lainnya.

2. Potong-potong daun pepaya menjadi potongan kecil.

3. Masukkan potongan daun pepaya ke dalam wadah atau ember berukuran besar.

4. Tuangkan air ke dalam wadah atau ember yang berisi daun pepaya.

5. Tutup wadah atau ember, dan biarkan campuran tersebut difermentasi selama 24-48 jam pada suhu ruangan. Fermentasi membantu melepaskan senyawa-senyawa aktif dalam daun pepaya yang memiliki sifat insektisida.

6. Setelah proses fermentasi selesai, saring larutan menggunakan kain atau saringan untuk memisahkan cairan dari serat daun pepaya yang sudah terfermentasi.

7. Tuangkan larutan yang sudah disaring ke dalam botol semprot atau wadah penyemprot.

8. Pestisida organik dari daun pepaya siap digunakan. Semprotkan larutan ini pada tanaman yang terkena serangan hama, terutama pada bagian yang terinfeksi.

Pastikan untuk menghindari semprotan pada waktu yang terlalu panas atau terik, dan lakukan aplikasi pestisida organik ini dengan bijak sesuai kebutuhan. Selalu uji terlebih dahulu pada sebagian kecil tanaman untuk memastikan tidak ada reaksi negatif sebelum aplikasi secara menyeluruh.

Dosis pestisida organik dari daun pepaya yang disarankan dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan serangan hama dan jenis tanaman yang Anda perlakukan. Namun, sebagai panduan umum, berikut adalah dosis yang dapat dijadikan acuan untuk skala 1 liter larutan:

- Untuk penggunaan sebagai pestisida foliar: Semprotkan larutan secara merata ke seluruh bagian tanaman yang terkena serangan hama, termasuk bagian atas dan bawah daun, batang, dan bagian lain yang terinfeksi. Gunakan semprotan hingga basah tetapi tidak menggenang.

- Untuk penggunaan sebagai pestisida sistemik (merendam akar): Tuangkan larutan ke sekitar akar tanaman. Dosiskan dengan bijak, hindari penggunaan berlebihan yang dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman.

Untuk dosis yang lebih spesifik, Anda dapat mengikuti petunjuk atau rekomendasi yang diberikan oleh ahli pertanian organik lokal atau perusahaan yang memproduksi produk pertanian organik. Selalu lakukan uji coba terlebih dahulu pada sebagian kecil tanaman sebelum aplikasi luas untuk memastikan tidak ada reaksi negatif atau kerusakan yang terjadi.(Ruang Organik  (Ryn Farm)

Berita Lainnya

Post a Comment

0 Comments